Ditulis Oleh by Stephanie pada Mei 23, 2023

Rekomendasi Essential Oil Terbaik untuk Temani Hari-harimu

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Tren penggunaan essential oil saat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Penggunaan essential oil sebagai aromaterapi yang alami, hingga sebagai daily routine perawatan kulit mendapat respon positif dari banyak kalangan masyarakat. Apakah kamu juga tertarik menggunakannya?

Key Takepoints

  • Memilih essential oil terbaik harus didasarkan pada kebutuhan dan keinginan masing-masing orang.
  • Essential oil terbaik hanya bisa didapatkan melalui pemilihan bahan dan proses produksi yang terbaik juga.
  • Pastikan untuk memahami cara pakai dari setiap essential oil yang akan digunakan.

Semenjak pandemi, produk-produk seputar kebutuhan kesehatan makin banyak dicari orang. Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pola hidup sehat di masyarakat Indonesia, membuat berbagai macam produk yang dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan makin banyak beredar di pasaran.

Salah satu produk pendukung kesehatan yang mulai banyak digemari adalah essential oil.

Secara definisi essential oil adalah minyak yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti bunga, daun, akar, kulit buah, atau biji tumbuhan. Minyak ini diekstraksi melalui proses distilasi atau penyulingan dari tumbuhan yang mengandung senyawa aromatik.

Apakah kamu sudah pernah menggunakan essential oil?

Jika belum, kamu tidak perlu khawatir karena melalui artikel ini kami akan memberikan banyak informasi bermanfaat seputar essential oil.

Termasuk berbagai macam jenis essential oil dan manfaatnya, serta kami akan memberikan tips dan trik untuk memilih essential oil terbaik yang cocok untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan.

Untuk kamu yang sudah pernah menggunakan essential oil, artikel ini bisa jadi rujukan yang tepat agar variasi penggunaan essential oil bisa optimal.

Apa Itu Essential Oil?

Essential oil adalah minyak atsiri yang diambil dari bagian-bagian tumbuhan seperti daun, bunga, kulit buah, biji, atau akar. Minyak ini memiliki aroma yang khas dan dihasilkan melalui proses distilasi uap atau proses ekstraksi lainnya.

Untuk menghasilkan essential oil terbaik membutuhkan usaha keras agar segala proses di dalamnya tidak mengurangi khasiat yang bisa didapat dari essential oil.

Melihat pentingnya proses produksi untuk menghasilkan produk essential oil terbaik yang bisa memberikan manfaat untuk masyarakat, Young Living memiliki sebuah komitmen yang digunakan sebagai standar pembuatan essential oil terbaik yang disebut "Seed to Seal".

"Seed to Seal" adalah program kualitas terpadu yang dilakukan oleh Young Living Essential Oils untuk memastikan kualitas terbaik dari produk Young Living. Program ini mencakup empat tahap utama: bibit (Seed), tanaman (Cultivate), panen (Harvest), dan ekstraksi (Distill).

Bibit (Seed)

Young Living memperoleh bibit dari sumber terpercaya di seluruh dunia. Setiap bibit diuji secara ketat untuk memastikan keaslian dan kualitasnya. Young Living hanya menggunakan biji-bijian organik atau benih yang telah ditanam dengan cara organik.

Tanaman (Cultivate)

Setelah bibit dipilih dan diuji, tanaman ditanam dan dikelola dengan metode organik untuk memastikan kualitasnya.

Young Living bekerja sama dengan petani dan penyedia bahan baku di seluruh dunia untuk memastikan bahwa tanaman yang digunakan adalah tanaman berkualitas tinggi yang ditanam dengan cara yang benar.

Panen (Harvest)

Setelah tanaman siap untuk dipanen, merk Young Living memilih waktu panen yang tepat untuk memaksimalkan kandungan minyak atsiri di dalam tanaman. Tanaman dipanen dengan tangan dan dipilih dengan hati-hati untuk memastikan kualitasnya.

Ekstraksi (Distill)

Setelah tanaman dipanen, Young Living melakukan ekstraksi dengan menggunakan metode distilasi uap berteknologi tinggi. Essential oil yang dihasilkan kemudian diuji secara ketat untuk memastikan kualitasnya.

Young Living menggunakan standar kualitas tertinggi dalam pengujian dan hanya mengemas produk yang memenuhi standar tersebut.

Jika kamu menginginkan essential oil terbaik, maka pilihlah produk essential oil yang dibuat dari bahan-bahan terbaik dan proses produksi yang terbaik juga.

Rekomendasi Essential Oil Terbaik

Kamu mungkin sekarang penasaran bagaimana cara memilih essential oil terbaik, jawabannya adalah tergantung kebutuhan dan tujuan apa yang ingin kamu capai.

Essential oil yang terbuat dari ekstrak berbagai bagian tumbuhan memiliki kegunaan masing-masing tergantung dari bahan apa yang digunakan untuk produk essential oil tersebut.

Nah, untuk membantu kamu memilih essential oil terbaik, berikut ini adalah rekomendasi essential oil yang memiliki aroma khas sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu:

Lavender Essential Oil

Salah satu essential oil yang paling populer adalah varian essential oil lavender.

Essential oil lavender diperoleh dari distilasi uap bunga lavender (Lavandula angustifolia).

Untuk mendapatkan essential oil yang berkualitas tinggi, bunga lavender yang telah dipanen harus segera di distilasi dalam waktu 24 jam. Proses distilasi uap dilakukan dengan memasukkan bunga lavender ke dalam alat distilasi dan memanaskan dengan uap air.

Uap air yang mengandung minyak atsiri bunga lavender kemudian dikondensasikan menjadi cairan yang terdiri dari minyak atsiri dan air. Minyak atsiri yang dihasilkan kemudian dipisahkan dari air dan digunakan sebagai essential oil lavender.

Manfaat Essential oil lavender

Essential oil lavender memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang telah terbukti melalui penelitian dan penggunaan tradisional. Beberapa manfaat utama essential oil lavender antara lain:

  1. Meningkatkan kualitas tidur: Essential oil lavender dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur pada orang yang mengalami masalah tidur.
  2. Membantu meredakan kecemasan dan stres: Essential oil lavender dapat membantu meredakan kecemasan dan stres pada orang yang mengalami masalah psikologis.
  3. Membantu mengurangi nyeri dan peradangan: Essential oil lavender memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan pada kulit dan jaringan tubuh.
  4. Membantu meredakan masalah kulit: Essential oil lavender dapat membantu meredakan masalah kulit seperti jerawat, eksim, psoriasis, dan kulit kering.
  5. Membantu menyamarkan gejala PMS: Essential oil lavender dapat membantu menyamarkan gejala PMS (sindrom pra-menstruasi) seperti nyeri perut, sakit kepala, dan depresi.
  6. Membantu meningkatkan konsentrasi: Essential oil lavender dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat pada orang yang mengalami masalah kognitif.
  7. Membantu menenangkan pikiran: Essential oil lavender dapat membantu menenangkan pikiran dan memperbaiki suasana hati pada orang yang mengalami stres atau kecemasan.

Beberapa penelitian yang mendukung manfaat di atas misalnya, studi pada 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Psychiatry menemukan bahwa perawatan aromaterapi menggunakan essential oil lavender dapat membantu mengurangi gejala kecemasan pada pasien dengan gangguan kecemasan umum.

Tea Tree Essential Oil

Varian essential oil berikutnya adalah tea tree. Sesuai namanya varian essential oil tea tree terbuat dari tea tree (Melaleuca alternifolia) diperoleh dari daun dan ranting pohon teh yang berasal dari Australia.

Minyak esensial tea tree memiliki aroma yang cukup khas dan tajam, dengan aroma segar, bercampur sedikit bau herbal dan kayu-kayuan.

Beberapa orang menggambarkan aromanya sebagai bersih, tajam, dan menenangkan.

Manfaat essential oil tea tree

Essential oil tea tree (Melaleuca alternifolia) telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun.

Beberapa manfaat potensial dari essential oil tea tree yang telah diketahui melalui penelitian ilmiah dan penggunaan tradisional antara lain:

  1. Antibakteri dan anti jamur:
    Essential oil tea tree memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat. Hal ini membuatnya efektif dalam membantu melawan infeksi pada kulit dan kuku, termasuk jerawat, eksim, dan jamur kuku.
  2. Antiinflamasi:
    Essential oil tea tree dapat membantu meringankan peradangan pada kulit, dan sering digunakan untuk membantu meredakan kondisi kulit seperti dermatitis dan psoriasis.
  3. Menyamarkan jerawat:
    Karena sifat antibakteri dan antiinflamasi, essential oil tea tree telah terbukti efektif dalam menyamarkan jerawat. Penggunaannya dapat membantu membersihkan pori-pori dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.
  4. Mengurangi ketombe
    Essential oil tea tree juga digunakan untuk membantu mengurangi ketombe pada kulit kepala. Kandungan anti-jamur yang dimilikinya dapat membantu membunuh jamur yang menyebabkan ketombe dan meringankan peradangan pada kulit kepala.
  5. Menyegarkan napas:
    Beberapa orang menggunakan essential oil tea tree sebagai obat kumur alami untuk membantu menyegarkan napas dan membantu mengatasi masalah mulut dan gigi seperti bau mulut, radang gusi, dan infeksi gigi.

Perlu dicatat bahwa penggunaan essential oil tea tree harus dilakukan dengan hati-hati dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan individu.

Sebaiknya konsultasikan penggunaannya dengan dokter atau ahli aromaterapi terlebih dahulu.

Peppermint Essential Oil

Varian essential oil berikutnya adalah peppermint, essential oil ini memiliki aroma segar, tajam, dan menyegarkan.

Essential oil peppermint (Mentha piperita) diperoleh dari ekstraksi daun dan bagian atas tanaman peppermint menggunakan metode distilasi uap.

Proses ini melibatkan pemanasan daun dan bagian atas tanaman peppermint dengan uap air untuk memisahkan minyak atsiri dari tanaman.

Minyak atsiri yang terkumpul kemudian dikumpulkan dan diolah lagi untuk menghasilkan essential oil peppermint yang murni.

Aroma peppermint dapat membantu memberikan efek pendinginan pada tubuh dan memberikan rasa segar yang menyenangkan pada hidung.

Banyak orang menggunakan essential oil peppermint untuk membantu memberikan perasaan menyegarkan, meningkatkan fokus, dan mengurangi stres.

Beberapa orang juga menggunakan essential oil peppermint sebagai obat alami untuk membantu meringankan sakit kepala dan migrain, serta membantu mengatasi gejala gangguan pencernaan seperti mual dan muntah.

Namun, perlu diingat bahwa essential oil peppermint harus digunakan dengan hati-hati dan diencerkan dengan minyak pembawa atau air sebelum digunakan pada kulit atau dihirup.

Eucalyptus Essential Oil

Essential oil eucalyptus (Eucalyptus globulus) diperoleh dari ekstraksi daun dan ranting pohon eucalyptus menggunakan metode distilasi uap. Pohon eucalyptus dikenal berasal dari Australia dan terkenal karena sifatnya yang menyegarkan dan menyehatkan.

Essential oil eucalyptus memiliki aroma yang segar, bercampur dengan sedikit keharuman kayu dan tanah. Aroma ini sangat populer sebagai produk perawatan diri tradisional.

Manfaat utama essential oil eucalyptus adalah sebagai bahan pereda pernapasan. Kandungan utama dalam minyak ini adalah senyawa kimia eucalyptol, yang terkenal karena sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-viral.

Karena sifatnya ini, essential oil eucalyptus sering digunakan untuk membantu meredakan gejala flu, pilek, bronkitis, dan sinusitis.

Penggunaan essential oil eucalyptus juga dapat membantu meredakan sakit kepala, membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus, serta meningkatkan imun tubuh.

Selain itu, essential oil eucalyptus juga memiliki sifat anti-septik, anti-inflamasi, dan anti-oksidan yang dapat membantu menenangkan kulit dan membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Varian essential oil eucalyptus lainnya dari young living

Selain Eucalyptus globulus, brand Young Living juga menyediakan Eucalyptus Radiata. Essential oil ini banyak ditemukan di berbagai produk essential oil blend Young Living, seperti Ortho Ease® massage oil, Breathe Again™ Roll-On, dan R.C.™.

Serta ada produk Eucalyptus Blue essential oil yang diperoleh dari tumbuhan yang ditanam dan disuling di Finca Botanica Farm and Distillery di Chongon, Ekuador.

Frankincense Essential Oil

Essential oil frankincense (Boswellia carterii) telah digunakan dalam kosmetik selama ribuan tahun. Frankincense diperoleh dari pohon frankincense yang tumbuh di daerah Timur Tengah dan Afrika Timur.

Essential oil Frankincense memiliki aroma yang khas, hangat, dan bercampur dengan sedikit aroma kayu.

Manfaat utama essential oil Frankincense dalam kosmetik adalah sebagai bahan anti-penuaan. Kandungan utama dalam minyak ini adalah senyawa aktif seperti alpha-pinene dan alpha-thujene yang terkenal karena sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan.

Karena sifatnya ini, essential oil frankincense sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk membantu melawan tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus.

Essential oil frankincense juga membantu meningkatkan elastisitas kulit dan memberikan kelembaban alami pada kulit.

Selain itu, essential oil frankincense juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang dapat membantu mencegah jerawat dan masalah kulit lainnya.

Hal ini membuat essential oil frankincense menjadi bahan yang populer dalam produk perawatan kulit untuk kulit berjerawat dan berminyak.

Perlu diingat bahwa sebelum menggunakan essential oil frankincense pada kosmetik, pastikan untuk memilih produk yang mengandung minyak ini dalam jumlah yang tepat dan diencerkan dengan benar dengan minyak pembawa seperti minyak jojoba atau minyak kelapa.

Selain itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli aromaterapi terlebih dahulu jika memiliki kondisi kulit tertentu atau sensitivitas terhadap bahan tertentu sebelum menggunakan produk yang mengandung essential oil frankincense.

Lemon Essential Oil

Essential oil lemon adalah minyak esensial yang dihasilkan dari kulit buah lemon dengan cara penyulingan uap. Minyak ini memiliki aroma yang segar dan citrus yang banyak digunakan dalam aromaterapi, kosmetik, dan industri makanan.

Beberapa manfaat dari essential oil lemon antara lain sebagai antiseptik dan antiviral. Selain itu, minyak esensial lemon juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood karena aromanya yang menyegarkan.

Essential oil lemon juga dikenal memiliki sifat astringent, sehingga cocok digunakan sebagai toner alami untuk kulit berminyak.

Selain itu, minyak esensial lemon juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit dan mengurangi noda bekas jerawat.

Varian minyak esensial lemon brand Young Living menyediakan beberapa varian, antara lain:

Lemongrass Essential oil

Pemanfaatannya biasanya digunakan sebagai minyak pijat agar memberikan efek yang menenangkan dan menyegarkan.

Jade Lemon Essential OIl

Minyak esensial Jade Lemon memiliki aroma yang segar dan memberikan efek penyegar serta dapat meningkatkan semangat ketika digunakan sebagai aromaterapi.

Selain itu, penggunaan Jade Lemon essential oil secara aromatik juga dapat membersihkan udara dan menghilangkan bau yang tidak sedap.

Saat di-diffuse, minyak esensial Jade Lemon memberikan sensasi kebersihan dan kesegaran yang menyenangkan.

Cara Penggunaan Essential Oil Merek Young Living

Jika kamu membeli produk dari Young Living, pastikan kamu menggunakan essential oil sesuai dengan cara pakai dan anjuran yang ada pada setiap produk Young Living.

Penggunaan yang tepat akan membuat pilihan essential oil terbaik menjadi lebih optimal.

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down