Ditulis Oleh by Stephanie pada November 30, 2023

Kenali Manfaat Bunga Kenanga untuk Kulit dan Kesehatan Jiwa

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Berjalan di antara rimbunan hijau, aroma yang nikmat dan menenangkan dari Bunga Kenanga seringkali menjadi penanda bahwa kita telah memasuki dunia yang berbeda. Bunga ini, dengan keharumannya yang khas, telah menjadi simbol keindahan dan ketenangan di banyak budaya.

Key Takeaways

  • Umumnya, ada dua jenis bunga Kenanga yang dibudidayakan, yaitu Cananga dan Ylang-Ylang.
  • Tanaman bunga Kenanga tumbuh subur di daerah tropis karena kenanga berasal dari Asia Tenggara. Habitat idealnya adalah di kawasan dengan ketinggian di bawah 1.200 mdpl.
  • Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh Bunga Kenanga, salah satunya membantu merawat kesehatan kulit dan sebagai aromaterapi.

Dikenal juga dengan nama Ylang-Ylang, bunga ini tidak hanya memesona mata dengan warna kuning cerahnya, tetapi juga merayu indera penciuman dengan aroma yang khas dan menenangkan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih jauh tentang keunikan dan daya tarik dari Bunga Kenanga.

Apa Itu Bunga Kenanga atau Cananga Odorata?

bunga kenanga

Bunga Kenanga pada dasarnya berasal dari pohon kenanga atau yang memiliki nama latin Cananga odorata. Bunga ini umumnya seringkali ditemui di Benua Asia dan tumbuh subur di sana, salah satunya sangat mudah dijumpai di Indonesia.

Umumnya, ada dua jenis bunga Kenanga yang dibudidayakan, yaitu Cananga dan Ylang-Ylang. Perbedaannya, cabang Cananga tumbuh tegak lurus, sementara Ylang-Ylang memiliki cabang yang tumbuhnya cenderung tidak tegak dengan daun yang lebih kecil. Asal dari kedua jenis ini juga berbeda, Cananga berasal dari Indonesia sementara Ylang-Ylang asli dari Filipina.

Bunga Kenanga seringkali dimanfaatkan sebagai bahan baku parfum. Hal ini karena bunga Kenanga sendiri memiliki aroma yang enak untuk dihirup sehingga dapat dinikmati sebagai aroma terapi.

Asal dan Habitat Bunga Kenanga

Tanaman bunga ini tumbuh subur di daerah tropis karena kenanga berasal dari Asia Tenggara. Habitat idealnya adalah di kawasan dengan ketinggian di bawah 1.200 mdpl.

Pohon kenanga cocok tumbuh pada daerah dengan suhu siang hari sekitar 20⁰ hingga 30⁰ C, namun dapat bertahan pada rentang suhu 16⁰ hingga 34⁰ C. Curah hujan yang ideal untuk menanam kenanga adalah sekitar 1.500 hingga 2.000 mm per tahun.

Selain itu, kenanga merupakan lambang dari provinsi Sumatera Utara dan Aceh. Selain di Indonesia, tanaman kenanga juga ditemukan di kawasan Mikronesia, Polinesia, dan Melanesia. Di Indonesia, bunga kenanga sering digunakan dalam upacara adat.

Apa Saja Manfaat dari Bunga Kenanga?

bunga kenanga oil2hope

Kandungan utama dalam tanaman herbal ini adalah minyak esensialnya yang mengandung sejumlah senyawa, seperti Linalool, Geranyl acetate, Germacrene-D, beta-Caryophyllene, Benzyl acetate, Geraniol, Methyl p-Cresol, Methyl benzoate, Geranyl acetate, Farnesene, dan Benzyl benzoate.

Setiap senyawa tersebut memiliki manfaat yang berbeda. Sebagai contoh, Linalool dapat bertindak sebagai obat penenang, antiinflamasi, anticemas, analgesik, dan antidepresan. Sementara itu, senyawa Geranyl acetate memiliki sifat antijamur, antimikroba, dan antiinflamasi.

Bunga ini telah lama populer sebagai essential oil dengan aroma yang manis. Masyarakat sering menggunakan tanaman ini untuk perawatan kulit. Manfaat lain dari bunga kenanga untuk kesehatan meliputi:

Membantu Mengurangi Stres dan Depresi

Essential oil yang diekstraksi dari bunga kenanga juga dapat digunakan sebagai aromaterapi karena memiliki sifat menenangkan. Minyak ini dapat mengatur kelenjar adrenalin dalam sistem saraf.

Menurut studi yang dilaporkan dalam Phytotherapy Research, minyak bunga kenanga diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan suhu kulit. Secara perilaku, orang menjadi lebih tenang dan rileks setelah menghirup aroma minyak kenanga.

Penemuan ini mengindikasikan efek relaksasi dari minyak kenanga dan memberikan manfaat dalam praktik aromaterapi, termasuk dalam meredakan depresi dan stres. Selain itu, bunga kenanga juga dapat membantu mengurangi rasa cemas.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kebaikan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari bunga Kenanga adalah kebaikannya yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan minyak esensial bunga kenanga dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga detak jantung tetap normal, yang tentunya bermanfaat bagi penderita hipertensi.

Seperti telah disebut sebelumnya, studi dalam Phytotherapy Research menyatakan bahwa minyak bunga kenanga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan suhu kulit. Secara perilaku, orang menjadi lebih tenang dan rileks. Oleh karena itu, menggunakan bunga kenanga sebagai aromaterapi dapat menjadi alternatif alami yang bermanfaat.

Membantu Menjaga Kualitas Tidur

Selanjutnya, Bunga Kenanga memiliki kebaikan lain untuk memperbaiki kualitas tidur. Essential oil dari bunga kenanga diketahui mengandung senyawa linalool yang dapat menyebabkan efek sedatif atau rasa kantuk. Tidak heran bunga kenanga sering digunakan sebagai aromaterapi untuk meningkatkan kualitas tidur.

Selain itu, bunga kenanga memiliki efek relaksasi yang dapat membantu mengatasi masalah insomnia. Ini karena sifat sedatif tanaman yang memberikan efek menenangkan, mengurangi ketegangan saraf dan kecemasan. Akibatnya, otak menjadi lebih rileks sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Membantu Meringankan Gejala Asma

Asma adalah penyakit pernapasan yang terkait erat dengan stres. Jika kamu menderita asma, kamu dapat menggunakan essential oil dari bunga kenanga untuk membantu menenangkan tubuh dan terhindar dari stres.

Untuk memperoleh manfaat bunga kenanga dalam meredakan gejala asma, kamu dapat mengoleskan essential oil Ylang-Ylang yang telah dicampur dengan carrier oil ke area dada, lalu hirup selama 15–20 menit.

Membantu Melawan Infeksi Jamur

Bunga kenanga dianggap efektif dalam membantu melawan infeksi jamur, seperti infeksi Candida albicans. Selain menimbulkan efek kantuk, senyawa linalool dalam bunga kenanga juga memiliki sifat antijamur.

Menurut studi dalam Hindawi, bunga kenanga adalah tanaman herbal yang mengandung senyawa linalool yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Senyawa tersebut efektif dalam membunuh jamur, terutama yang berasal dari infeksi jamur Candida albicans.

Membantu Mengatasi Kulit Kering

Kebaikan selanjutnya yang bisa kamu rasakan dari bunga Kenanga adalah untuk membantu mengatasi kulit kering. Kulit yang kering dapat menyebabkan rasa gatal, pengelupasan, dan iritasi pada area tersebut.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, kamu dapat menggunakan ekstrak minyak bunga kenanga pada kulit kepala. Cara ini dapat membantu memproduksi minyak sekaligus melembabkan area tersebut.

Selain itu, ekstrak bunga kenanga juga sangat baik digunakan sebagai bahan pembuatan sabun. Bunga kenanga dapat menyeimbangkan kadar minyak di kulit, sehingga kulit tubuh tidak akan kering dan terkelupas. Sabun dari bunga ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki kulit kering agar tetap lembab.

Membantu Meredakan Eksim

Jika kamu merasakan adanya radang kulit yang berbentuk ruam merah dan terasa gatal, bisa jadi kamu mengalami eksim. Eksim merupakan keluhan peradangan kulit yang seringkali terasa gatal dan muncul ruam merah di kulit.

Kandungan di dalam bunga Kenanga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan eksim. Ini bekerja dengan membantu meredakan iritasi dan memiliki efek yang menenangkan pada kulit.

Membantu Melawan Bakteri Penyebab Jerawat

Jerawat adalah masalah yang muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengoleskan larutan minyak kenanga pada area kulit yang berjerawat. Senyawa dalam tanaman ini bekerja dengan mengurangi kemerahan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Membantu Meredakan Masalah Pencernaan

Kebaikan selanjutnya yang bisa kamu rasakan dari bunga Kenanga adalah kebaikannya untuk membantu meredakan masalah pencernaan. Untuk membantu mengurangi masalah pada saluran pencernaan, bunga kenanga bekerja dengan memberikan efek menenangkan, sehingga saluran cerna dapat berfungsi lebih lancar. Manfaat ini juga didukung oleh sifat antiinflamasi dan kandungan serat dalam tanaman tersebut.

Membantu Meringankan Gejala Rematik

Rematik adalah masalah yang menyebabkan nyeri pada area sendi. Gangguan ini cenderung bersifat kronis dan semakin memburuk dari waktu ke waktu. Untuk meredakan gejalanya, kamu dapat menggunakan minyak bunga kenanga untuk memberikan efek relaksasi.

Itu tadi beberapa manfaat dari bunga Kenanga. Tahukah kamu kalau beberapa kebaikan dari bunga Kenanga dapat kamu rasakan di Young Living Ylang Ylang Essential Oil? Ylang Ylang Essential Oil dihasilkan dari distilasi uap bunga Kenanga yang tumbuh di perkebunan Young Living.

Ylang Ylang Essential Oil memiliki aroma yang romantis dengan kandungan sifatnya yang melembabkan. Ini membuat Ylang Ylang cocok dijadikan bahan dalam produk perawatan kulit dan rambut karena memiliki kebaikan yang tepat.

Dengan aroma floral yang bikin tenang saat menghirupnya, Ylang Ylang termasuk ke dalam heart note karena aromanya menyeruak saat top note mulai hilang. Tambahkan ke dalam pelembab, air mandi hangat, atau masker rambut buatan sendiri untuk mendapatkan aroma mewahnya.

Kamu bisa temukan berbagai produk Young Living di Oils2Hope. Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan manfaatnya. Silakan follow Instagram Oils2Hope dan temukan tips lain seputar minyak esensial.

Baca juga: Manfaat Young Living Oregano yang Dapat Menyegarkan Udara

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down