Ditulis Oleh by Stephanie pada September 12, 2024

Mengenal 5 Manfaat dari Bergamot Essential Oil

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Essential oil saat ini menjadi salah satu gaya hidup sehat yang populer di masyarakat. Kepopuleran essential oil sendiri membuat semakin banyak varian essential oil yang diproduksi secara massal. Hal ini membuat semakin banyak aroma essential oil yang masing-masing membawa kebaikannya sendiri.

Mengenal 5 Manfaat dari Bergamot Essential Oil

Key Takeaways

  • Bergamot essential oil merupakan essential oil yang diekstrak dari buah citrus bergamia atau bergamot yang berasal dari Asia Tenggara. 
  • Bergamot essential oil dapat membantu untuk meredakan stress hinga membantu merawat kulit serta wajah.

Salah satu produk essential oil yang populer saat ini adalah Bergamot Essential Oil. Apa saja kebaikan dari Bergamot Essential Oil yang terkenal dengan aroma citrusnya? Oils2Hope sebagai Young Living Essential Oil Enthusiast and Lifestyle Educator for everyone akan mengajakmu menyelami kebaikan dari bergamot essential oil.

Apa Itu Bergamot Essential Oil?

Bergamot essential oil merupakan essential oil yang diekstrak dari buah citrus bergamia atau bergamot yang berasal dari Asia Tenggara. Bergamot essential oil terkenal dengan aromanya yang dapat membangkitkan semangat dan menenangkan.

Tidak hanya itu, bergamot essential oil juga memiliki perpaduan aroma asam, segar, dan elemen manis, yang menjadikannya salah satu komponen wewangian yang sering digunakan. Bahkan, bergamot juga terkenal sebagai salah satu essential oil yang sering dikombinasikan dengan produk-produk perawatan rambut, tubuh, dan produk pembersih lainnya berkat aromanya yang wangi dan membawa kesan positif.

Baca juga: Mengenal Pelembab Kulit dan Cara Kerja Rose Ointment Young Living

Apa Saja Manfaat dari Bergamot Essential Oil?

Lalu, apa saja manfaat dari minyak esensial bergamot ini? Mari kita ulas satu persatu!

Apa Saja Manfaat dari Bergamot Essential Oil?

1. Membantu Meredakan Stress

Pertama, bergamot essential oil ternyata dapat membantu penggunanya untuk meredakan rasa stres dan cemas. Sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan di jurnal Research in Complementary Medicine menyebutkan jika menghirup bergamot essential oil yang di-diffuse dapat membantu penggunanya untuk mengurangi rasa cemas dan stress.

Aroma segar, manis, dan asam yang dihasilkan dari bergamot essential oil menghadirkan suasana yang menyenangkan saat di-diffuse. Oleh karena itu, bergamot essential oil dapat kamu gunakan untuk membantu meredakan rasa stress atau membuat perasaan menjadi lebih rileks. 

2. Membantu Meredakan Peradangan

Dalam suatu penelitian pada tahun 2023, bergamot essential oil juga dapat membantu untuk meredakan peradangan pada tubuh. Kandungan linalool dan carvacrol di dalam bergamot essential oil sudah terkenal dapat membantu meredakan peradangan yang dirasakan.

Hal ini karena linaloool dan carvacrol memiliki sifat analgesic, anticonvulsant, dan anti-inflammatory yang dapat dirasakan apabila bergamot essential oil digunakan secara topikal. Tentunya, penggunaan bergamot essential oil untuk meredakan peradangan perlu kamu konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

3. Membantu Menghilangkan Jerawat dan Noda Jerawat

Selanjutnya, bergamot essential oil juga dapat membantu merawat kecantikan wajah. Sejak dulu, bergamot oil sudah dipercaya sebagai minyak esensial yang dapat membantu merawat kulit. Salah satu kebaikan yang dapat dirasakan dari tiap tetes bergamot oil adalah untuk membantu mengatasi jerawat.

Essential oil bergamot dapat membantu mengurangi bakteri pada kulit sehingga dapat membantu mengatasi jerawat pada kulit. Tidak hanya itu minyak esensial bergamot juga dapat membantu penggunanya untuk menghilangkan noda jerawat dengan membuka pori-pori dan menjadi pelindung lipid alami pada kulit. Maka dari itu bergamot essential oil membantu dalam hiperpigmentasi untuk meredakan noda bekas jerawat.

4. Membantu Melawan Bakteri

Penelitian yang diterbitkan Italian Journal of Food Safety menemukan jika ternyata bergamot essential oil dapat membantu melawan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan. 

Setelah melalui pengujian, bergamot essential oil memiliki potensi untuk membantu melawan Listeria monocytogenes, bakteri yang dapat menyebabkan infeksi yang dihasilkan dari ikan dan unggas. Beberapa formulasi bergamot juga dapat berpengaruh dalam memperlambat dan mencegah pertumbuhan bakteri.

5. Membantu Membuat Wajah Awet Muda

Essential oil bergamot juga memiliki kebaikan untuk membantu menjaga kecantikan wajah agar tetap awet muda. Bergamot oil yang diaplikasikan secara topikal ke noda jerawat dapat membantu merangsang pembaruan sel kulit dan mendistribusikan kembali pada pigmen kulit. Ini dapat membantu menjaga warna kilit agar tetap merata dan kencang.

Selain itu, bergamot essential oil juga mengandung sifat astringen yang dapat membantu mengencangkan pori-pori dan membantu mencegah mengurangi produksi sebum berlebih. Hal ini dapat membantu mengurangi keluhan kulit dan wajah berminyak.

--

Itu tadi adalah penjelasan tentang Bergamot Essential Oil yang bisa kamu dapatkan. Tentunya, kamu bisa mendapatkan produk Bergamot Essential Oil tersebut yang bisa dibeli di Oils2Hope!

Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast and Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan kebaikannya. Untuk informasi produk diffuser dengan harga brand partner Young Living yang tersedia, klik pada tautan daftar brand partner di website Oils2Hope.

Baca juga: Rekomendasi "Peace and Calming Essential Oils" dari Young Living

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down