Ditulis Oleh by Stephanie pada Desember 1, 2023

Mengenal Bunga Chamomile dan Manfaatnya untuk Tubuh

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Chamomile atau Kamomil adalah tumbuhan herbal yang sangat terkenal di seluruh dunia. Di tahun 2023, Chamomile sendiri masih digemari untuk membantu merawat kulit wajah. Manfaatnya antara lain dapat menenangkan kulit yang sensitif, membuat kulit terlihat lebih cerah, serta membantu mengobati jerawat secara alami. Selain itu, Chamomile juga dapat membantu melambatkan tanda-tanda penuaan dini.

Key Takeaways

  • Chamomile, atau yang sering disebut kamomil, adalah tanaman dari keluarga bunga matahari Asteraceae yang meliputi berbagai jenis bunga daisy.
  • Bunga chamomile memiliki kebaikan untuk membantu meringankan peradangan pada kulit dan membantu kulit menjadi lebih segar.

Chamomile telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada kulit wajah. Beberapa di antaranya yaitu membantu menenangkan kulit sensitif, mencerahkan kulit, membantu perawatan wajah alami, hingga membantu memperlambat munculnya tanda penuaan dini.

Chamomile seringkali hanya dikenal sebagai ramuan herbal biasa atau salah satu jenis minuman teh, padahal sebenarnya Chamomile adalah bunga cantik yang penuh dengan manfaat baik untuk kesehatan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang bunga Chamomile dan kebaikannya bagi tubuh. Jadi pastikan untuk baca artikel ini sampai tuntas

Apa Itu Bunga Chamomile

bunga chamomile

Chamomile, atau yang sering disebut kamomil, adalah tanaman dari keluarga bunga matahari Asteraceae yang meliputi berbagai jenis bunga daisy. Tanaman ini tumbuh di daratan Eropa dan wilayah Asia yang mengalami keempat musim, serta termasuk dalam tanaman yang hidup hanya selama satu musim. Ukuran chamomile bisa mencapai 50 hingga 70 sentimeter. Mereka bisa tumbuh di lahan terbuka dan hampir di mana saja.

Meskipun ada banyak jenis chamomile, namun hanya dua jenis yang paling sering digunakan, yaitu jenis Roman Chamomile dengan nama ilmiah Anthemis nobilis dan German Chamomile dengan nama ilmiah Matricaria recutita. Kedua jenis ini mengandung tiga jenis senyawa kimia yang bermanfaat untuk kulit, seperti bisabolol, matricin, dan chamazulene.

Bunga chamomile memiliki penampilan cerah dan ukuran kecil yang mirip dengan bunga aster atau daisy. Bunga chamomile sering digunakan dalam rangkaian bunga, baik karena penampilannya yang cerah maupun aromanya yang unik.

Sejarah dan Asal-Usul Chamomile

Bunga chamomile memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Bunga ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk berbagai tujuan di daerah Mediterania dan Mesir kuno. Varietas bunga yang tidak asli dan sering digunakan untuk pengobatan mulai menyebar ke Eropa pada awal Abad Pertengahan.

Nama "chamomile" sendiri berasal dari variasi bahasa Perancis yang merujuk pada kata Yunani untuk "bumi" atau "dekat dengan tanah" dan "apel". Nama ini mengacu pada penampilan bagian tengah bunga yang bulat besar, menyerupai bentuk apel, serta aroma manis bunga.

Ada berbagai jenis bunga chamomile yang berasal dari berbagai belahan dunia. Sebagai contoh, German Chamomile (Matricaria recutita) berasal dari Eropa dan banyak ditemukan di sana.

Baca juga: Ini Manfaat Essential Oil Lavender Untuk Kulit Yang Perlu Kamu Ketahui

Karakteristik Chamomile

Semua jenis Chamomile adalah tanaman herbal tahunan yang tumbuh relatif pendek dan menyebar di tanah. Chamomile memiliki penampilan yang mirip dengan bunga daisy dengan pusat yang besar dan banyak kelopak. Chamomile Riman memiliki daun yang tebal dan tumbuh sekitar 30 cm. Di sisi lain, Chamomile Jerman bisa tumbuh hingga tinggi maksimal 1 meter.

Dengan penampilannya yang mirip bunga daisy, kebanyakan bunga chamomile berwarna putih atau kuning. Tidak hanya itu, sebagian besar jenis chamomile juga memiliki aroma yang berbeda, seperti aroma jerami manis, apel segar, atau musk.

Manfaat Bunga Chamomile

chamomile o2h

Pada dasarnya, ada beberapa kebaikan dari bunga chamomile untuk Kamu. Berikut adalah penjelasannya:

Membantu Meringankan Peradangan pada Kulit

Chamomile sering digunakan untuk membantu meredakan kemerahan dan peradangan pada kulit, terutama karena ruam dan sunburn.

Tanaman ini dapat membantu melindungi DNA kulit dari kerusakan akibat terlalu banyak terpapar sinar matahari, berkat senyawa antiperadangan yang bekerja menekan peradangan.

Senyawa antiperadangan dalam chamomile dapat menembus ke lapisan kulit terdalam, meredakan kemerahan dan menenangkan kulit yang teriritasi oleh peradangan. Selain itu, senyawa apigenin sebagai antioksidan juga membantu mencegah pembentukan senyawa yang memicu peradangan.

Membantu Meredakan jerawat

Selanjutnya, bunga Chamomile juga dikenal dapat membantu meredakan keluhan jerawat pada wajah. Ini karena kandungan antioksidan, antibakteri, dan antiperadangan yang ada dalam chamomile, yang dipercaya dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi yang disebabkan oleh jerawat.

Chamomile bekerja dengan aktif menekan bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, ia juga membantu menyamarkan hiperpigmentasi kulit dan mempercepat proses regenerasi kulit. Akibatnya, kulit menjadi lebih sehat dan bebas dari jerawat.

Membantu Memperlambat Penuaan Dini

Polifenol dan fitokimia yang ada di dalam Chamomile jenis antioksidan yang juga terdapat dalam chamomile, berperan dalam memperlambat proses penuaan dini. Kedua senyawa tersebut membantu mempercepat regenerasi kulit dan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan demikian, munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti hiperpigmentasi, bintik hitam, garis halus, dan keriput dapat dihindari.

Membantu Kulit Lebih Segar dan Cerah

Chamomile sendiri mengandung senyawa pencerah dan astringent yang diyakini dapat membantu membuat pori-pori kulit lebih kencang, halus, dan membantu menyamarkan noda bekas jerawat serta hiperpigmentasi. Ini akan membantu kulit lebih segar dan cerah.

Ramah untuk Kulit Sensitif

Kandungan senyawa kimia dan anti-peradangan dalam chamomile dipercaya baik bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa penggunaan krim yang mengandung chamomile dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti eksim.

Selain itu, sebuah studi dalam Journal of Veterinary Science juga menunjukkan bahwa penggunaan minyak bunga chamomile pada kulit hewan efektif dalam meredakan gejala alergi.

Kamu bisa mendapatkan informasi bermanfaat lainnya terkait tentang essential oils di website Oils2Hope Lounge.

Kamu bisa temukan berbagai produk Young Living di Oils2Hope. Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan manfaatnya. Silakan follow Instagram Oils2Hope dan temukan tips lain seputar minyak esensial.

Baca juga: Manfaat Bunga Kenanga Untuk Kulit

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down