Ditulis Oleh by Stephanie pada Agustus 1, 2024

Pahami Kebaikan dari Carrot Seed Essential Oil di Sini

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Kita sudah mengenal kebaikan dari wortel sejak lama. Wortel menjadi salah satu sayuran baik yang kaya akan vitamin dan manfaat. Tidak jarang, wortel diolah menjadi beragam varian makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk mendapatkan segala kebaikannya.

Key Takeaways

  • Carrot seed oil kaya akan nutrisi dan mengandung berbagai kandungan nutrisi yang positif, seperti Beta-Karoten, Vitamin E, Vitamin C, Omega-3, dan omega-6.
  • Carrot seed essential oil memiliki manfaat untuk membantu melawan bakteri dan jamur, membantu menangkis paparan sinar UV, serta membantu merawat kulit agar awet muda.

Namun, tahukah kamu jika kamu juga bisa mendapatkan kebaikan wortel dari bijinya? Tidak hanya itu, biji wortel juga dapat diolah menjadi minyak essential atau carrot seed oil. Di artikel ini, Oils2Hope sebagai Young Living Essential Oil Enthusiast and Lifestyle Educator akan mengenalkan manfaat dari carrot seed essential oil.

Apa Itu Carrot Seed Essential Oil?

carrot seed essential oil

Carrot seed essential oil merupakan minyak esensial yang yang diekstrak langsung dari carrot seed atau biji wortel dengan melalui tekanan atau pemanasan untuk mendapatkan minyak yang kaya akan nutrisi. 

Carrot seed oil sudah dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan untuk dimanfaatkan kebaikannya. Umumnya, carrot seed oil kaya akan nutrisi dan mengandung berbagai kandungan nutrisi yang positif, seperti Beta-Karoten, Vitamin E, Vitamin C, dan berbagai asam lemak esensial seperti Omega-3 dan omega-6. Semua kandungan tersebut tentunya baik bagi tubuh.

Young Living sendiri juga memiliki produk Carrot Seed essential oil yang kaya akan aroma earthy dan manis yang saling berpadu. Diproduksi dengan penyulingan biji tanaman wortel liar (Daucus carota sativa), Carrot seed essential oil dari Young Living mengandung konstituen carotol, alpha-pinene, sabinene, dan beta caryophyllene.

Apa Saja Manfaat dari Carrot Seed Essential Oil?

Setelah memahami apa itu carrot seed essential oil saatnya kita mengetahui apa saja manfaat dan kebaikan dari Carrot Seed essential oil.

Membantu Melawan Bakteri

Carrot seed essential oil memiliki kebaikan untuk membantu melawan bakteri. Menurut penelitian Evidence-Based Complement Alternative Medicine, carrot seed essential oil bersifat antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri jahat yang seringkali menginfeksi tubuh, mulai dari infeksi bakteri kulit hingga yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Sifat antibakteri yang dimiliki carrot seed oil berasal dari kandungan alpha-pinene di dalamnya. Tidak hanya itu, para peneliti juga melihat bahwa perbedaan konsentrasi senyawa kimia dalam minyak esensial biji wortel dapat mengubah sifat antibakteri minyak.

Baca juga: Essential Oil untuk Anak dan Tips Penggunaannya

Membantu Melawan Jamur

Tidak hanya bersifat antibakteri, carrot seed essential oil juga bersifat antijamur sehingga dapat digunakan untuk membantu melawan jamur jahat. Carrot seed essential oil dapat membantu melawan jamur yang tumbuh di tumbuhan dan beberapa jenis jamur yang tumbuh di kulit.

Sifat antijamur dari carrot seed essential oil berasal dari kadar senyawa kimia di dalam biji wortel yang bernama carotol. Carotol dapat membantu mengurangi pertumbuhan jamur yang memengaruhi pertumbuhan tanaman. Tidak hanya itu, carrot seed essential oil juga dapat membantu mengatasi ragi seperti Candida albicans dan Aspergillus.

Membantu Merawat Kulit Menjadi Awet Muda

carrot seed

Ternyata, carrot seed essential oil juga dapat membantu merawat kulit agar tampak lebih awet muda. Penelitian pada tahun 2019 dalam Journal of Cosmetic and Laser Therapy menunjukkan jika carrot seed essential oil memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu meremajakan kulit yang mengalami kerutan dan penuaan dini.

Tidak hanya itu, carrot seed oil juga dapat dijadikan tambahan dalam krim perawatan kulit untuk membantu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan masalah kulit. Terlebih, carrot seed essential oil juga dapat membantu memperkuat skin barrier yang berfungsi untuk membantu melindungi kulit dari papasan bebas.

Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar ultraviolet (Sinar UV) dapat berdampak negatif bagi kulit apabila terpapar dengan cukup intens. Carrot seed essential oil ternyata dapat membantu kamu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Kandungan umbelliferone yang ada di dalam carrot seed essential oil dapat berfungsi untuk membantu menyerap paparan sinar UV dan sering digunakan dalam bahan baku sunscreen. Oleh karena itu, Carrot seed essential oil dapat dijadikan perlindungan tambahan dan menggunakannya bersama dengan produk perawatan kulit. Namun, perlu diingat bahwa carrot seed essential oil tidak berfungsi untuk menggantikan peran dari sunscreen itu sendiri.

Cara Menggunakan Carrot Seed Essential Oil

Untuk mendapatkan berbagai kebaikan dan manfaatnya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memanfaatkan carrot seed essential oil. Bagi Oils2Hope, sebagai penggemar essential oil, menggunakan secara topikal bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan essential oil ini.

Kamu bisa tambahkan beberapa tetes ke serum wajah, lotion atau pelembab untuk melembabkan dan mempercantik kulit. Tidak hanya itu, kamu bisa encerkan carrot essential oil dengan V-6 Vegetable Oil Complex dan oleskan ke kulit setelah seharian beraktifitas di bawah sinar matahari.

Itu tadi adalah penjelasan tentang Carrot Seed Essential Oil dan manfaatnya yang bisa kamu dapatkan. Tentunya, kamu bisa mendapatkan produk Carrot Seed Essential Oil dari Young Living yang bisa dibeli di Oils2Hope!

Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast and Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan kebaikannya. Untuk informasi produk diffuser dengan harga brand partner Young Living yang tersedia, klik pada tautan daftar brand partner di website kami.

Baca juga: Rekomendasi "Peace and Calming Essential Oils" dari Young Living

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down