Ditulis Oleh by Stephanie pada Mei 30, 2023

Manfaat Tea Tree Oil yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Tea Tree oil telah banyak dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Namun, mungkin beberapa dari kamu masih belum memahami dengan jelas manfaat tea tree oil. Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan lengkap kepada kamu.

Key Takeaways

  • Tea tree telah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan sejak zaman dahulu.
  • Tea tree oil memiliki berbagai manfaat mulai dari kesehatan hingga kecantikan yang bisa kamu nikmati.

Sudah pernah menggunakan produk tea tree?

Beberapa dari kamu mungkin sudah sering melihat banyak produk berbahan tea tree di supermarket, mall, ataupun aplikasi belanja online.

Pemanfaatan tea tree memang sudah cukup umum digunakan. Bahkan beberapa merk mengkhususkan diri untuk menghasilkan produk-produk dari bahan tea tree.

Namun, tahukah kamu, bahwa tea tree juga bisa kamu rasakan manfaatnya melalui tea tree oil?

Belum pernah mendengar tentang minyak esensial dari tea tree?

Untuk menjawab rasa penasaran kamu, melalui artikel ini kami akan memberikan informasi lengkap tentang produk berbahan tea tree, khususnya tea tree essential oil.

Sejarah Penggunaan Tea Tree

Pohon tea tree, atau Melaleuca alternifolia, adalah tumbuhan asli Australia yang telah lama dimanfaatkan oleh penduduk asli Australia untuk berbagai keperluan, seperti pengobatan luka, infeksi, dan gangguan pernapasan.

Daun dan kulit kayu dari pohon ini diketahui mengandung senyawa antiseptik dan anti-inflamasi yang kuat.

Penggunaan tea tree oleh masyarakat Australia Barat dilaporkan pertama kali pada akhir abad ke-18, ketika seorang navigator Inggris bernama James Cook memperhatikan bahwa penduduk asli Australia menggunakan daun dari pohon tea tree untuk membuat teh.

Beberapa dekade kemudian, seorang penjelajah Perancis bernama Louis Antoine de Bougainville juga melaporkan penggunaan tea tree oleh penduduk asli Australia sebagai obat untuk berbagai penyakit.

Pemanfaatan Tea Tree Oil

Pemanfaatan daun pohon tea tree sebagai bahan untuk minyak tea tree essential oil dimulai pada awal abad ke-20 di Australia.

Penggunaan minyak esensial tea tree oil pada masa itu terbatas pada pengobatan infeksi kulit dan luka-luka, serta digunakan sebagai antiseptik di rumah sakit dan fasilitas medis.

Pada masa Perang Dunia II, minyak esensial tea tree oil menjadi lebih populer dan mulai digunakan secara luas oleh militer Australia sebagai antiseptik untuk mengobati luka-luka dan infeksi pada tentara.

Setelah perang berakhir, penggunaan minyak tea tree atau tea tree essential oil menyebar ke masyarakat umum dan semakin populer sebagai obat alami untuk berbagai masalah kesehatan.

Seiring berjalannya waktu, minyak esensial tea tree oil menjadi semakin populer dan banyak digunakan di seluruh dunia.

Kini, minyak esensial tea tree digunakan sebagai bahan dalam berbagai produk perawatan kesehatan dan kecantikan, seperti sabun, sampo, pasta gigi, dan lotion.

Selain itu, tea tree oil juga digunakan dalam pengobatan alternatif untuk berbagai kondisi, termasuk infeksi kulit, jerawat, kuku jamur, dan gangguan pernapasan.

Tea Tree Essential Oil by Young Living

Dengan sejarah panjang pemanfaatan tea tree oil, Young Living sebagai salah satu brand yang memproduksi berbagai varian essential oil untuk masyarakat Indonesia juga menyediakan tea tree oil tentunya dengan kualitas terbaik melalui komitmen "Seed to Seal".

Young Living menanam pohon tea tree berkualitas tinggi di lahan miliknya di Australia, yang dirawat secara alami dan tanpa menggunakan pestisida atau bahan kimia berbahaya.

Daun dan cabang pohon tea tree dipanen secara manual oleh petani terlatih dan diangkut ke pabrik Young Living untuk diolah menjadi tea tree oil dengan teknologi modern dan pengawasan ahli guna menjaga kualitas dan kemurniannya.

Setelah diproses, tea tree oil dari Young Living melalui serangkaian pengujian kualitas untuk memastikan produk yang dihasilkan bebas dari kontaminasi dan memiliki konsentrasi senyawa aktif yang tinggi.

Setelah itu, disimpan di gudang penyimpanan yang bersih dan aman sebelum didistribusikan ke konsumen untuk memastikan produk yang kamu terima sama kualitasnya dengan produk yang diproduksi di pabrik.

Manfaat Tea Tree Oil

Dari informasi-informasi sebelumnya kamu mungkin sudah sedikit mengerti berbagai manfaat dari tea tree ataupun tea tree oil.

Untuk memberikan penjelasan yang lebih lengkap untuk kamu, berikut ini adalah berbagai manfaat tea tree oil yang bisa kamu rasakan.

Membantu Mengobati Jerawat (Acne)

Tea Tree Oil dikenal karena sifat antibakterinya yang membantu menyamarkan masalah wajah berjerawat. Jerawat biasanya disebabkan oleh bakteri P. acnes, dan Tea Tree Oil dapat membunuh bakteri ini.

Studi telah menunjukkan bahwa penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung tea tree oil dapat membantu mengurangi jumlah jerawat dan memperbaiki penampilan kulit wajah.

Namun, perlu diingat bahwa Tea Tree Oil harus digunakan dengan hati-hati, karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit jika digunakan secara berlebihan.

Produk Young Living untuk membantu menyamarkan jerawat (Acne)

Untuk mendapatkan manfaat tea tree oil sebagai produk pendukung untuk menyamarkan jerawat, kamu bisa menggunakan produk Tea Tree (Melaleuca Alternifolia) Essential Oil dari Young Living.

Jika biasanya kamu menemui produk essential oil 10ml, di Young Living kamu bisa mendapatkan tea tree oil dalam kemasan 15 ml.

Untuk menyamarkan jerawat dengan menggunakan Tea Tree Essential Oil dari Young Living, kamu perlu memastikan kulit wajahmu bersih dan kering terlebih dahulu.

Kemudian, ambil satu atau dua tetes Tea Tree Essential Oil dan campurkan dengan beberapa tetes minyak pembawa seperti minyak kelapa atau jojoba oil.

Setelah dicampur, oleskan campuran tersebut pada area jerawat dengan jari atau kapas, hindari area mata dan bibir.

Biarkan campuran meresap selama beberapa jam atau semalaman. Kamu bisa menggunakan metode ini satu atau dua kali sehari tergantung pada kondisi jerawat kamu.

Pastikan juga untuk melakukan tes patch kecil di kulit sebelum menggunakannya secara luas dan hindari penggunaan yang berlebihan, karena Tea Tree Oil bisa menyebabkan iritasi pada kulit jika digunakan secara berlebihan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan satu atau dua tetes Tea Tree Essential Oil ke dalam sabun pembersih atau toner kulit yang digunakan setiap hari untuk membantu mencegah jerawat.

Membantu Meredakan Rasa Gatal

Tea Tree Oil dapat membantu meredakan rasa gatal pada kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri.

Sifat antijamur dan antiseptik tea tree oil membunuh jamur dan bakteri yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit, dan juga membantu mengurangi peradangan pada kulit yang teriritasi.

Untuk treatment gatal-gatal, oleskan sedikit tea tree oil pada area yang terkena beberapa kali sehari.

Mengurangi Ketombe

Tea tree oil memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang membantu mengobati ketombe dan menjaga kulit kepala tetap sehat.

Tea tree oil dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala dan mengurangi produksi minyak berlebih yang bisa menyebabkan ketombe.

Untuk mengurangi ketombe, tambahkan beberapa tetes tea tree oil langsung ke sampo dan gunakan untuk mencuci rambut.

Mengurangi Efek Bau Badan

Sifat antibakteri dan anti-jamur tea tree oil dapat membantu menghilangkan bau badan. Bakteri pada kulit dapat menyebabkan bau badan, dan tea tree oil dapat membunuh bakteri ini.

Untuk menghilangkan bau badan, campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan air dan gunakan sebagai semprotan wewangian alami (natural).

Membantu Mengobati Luka

Sifat anti-inflamasi dan antimikroba tea tree oil dapat membantu mengobati luka dan luka bakar.

Tea tree oil membantu mempercepat penyembuhan luka dengan membunuh bakteri dan virus yang dapat menghambat proses penyembuhan.

Untuk membantu proses penyembuhan luka atau luka bakar cukup mudah, oleskan sedikit tea tree oil pada area yang terkena beberapa kali sehari. Namun, pastikan luka sudah bersih dan kering sebelum mengoleskan tea tree oil.

Manfaat Rose Ointment dari Young Living

Jika sebelumnya kamu sudah tahu bahwa Young Living menyediakan tea tree essential oil, Young Living juga memiliki produk terbaru yang juga mengandung tea tree leaf oil yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kamu bisa menggunakan produk Rose Ointment dari Young Living sebagai produk skincare face routine-mu.

Rose Ointment mengandung Melaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, yang memiliki beberapa manfaat berikut:

Membantu Melembabkan Kulit

Rose Ointment dapat membantu melembabkan kulit dan mengurangi kekeringan. Kulit yang lembab cenderung lebih sehat dan terlihat lebih bersinar.

Meredakan Kulit Kering dan Pecah-Pecah

Rose Ointment juga bermanfaat untuk meredakan kulit kering dan pecah-pecah. Ini membuatnya cocok digunakan untuk merawat bagian kulit yang rentan seperti bibir, siku, dan tumit.

Menenangkan Kulit yang Teriritasi

Kandungan minyak mawar dalam Rose Ointment juga dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan meredakan peradangan pada kulit.

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Bahan-bahan alami lainnya dalam Rose Ointment, seperti minyak kelapa dan minyak biji anggur, dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

Melindungi Kulit dari Faktor Lingkungan yang Merusak

Rose Ointment dapat membantu melindungi kulit dari faktor lingkungan yang merusak seperti sinar UV dan polusi udara.

Cara Penggunaan Rose Ointment

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan Rose Ointment dari Young Living:

  1. Bibir: Ambil sedikit Rose Ointment dan aplikasikan pada bibir yang kering dan pecah-pecah untuk memberikan kelembapan dan perlindungan.
  2. Kulit yang kering atau iritasi: Ambil sedikit Rose Ointment dan aplikasikan pada bagian kulit yang kering atau iritasi, seperti siku, lutut, atau tumit, untuk membantu menjaga kelembaban dan meredakan iritasi.
  3. Kulit wajah: Ambil sedikit Rose Ointment dan aplikasikan pada wajah untuk memberikan kelembaban dan membantu mencegah tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan keriput.
  4. Perawatan kulit secara keseluruhan: Gunakan Rose Ointment sebagai pelembap pada kulit setelah mandi atau sebelum tidur untuk membantu menjaga kelembapan kulit secara keseluruhan dan memberikan perlindungan dari faktor lingkungan yang merusak.
  5. Meredakan iritasi kulit: Aplikasikan Rose Ointment pada kulit yang iritasi atau gatal akibat alergi atau gigitan serangga untuk membantu meredakan peradangan dan mengurangi rasa gatal.

Cara Mendapatkan Tea Tree Oil dari Young Living

Selain membeli dua produk sebelumnya, kamu bisa mendapatkan Tea Tree Essential Oil dari Young Living dengan cara berikut ini:

Everyday Oils Essential Oil Collection

Jika kamu memiliki rasa eksplorasi yang tinggi untuk penggunaan essential oil. Kamu bisa memilih paket Everyday Oils Essential Oil Collection tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Everyday Oils Essential Oil Collection terdiri dari:

Minyak esensial tunggal:

  • 1 - 5 ml Frankincense
  • 1 - 5 ml Lemon
  • 1 - 5 ml Lavender
  • 1 - 5 ml Melaleuca Alternifolia
  • 1 - 5 ml Peppermint

Minyak esensial blend:

  • 1 - 5 ml Joy™
  • 1 - 5 ml Purification®
  • 1 - 5 ml PanAway®
  • 1 - 5 ml Thieves
  • 1 - 5 ml Stress Away™

Essential Rewards Exclusive Bundle

Selain membeli paket di atas, jika kamu sudah mendaftar sebagai brand partner dari Young Living, kamu akan mendapat kesempatan untuk mendapatkan reward bundle.

Salah satu reward bundle yang tersedia adalah reward bundle "Alami itu Cantik" yang berisi Lavender 15ml, Frankincense 15ml, Black Seed Oil, Geranium 15ml, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) 15ml.

Selain itu kamu akan mendapatkan gratis, Satin Facial Scrub & Thieves® dan Waterless Hand Gel 29ml.

Sangat menarik bukan?

Jika kamu tertarik untuk menikmati semua manfaat dari brand partner Young Living, kamu bisa mendaftarkan diri kamu di sini.

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down