Ditulis Oleh by Stephanie pada April 26, 2023

Aroma Terapi adalah Terapi Alternatif untuk Jaga Kesehatan Tubuh Lewat Aroma, Ini Manfaatnya!

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

"Aromaterapi memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh, baik fisik maupun psikis"

Aromaterapi adalah terapi alternatif untuk memberikan manfaat positif bagi tubuh, dengan memanfaatkan wewangian essential oil. Minyak aromaterapi berasal dari ekstrak tumbuhan, seperti bunga, tea tree oil, jahe, lemon, kayu putih, sereh, dan kayu manis. Mengandung bahan alami, membuat aromaterapi dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan secara fisik maupun mental dan membuat rileks suasana hati. Berbagai manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara. Mulai dari diffuse, pijat, berendam atau langsung mengoleskan minyak ke kulit.

Key Takeaways

  • Penggunaan aromaterapi memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh dan pikiran.
  • Untuk bisa memberikan semua manfaat, ternyata ada alur yang dilalui oleh aromaterapi hingga akhirnya dapat diterima oleh tubuh lewat indra penciuman.

Terkait manfaat aromaterapi, sejumlah studi juga menyebutkan beberapa jenis minyak esensial atau disebut juga dengan minyak atsiri, telah terbukti memberikan efek positif untuk tubuh secara keseluruhan. Penasaran apa saja manfaat minyak esensial buat tubuh Anda? Simak infonya berikut ini.

Apa itu Aroma terapi?

Sebelum membahas tentang manfaat aromaterapi untuk hidup yang lebih sehat, ada baiknya Anda ketahui dulu apa sebenarnya aromaterapi itu. Aromaterapi adalah terapi atau yang pada umumnya menggunakan bau-bauan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan pepohonan yang berbau harum. Aromaterapi digunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan.

Menurut penelitian yang dilakukan Castle Craig, aromaterapi banyak membantu pasiennya. Data menunjukkan:

  • 67% responden menyatakan bahwa aromaterapi membantu merelaksasikan tubuh dan menenangkan pikiran.
  • 20-25% responden menyatakan aromaterapi membantu meredakan stress dan ketegangan, serta membantu mengurangi gangguan tidur.
  • 95% responden mengungkapkan bahwa mereka ingin terus menggunakan aromaterapi setelah masa pengobatan selesai.

Manfaat Aromaterapi Bagi Kesehatan

Relaksasi

Manfaat utama penggunaan minyak aromaterapi adalah membantu relaksasi. Manfaat relaksasi ini bisa Anda dapatkan dari minyak lavender dan peppermint. Membantu memberi efek menenangkan ketika Anda sedang merasa stress atau cemas berlebih.

Aroma yang dikeluarkan dapat mengontrol sistem saraf simpatis. Sistem saraf ini berfungsi untuk memberikan ketenangan dan semua gejala fisik yang timbul. Misalnya; jantung berdegup kencang dan tangan berkeringat berlebihan.

Minyak atsiri terbaik untuk efek relaksasi adalah bunga lavender. Manfaat aromaterapi lavender bisa Anda dapatkan dari Young Living essential oil.

Membuat tidur lebih nyenyak

Anda merasa tidak produktif dan kehilangan energi karena gangguan tidur? Untungnya ada aromaterapi! Kemampuan aromaterapi untuk mengurangi stress, dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak. Seseorang dengan insomnia, gangguan kecemasan, kaki gelisah dan gatal yang sering terjadi di malam hari dapat diredakan dengan minyak aromaterapi.

Jenis aromaterapi yang bisa Anda pakai adalah minyak atsiri bunga lavender, jasmine, atau rose. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender kedalam diffuser kira-kira satu jam sebelum tidur agar uapnya menyebar ke seluruh kamar. Ini akan membuat tidur Anda lebih cepat dan lebih nyenyak, sehingga lebih berenergi di pagi hari.

Melegakan pernapasan

Beberapa minyak aromaterapi mengandung antiseptik yang dapat membantu membersihkan udara dari jamur dan mikroorganisme tersebut diketahui dapat mengganggu pernapasan, seperti sumbatan, batuk, atau bersin. Manfaat ini bisa Anda temukan dari aromaterapi eucaliptus. Minyak esensial eucalyptus dapat melegakan pernapasan di saat flu.

Meredakan nyeri, peradangan dan sakit kepala

untuk mengurangi keluhan seperti nyeri atau pada otot yang tegang, nyeri sendi atau rasa pusing, Anda bisa menggunakan manfaat aromaterapi. Minyak aromaterapi kombinasi kunyit, jahe dan jeruk untuk membantu meredakan nyeri atau pada otot yang tegang, nyeri sendi.

Sementara untuk membantu meredakan pusing Anda menggunakan minyak aromaterapi yang mengandung aroma rosemary, peppermint, eucalyptus dan sacred sandalwood. Young Living juga memiliki varian essential oil kombinasi yang bisa Anda coba. Beberapa minyak esensial di-blend dalam satu botol.

Mengurangi mual

Minyak aromaterapi seperti jahe dan kunyit dapat membantu mengurangi rasa mual. Varian lain aromaterapi yang juga dapat membantu mengurangi mual (termasuk mual karena perjalanan) adalah peppermint, lemon, dan eucalyptus. Aromanya membuat tubuh menjadi rilek sehingga rasa mual saat perjalanan panjang yang melelahkan jadi berkurang.

Meningkatkan mood

Kopi ataupun pil energi memang dapat menambah energi namun sayangnya belum tentu dapat memberikan kebaikan positif bagi tubuh. Berbeda dengan aromaterapi yang dapat membantu meningkatkan mood energi positif tanpa menimbulkan efek samping. Sehingga dapat membantu menambah semangat Anda untuk menjalani hari. Jenis minyak esensial terbaik untuk membantu meningkatkan energi adalah cinnamon, lemon, jasmine, tea tree, rosemary, sage dan white angelica.

Penggunaan Minyak Esensial untuk Aromaterapi

Aromaterapi sendiri sudah sejak lama diyakini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara alami. Minyak esensial untuk aromaterapi sendiri bisa dimanfaatkan dalam banyak cara. Berikut beberapa di antaranya: 

  • Memanfaatkan diffuser untuk mengubah minyak berupa uap dengan aroma wangi tertentu.
  • Menghirup minyak langsung melalui botol atau pakaian.
  • Menggunakan minyak untuk pijat relaksasi tubuh.
  • Berendam dalam air hangat yang telah ditambahkan minyak esensial.
  • Mengoleskan minyak langsung ke kulit. 
  • Memasukkan campuran minyak esensial dan minyak pelarut ke diffuser, botol semprot, serta inhaler.
  • Mencampurkan minyak esensial ke produk mandi seperti sabun mandi dan shampo. Hingga mencampurkan ke produk perawatan tubuh seperti body lotion. Bahkan perawatan kulit toner, serum atau essence.

Fisologi Penerimaan Aromaterapi oleh Tubuh

Untuk bisa memberikan semua manfaat di atas, ternyata ada alur yang dilalui oleh aromaterapi hingga akhirnya dapat diterima oleh tubuh lewat indra penciuman. Mekanisme penerimaan aromaterapi pada tubuh bisa Anda lihat pada diagram ini.

  1. Pertama-tama aroma masuk lewat rongga hidung lalu ke epitelium.
  2. Lalu aroma disalurkan dari sel akson olfaktorius.
  3. Selanjutnya menuju bulbus olfaktorius.
  4. Sehingga membentuk retikulum di dalam amigdala.
  5. Kemudian disalurkan langsung ke hipotalamus.
  6. Muncul pesan-pesan yang harus disampaikan ke bagian otak dan bagian tubuh, termasuk korteks olfaktorius.
  7. Pada akhirnya bau dari aromaterapi tercium.

Itu dia berbagai manfaat aromaterapi bagi kesehatan. Nah, buat Anda yang baru pertama kali mencoba aromaterapi, mungkin bingung memilih produk, karena banyaknya pilihan di pasaran.

Oils2Hope merekomendasikan produk dari Young Living Essential Oil. Kenapa Harus Young Living? Karena Young Living menetapkan standar untuk menjamin kemurnian dan keaslian essential oil.

Dapatkan harga terbaik essential oil Young Living hanya di Oils2Hope. Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan manfaatnya.

Oh ya jika kamu merasa terbantu dengan artikel ini. Silakan follow Instagram Oils2Hope dan temukan informasi berguna lainnya seputar aromaterapi.

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down