Ditulis Oleh by Stephanie pada Desember 12, 2023

Manfaat Rose Essential Oil yang Perlu Kamu Ketahui

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Semua orang sudah mengenal dengan bunga mawar dan sensasi aromanya yang wangi semerbak serta romantis. Aroma dari bunga mawar tentunya dicintai oleh banyak orang. Tidak mengherankan jika bunga mawar sering dikaitkan dengan nuansa yang romantis.

Key Takeaways

  • Rose essential oil itu pada dasarnya merupakan essential oil yang diekstrak dari bunga mawar Rosa damascena.
  • Rose essential oil memiliki kebaikan untuk kulit, ketenangan jiwa, dan untuk kebutuhan romantis.

Tidak hanya itu, bunga mawar juga terkenal dengan wanginya yang sudah melegenda. Banyak produk fragrance maupun essential oils yang menggunakan rose oil sebagai bahan dasarnya.

Tapi, tahukah Kamu kalau rose essential oil juga memiliki berbagai manfaat? Agar tidak penasaran, artikel ini akan membahas tentang apa saja manfaat dari rose essential oil yang perlu Kamu ketahui.

Apa Sih Rose Essential Oil Itu?

rose essential oil

Rose essential oil itu pada dasarnya merupakan essential oil yang diekstrak dari bunga mawar. Namun, tidak hanya sembarang bunga mawar, varian bunga mawar yang dipilih adalah Rosa damascena.

Bunga mawar sendiri umumnya sering disebut sebagai "Ratu para Bunga" oleh banyak penyair. Untuk rose essential oil sendiri, ternyata juga sudah digunakan oleh banyak orang sejak dulu.

Rose essential oil sendiri sejak dulu dipercaya sebagai minyak esensial yang dapat membantu meningkatkan aroma sensual. Selain itu, Mawar juga telah dikenal sejak era Romawi sebagai bunga yang bersifat afrodisiak.

Selain itu, sejak dulu bunga mawar juga selalu dilempar sebagai bentuk kemenangan sehingga sering digunakan dalam pernikahan.

Rose essential oil sendiri memiliki aroma sensual yang menarik sehingga dapat menciptakan lingkungan yang tenang, penuh cinta, dan merawat kedamaian di rumah serta dapat menciptakan suasana romantis.

Young Living Rose Essential Oil sendiri menggunakan Rosa damascena flower oil dan pure essential oil yang dapat dinikmati dengan diffuser atau diaplikasikan secara topikal.

Apa Saja Manfaat dari Rose Essential Oil?

Lalu, apa saja kebaikan yang bisa dirasakan dari rose essential olil? Setelah ini kita akan bahas tentang manfaat dari rose essential oil yang bisa Kamu rasakan

Membantu Meredakan Rasa Cemas dan Stres dengan Aroma Minyak Mawar

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rose essential oil dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Satu studi menunjukkan adanya efek relaksasi setelah rose essential oil dioleskan pada kulit. Setelah penggunaan, tekanan darah, detak jantung, laju pernapasan, dan kadar kortisol menurun.

Pada uji coba terkontrol secara acak pada tahun 2022, dilakukan evaluasi terhadap efek menghirup Damask Rose terhadap kecemasan dan kualitas tidur 80 personel ruang operasi. Ditemukan bahwa rose essential oil dapat efektif dalam mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

Sementara itu, penelitian lain yang melibatkan lebih dari 100 wanita yang melahirkan menemukan bahwa rose oil menurunkan tingkat kecemasan mereka selama proses persalinan.

Membantu Meningkatkan Mood

Rose essential oil terkenal memiliki kemampuan untuk meningkatkan suasana hati dan menjaga kesehatan jantung. Essential oil ini diakui oleh banyak budaya sebagai penetral pikiran, tubuh, dan jiwa. Ada yang percaya bahwa minyak ini dapat meredakan kesedihan dan rasa sakit hati.

Aroma mawar memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu memperbaiki suasana hati yang terkait dengan trauma emosional atau guncangan, terutama selama masa sedih atau duka. Dalam sebuah studi percobaan kecil yang melibatkan 28 wanita setelah melahirkan, ditemukan bahwa campuran 2% minyak lavender angustifolia dan minyak mawar otto yang diencerkan yang digunakan dua kali seminggu selama empat minggu, secara signifikan menurunkan skor depresi pasca kelahiran.

Membantu Merawat Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Rose essential oil kaya akan sifat antioksidan yang dapat membantu melawan kerutan dan garis-garis halus. Dikenal sebagai "minyak awet muda" karena dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kulit kering, kemerahan, dan rasa gatal. Essential oil ini juga bermanfaat untuk kulit sensitif. Penelitian juga menunjukkan bahwa rose essential oil ini dapat membantu mengurangi jerawat dan bintik-bintik.

Air mawar (yang dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga dalam air) telah lama digunakan sebagai ramuan kecantikan sepanjang sejarah. Dikatakan bahwa itu ditemukan oleh Ibnu Sina, seorang filsuf dan ilmuwan terkemuka dari Persia abad ke-10. Nilai dari cairan yang berharga ini segera dikenal, dan menjadi populer di kalangan orang Mesir dan Romawi kuno. Ratu Cleopatra sendiri disebut sebagai penggemar beratnya.

Sementara itu, rose oil dikenal memiliki efek regeneratif pada jaringan sel, sehingga sangat bermanfaat untuk kulit yang kering, sensitif, atau menua. Minyak ini dapat menjaga kulit tetap sehat, terlumasi, dan elastis. Karena efek regeneratifnya, Dengan begitu banyak kebaikan yang luar biasa, mudah untuk melihat mengapa bahan serbaguna ini telah bertahan selama berabad-abad.

Membantu Meningkatkan Daya Tarik

Rose essential oil telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan daya tarik dan memperkuat ikatan emosional. Essential oil ini sering disebut sebagai minyak afrodisiak. Karena kemampuannya untuk mengurangi stres dan kecemasan, rose essential oil ini dapat membantu meningkatkan gairah seksual. Ketika aroma melewati sistem penciuman, hal ini memengaruhi sistem limbik. Di pusat sistem limbik terdapat hipotalamus yang mendorong dorongan seksual.

Dua penelitian menunjukkan bahwa menghirup rose essential oil dapat membantu meningkatkan gairah seksual dan kepuasan seksual pada pria dan, dalam tingkat yang lebih rendah, pada wanita. Para peneliti percaya bahwa pelepasan dopamin di otak, yang dikenal sebagai motivator, mungkin memicu peningkatan hasrat seksual, sekaligus mengurangi gejala depresi. Kita dapat menggunakan minyak esensial ini untuk meningkatkan perasaan bahagia, percaya diri, kefemininan, dan cinta.

Bagaimana Cara Menggunakan Rose Essential Oil?

rose oil

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menggunakan rose essential oil

Dijadikan Aromaterapi

Kamu bisa jadikan rose essential oil sebagai aromaterapi setelah beraktivitas seharian. Caranya, siapkan gelas kecil. Lalu, dalam gelas kecil, campurkan 1 ons V-6™ atau carrier oil pilihanmu, 1 tetes Rose essential oil, 3 tetes Lavender essential oil dan 3 tetes Frankincense. Tuangkan campuran tersebut ke dalam air mandi hangat dan rasakan nuansa rileks saat kamu menikmati manfaat dari Rose essential oil.

Dipadukan dengan Produk Skincare

Kamu tidak hanya dapat merasakan manfaat alami dari Rose essential oil, tetapi juga dapat membantu memperindah dan melembabkan kulitmu! Rose essential oil ini juga dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus, sehingga kamu dapat menikmati aroma manis dan merasa segar seperti bunga mawar!

Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengaplikasikan Rose essential oil. Misalnya, gunakan Rose essential oil untuk melembabkan kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus. Atau, tambahkan Rose essential oil ke salah satu produk BLOOM Young Living untuk menghasilkan warna kulit yang merata dan kulit yang tampak sehat.

Kamu bisa temukan berbagai produk Young Living di Oils2Hope. Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan manfaatnya. Silakan follow Instagram Oils2Hope dan temukan tips lain seputar minyak esensial.

Baca juga: Kenali Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kulit Dan Kesehatan Jiwa

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down