Ditulis Oleh by Stephanie pada Juni 26, 2023

Cajuput Oil Adalah: Kenali Manfaat dari Cajuput Oil atau Minyak Kayu Putih

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Indonesia diberkati dengan kekayaan alamnya. Hal ini yang membuat Indonesia memiliki berbagai tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan kebaikannya. Tidak sedikit dari tanaman tersebut yang sudah dipercaya secara turun temurun oleh leluhur untuk digunakan dan dirasakan manfaat serta kebaikannya.

Key Takeaways

  • Kayu putih merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga Malaleuca dan memiliki nama ilmiah Malaleuca leucadendron. Hasil ekstraksinya dikenal sebagai cajuput oil
  • Cajuput oil dikenal dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan pernapasan, kulit, dan aromaterapi.

Pemanfaatan bahan-bahan alami hingga saat ini masih sering digunakan oleh banyak orang. Berkat manfaatnya yang terkenal secara turun-temurun, tidak sedikit yang mengadaptasi bahan alami tersebut dan diolah dengan cara penggunaan yang berbeda, seperti menjadi produk minyak atsiri atau essential oil. Tidak hanya itu, salah satu tanaman yang diolah menjadi minyak atau essential oil adalah kayu putih atau cajuput oil.

Dengan aroma yang khas, cajuput oil seringkali digunakan pada diffuser, humidifer, hingga digunakan secara topikal atau dioleskan ke tubuh. Artikel ini akan membahas tentang cajuput oil dan kebaikan dari minyak kayu putih. Baca sampai selesai, ya!

Apa itu Cajuput Oil?

Kayu putih merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga Malaleuca dan memiliki nama ilmiah Malaleuca leucadendron. Selain itu, minyak kayu putih juga dikenal dengan sebutan cajuput oil atau minyak cajeput. Meskipun terkait dengan eucalyptus, minyak kayu putih atau minyak cajeput diekstraksi dari cabang dan daun kayu putih.

Kayu putih adalah tanaman yang banyak ditemukan di berbagai lokasi, seperti Tasmania (Australia), Indonesia, Asia Selatan, Papua Nugini, dan Amerika Tropis. Melalui proses distilasi, menghasilkan minyak esensial dari daun kayu putih segar dihasilkan dan terdapat berbagai senyawa, seperti 1.8-cineole, p-cymene, terpinolene, benzaldehyde, dan lainnya. Proses ini memungkinkan pengambilan aroma dan manfaat dari tanaman kayu putih untuk digunakan dalam berbagai aplikasi.

Tanaman cajuput juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti cajeput, kajuput, melaleuca cajuputi, dan minyak kayu putih.

Cajuput oil terkenal karena sifat anti septik dan analgesiknya. Selain itu, cajuput oil juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu dalam pengobatan luka ringan, pilek, dan penyakit kulit yang terjadi peradangan.

Walaupun merupakan produk alami, cajuput oil kaya akan potensi berkat manfaat seperti pengobatan serta perawatan tradisional. Seperti halnya semua essential oil, sebaiknya minyak ini diencerkan dengan minyak pembawa sebelum digunakan pada kulit kamu.

Baca juga: Essential Oil Geranium Young Living

Manfaat Cajuput Oil

cajuput

Dikenal secara turun temurun, cajuput oil ternyata memiliki berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh penggunanya. Lalu, apa saja keistimewaan cajuput oil?

Membantu Melegakan Hidung Tersumbat serta Masalah Pernapasan

Salah satu keunggulan terkenal dari cajuput oil adalah kemampuan meredakan hidung tersumbat. Cajuput oil diekstraksi dari tanaman cajuput yang mengandung senyawa dekongestan. Senyawa ini bekerja untuk melegakan tenggorokan dan membuka saluran hidung yang tersumbat.

Selain itu, cajuput oil juga bermanfaat dalam meredakan gejala berbagai gangguan pernapasan, seperti bronkitis, laringitis, dan masalah saluran pernapasan lainnya. Penggunaan cajuput oil memberikan bantuan yang efektif dalam mengatasi masalah pernapasan yang mengganggu.

Membantu Mencegah Infeksi pada Kulit

Kandungan cineole dalam cajuput oil diketahui memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat dalam membantu mencegah infeksi pada luka kecil atau goresan. Temuan penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa cajuput oil memiliki efek antijamur, antivirus, dan antiinflamasi pada kulit. Beberapa kandungan tersebut dapat membantu mengatasi kondisi, seperti psoriasis atau jerawat.

Selain itu, cajuput oil juga memiliki keistimewaan untuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Namun, sebelum menggunakannya secara rutin, disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah cajuput oil cocok untuk jenis kulit kamu.

Membantu Kebutuhan Aromaterapi

Dikenal dengan aromanya yang menenangkan, kebaikan cajuput oil dapat kamu nikmati melalui penggunaan diffuser. Kamu dapat menghirup aroma cajuput oil untuk membantu meredakan rasa sesak atau kegelisahan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa cajuput oil tidak disarankan bagi individu yang menderita asma. Selain itu, diffuser dengan aromaterapi ultrasonik juga perlu dihindari.

Membantu Meredakan Gigitan Serangga

Serupa dengan eucalyptus oil, cajuput oil juga bisa digunakan sebagai pengobatan untuk mengatasi gigitan nyamuk dan serangga. Aroma khas kayu putih dapat menjauhkan serangga dari tubuh kamu. Sifat antiinflamasi pada cajuput oil juga dapat membantu mencegah rasa gatal akibat gigitan serangga dan munculnya ruam pada kulit.

Membantu Meredakan Nyeri

Cajuput oil juga terkenal karena sifat analgesiknya yang dapat membantu mengurangi rasa sakit. Kamu dapat memanfaatkan cajuput oil sebagai obat topikal untuk meredakan sakit gigi. Kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai minyak pijat untuk mengurut dahi ketika mengalami sakit kepala. Aroma kuat dan menyegarkan dari minyak ini juga dapat membantu Kamu rileks saat istirahat dan memulihkan tubuh.

Membantu Meringankan Kondisi Masalah Sendi dan Otot

Kamu bisa merasakan khasiat cajuput oil dalam membantu mengurangi nyeri pada sendi dan mengurangi peradangan dengan mencampurkannya ke dalam lotion atau salep. Kamu juga dapat menambahkan beberapa tetes cajuput oil ke dalam bak air mandi.

Tak hanya itu, cajuput oil juga terkenal karena kemampuannya meredakan kram otot. Hal ini dikarenakan sifat analgesik yang terdapat dalam minyak kayu putih yang telah melalui proses penyulingan.

Membantu Mencegah Gangguan Pencernaan

Manfaat cajuput oil tidak hanya terbatas pada kesehatan kulit dan pernapasan, tetapi juga berperan dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Cajuput oil dapat membantu meningkatkan produksi enzim pencernaan yang membantu dalam pemecahan makanan dan penyerapan nutrisi. Kandungan yang menenangkan dalam minyak kayu putih ini dapat membantu mencegah gangguan pencernaan, seperti kolik, disentri, enteritis, dan sejenisnya.

Itu tadi informasi tentang cajuput oil dan manfaat yang bisa dirasakan. Nah, jika kamu merasa terbantu dengan informasi ini, silakan follow Instagram Oils2Hope dan temukan tips lain seputar kesehatan. Making The Best Life from Nature for You and Your Body.

Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan kebaikannya.

Baca juga: Manfaat Fennel Young Living Essential Oil

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down