Ditulis Oleh by Stephanie pada Mei 29, 2023

Manfaat Argan Oil (Minyak Argan) untuk Kesehatan dan Kecantikan Kamu

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Argan oil atau minyak argan memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit dan tubuh kamu, sehingga argan oil ini menjadi pilihan banyak orang sebagai produk pendukung untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mereka. Simak informasi lengkapnya di sini.

Key Takeaways

  • Argan oil terbuat dari ekstrak buah argan yang hanya ada di Maroko.
  • Minyak argan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut, wajah, dan tubuh.

Seiring dengan naiknya kesadaran masyarakat Indonesia terkait pentingnya menjaga kecantikan sekaligus kesehatan kulit, penggunaan produk perawatan kulit dan produk kesehatan yang terbuat dari bahan-bahan alami ikut naik juga.

Jika kita mengingat beberapa tahun lalu, mungkin banyak sekali produk perawatan kulit yang terasa "ajaib" untuk kecantikan namun harus mengorbankan kesehatan kulit. Untungnya, fenomena ini lambat laun mulai menghilang di Indonesia.

Apakah kamu salah satu orang yang tidak hanya mementingkan kecantikan tapi juga mengutamakan kesehatan kulit?

Jika iya, maka penggunaan minyak esensial terutama penggunaan argan oil bisa jadi pilihan yang bijak untuk kamu.

Jika kamu baru sekarang ini mendengar tentang argan oil, tenang saja. Melalui artikel ini kamu bisa belajar tentang apa itu argan oil.

Tidak hanya soal apa itu argan oil, dalam artikel ini kami akan memberikan berbagai manfaat argan oil, hingga rekomendasi produk perawatan kulit yang mengandung argan oil.

Tertarik mempelajari argan oil? Simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Argan Oil atau Minyak Argan?

Argan oil adalah minyak nabati yang diekstrak dari biji buah argan (Argania spinosa) yang tumbuh di Maroko. Minyak ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit dan rambut, sehingga sering digunakan dalam produk perawatan kecantikan.

Sebagai informasi tambahan Maroko adalah satu-satunya tempat di mana buah argan bisa ditemukan.

Young Living bekerja sama dengan petani lokal di Maroko untuk memperoleh biji argan yang berkualitas tinggi dan kemudian menjalankan proses ekstraksi minyak argan menggunakan teknologi yang modern dan ramah lingkungan.

Setelah diekstraksi, minyak argan kemudian diuji secara ketat untuk memastikan kualitasnya sebelum digunakan dalam produk-produk perawatan kecantikan dan kesehatan Young Living.

Dengan demikian, Young Living memastikan bahwa minyak argan yang mereka gunakan dalam produk-produk mereka berkualitas tinggi dan berkelanjutan.

Manfaat Argan Oil atau Minyak Argan oil

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, manfaat minyak argan sangat banyak. Terutama manfaat argan oil sebagai pendukung dalam perawatan kulit wajah dan perawatan rambut serta kulit kepala.

Argan oil atau minyak argan telah dikenal sebagai salah satu bahan alami yang banyak digunakan dalam produk perawatan kecantikan dan kesehatan. Minyak argan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit, termasuk membantu menjaga kelembaban dan elastisitas kulit, mengurangi kerutan dan tanda penuaan, serta meredakan peradangan dan iritasi pada kulit.

Selain itu, minyak argan juga diketahui dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kuku, membuatnya menjadi bahan populer yang banyak digunakan dalam produk perawatan rambut dan kuku.

Agar kamu bisa mendapatkan informasi yang lebih dalam terkait ini, pada sub bab berikutnya kami akan memberikan manfaat argan oil secara lengkap.

Manfaat Minyak Argan (Argan Oil) untuk Kesehatan Rambut

Pada pembahasan manfaat argan oil yang pertama, kita akan membahas tentang manfaat argan oil untuk kesehatan rambut.

Kesehatan rambut ini tidak terbatas pada rambut saja, tapi argan oil juga berguna untuk membantu menjaga kesehatan kulit kepala juga.

Berikut ini adalah manfaat argan oil untuk kesehatan kulit dan rambut kepala.

Melembutkan Rambut dan Mengembalikan Tekstur Halus Rambut

Manfaat argan oil yang pertama untuk rambut adalah minyak argan mampu melembutkan rambut dan membantu mengembalikan tekstur halus rambut yang rusak.

Minyak argan mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat membantu melembutkan rambut dan mengembalikan tekstur halus rambut.

Kandungan vitamin E dalam minyak argan membantu menjaga kelembaban rambut dan mencegah kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi lingkungan.

Selain itu, kandungan asam lemak esensial dalam minyak argan seperti asam oleat dan linoleat membantu menjaga kesehatan kulit kepala, sehingga membantu rambut tumbuh dengan sehat dan kuat.

Minyak argan juga mengandung senyawa phytosterol, yang membantu mengurangi kerusakan rambut akibat proses kimia atau pemanasan yang berlebihan.

Senyawa ini juga membantu mengurangi ketombe dan iritasi kulit kepala, sehingga menjaga kesehatan kulit kepala dan membantu mencegah rambut kusut dan bercabang.

Kandungan antioksidan dalam minyak argan, seperti polifenol dan karotenoid, juga membantu memperbaiki kerusakan pada rambut dan menjaga warna rambut tetap cerah dan berkilau.

Dengan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung minyak argan secara teratur, rambut dapat menjadi lebih lembut, sehat, dan berkilau.

Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Argan Oil

Jika kamu ingin merasakan manfaat argan oil, kamu tidak lagi perlu repot-repot untuk membuat argan oil dari buah argan.

Saat ini telah tersedia produk Mirah Lustrous Hair Oil dari Young Living.

Produk Mirah Lustrous Hair Oil adalah produk yang serbaguna dan dapat digunakan sebagai bantuan styling atau perawatan rambut. Produk ini dirancang untuk semua jenis rambut, membantu menyelesaikan masalah rambut kusut, bercabang, dan menjadikan rambut halus, berkilau, dan lembut.

Mirah Lustrous Hair Oil dibuat dengan menggunakan minyak yang mengandung asam lemak dan vitamin E, seperti minyak argan, marula, dan Abyssinian, serta diinfuskan dengan Geranium, Lavender, dan Ylang Ylang, yang merupakan minyak esensial premium yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

Produk ini akan membuat rambut kamu terlihat berkilau dan halus dengan aroma bunga ringan yang menyegarkan.

Cara Penggunaan

Penggunaan Produk Mirah Lustrous Hair Oil sangat mudah, kamu cukup oleskan sedikit Mirah Lustrous Hair Oil pada rambut yang lembab, mulai dari tengah hingga ujung, sebelum melakukan peniupan rambut atau biarkan rambut kering secara alami. Atau, ratakan pada rambut kering untuk menghilangkan rambut kusut dan memberikan hasil yang berkilau.

Argan Oil untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut

Argan oil terkenal dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin E, omega 3 dan 9, asam lemak, serta antioksidan dalam minyak argan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Selain itu, minyak argan juga dapat membantu mengurangi kerusakan pada folikel rambut yang dapat menghambat pertumbuhan rambut baru. Dengan mengaplikasikan minyak argan pada rambut secara teratur, dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Selain itu argan oil juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala. Kandungan vitamin E, asam lemak, dan antioksidan dalam minyak argan dapat membantu menjaga kelembaban dan elastisitas kulit kepala, serta melindungi kulit kepala dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV.

Selain itu, minyak argan juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala dan meredakan gejala ketombe serta gatal-gatal.

Dengan mengaplikasikan minyak argan pada kulit kepala secara teratur, dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut kepala dan mencegah masalah kulit kepala yang sering terjadi.

Manfaat Argan Oil untuk Kesehatan Kulit Wajah

Selain menjaga kesehatan rambut, berbagai kandungan dalam argan oil juga dimanfaatkan untuk membantu mengatasi masalah-masalah pada pada kulit wajah.

Berikut ini adalah manfaat argan oil yang berasal dari buah argan yang bisa kulit wajah kita nikmati.

Melembabkan Kulit

argan oil untuk kesehatan kulit,

Argan oil memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit karena kandungan asam lemak, terutama asam oleat dan linoleat, yang berfungsi untuk membantu menjaga kelembaban kulit.

Selain itu, argan oil juga mengandung vitamin E, yang merupakan antioksidan yang membantu menjaga integritas sel kulit.

Kulit yang kering atau dehidrasi dapat mencegah kulit terlihat kusam, kering, dan mudah terkelupas yang merupakan kerusakan akibat efek sinar matahari.

Penggunaan argan oil pada kulit wajah dapat membantu menjaga kelembaban alami kulit dan mencegah kulit menjadi kering atau dehidrasi.

Argan oil dapat diaplikasikan langsung pada kulit wajah atau dicampurkan dengan produk perawatan kulit lainnya seperti serum, pelembab, atau masker wajah.

Mencegah Penuaan Dini

Argan oil memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terutama vitamin E, asam ferulat, dan polifenol. Antioksidan berfungsi melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan kulit.

Paparan terus-menerus dari radikal bebas (sinar matahari) dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin pada kulit, yang dapat menyebabkan tampilan penuaan dini seperti keriput dan garis halus.

Dengan mengandung antioksidan yang tinggi, penggunaan argan oil pada kulit dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mempercepat proses regenerasi sel kulit.

Selain itu, argan oil juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yang merupakan protein penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Penggunaan argan oil secara teratur pada kulit wajah dapat membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis halus, dan bintik-bintik penuaan. Argan oil juga dapat membantu mencerahkan kulit dan membuatnya terlihat lebih bercahaya.

Namun, perlu diingat bahwa hasil yang didapat dari penggunaan argan oil pada kulit wajah dapat berbeda-beda pada setiap individu.

Selalu lakukan tes patch terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan argan oil pada kulit wajah secara keseluruhan. Jika kamu memiliki kulit sensitif atau alergi terhadap kandungan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kecantikan sebelum menggunakannya.

Mengurangi Peradangan

Argan oil memiliki kandungan asam lemak esensial seperti asam linoleat dan asam oleat yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Peradangan pada kulit dapat terjadi karena berbagai faktor seperti paparan sinar matahari, polusi, atau reaksi alergi. Peradangan yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan kulit kering, gatal, dan kemerahan.

Argan oil memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Kandungan asam lemak esensial dalam argan oil bekerja dengan mengurangi produksi molekul yang disebut prostaglandin, yang terlibat dalam proses inflamasi pada kulit.

Dengan mengurangi jumlah prostaglandin pada kulit, argan oil membantu mengurangi peradangan dan mencegah terjadinya kerusakan pada kulit akibat inflamasi.

Selain itu, argan oil juga mengandung vitamin E yang memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan inflamasi pada kulit. Vitamin E juga membantu mempercepat proses penyembuhan kulit dan mengurangi iritasi.

Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin E dalam argan oil juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah, mengurangi flek hitam dan bekas jerawat.

Rekomendasi Produk untuk Perawatan Kulit

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat argan oil untuk perawatan kulit wajah, produk ini bisa kamu gunakan untuk kehidupan sehari-harimu

Mirah Luminous Cleansing Oil

Mirah Luminous Cleansing Oil adalah produk pembersih wajah dari Young Living yang dirancang untuk membersihkan kulit wajah dengan lembut dan efektif.

Produk ini diformulasikan dengan campuran minyak alami seperti minyak argan, minyak bunga matahari, minyak biji wortel, dan minyak jojoba yang membantu membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan sisa make-up.

Salah satu keunggulan dari Mirah Luminous Cleansing Oil adalah dapat membersihkan kulit secara mendalam tanpa membuat kulit kering dan merusak lapisan lipid alami kulit.

Hal ini karena minyak yang digunakan dalam produk ini bekerja dengan prinsip "seperti menarik menarik" (like attracts like), di mana minyak dalam produk akan menarik minyak yang ada pada kulit wajah dan menjadikan kulit terlihat lebih cerah dan bersih.

Selain itu, Mirah Luminous Cleansing Oil juga mengandung vitamin C dan E, yang dapat membantu merawat kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. Produk ini juga mengandung essential oil seperti Lavender, Ylang Ylang, dan Geranium, yang dapat memberikan efek menenangkan dan meningkatkan aroma pada produk.

Untuk menggunakan produk ini, cukup aplikasikan beberapa tetes pada kulit wajah yang kering dan pijat lembut selama beberapa saat. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

Mirah Luminous Cleansing Oil cocok untuk semua jenis kulit dan dapat digunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah harian untuk membantu menjaga kulit tetap bersih, sehat, dan cerah.

Manfaat Argan Oil untuk Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Argan oil mengandung asam lemak tak jenuh ganda, seperti asam oleat dan linoleat, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Meningkatkan Fungsi Sistem Pencernaan

Kandungan sterol dalam argan oil dapat membantu melindungi lambung dan mencegah peradangan pada usus. Argan oil juga dapat meningkatkan produksi cairan pencernaan dan meningkatkan gerakan usus untuk mengurangi sembelit.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Argan oil mengandung antioksidan seperti vitamin E dan polyphenols yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Namun, perlu diingat manfaat argan oil bersifat hanya sebagai pendukung bukan sebagai pengganti obat.

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down