Ditulis Oleh by Stephanie pada Juni 22, 2024

Cara Membuat DIY Foaming Hand Soap dari Essential Oil

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Saat ini, gaya hidup sehat semakin populer di berbagai kalangan. Banyak orang yang ingin mengubah hidupnya dengan menerapkan gaya hidup sehat dan menggunakan bahan-bahan yang alami. Salah satu tren gaya hidup sehat yang saat ini sedang populer adalah tren Do-it-Yourself atau DIY. 

Cara Membuat DIY Foaming Hand Soap dari Essential Oil

Key Takeaways

  • Mencuci tangan menggunakan foaming hand soap dapat menghemat penggunaan air hingga 10 persen dibandingkan menggunakan sabun biasa.
  • Kamu bisa membuat DIY foaming hand soap sendiri dengan menggunakan produk essential oil, seperti essential oil dari Young Living dan V-6 Vegetable Oil Complex.

Salah satu produk DIY yang digemari oleh banyak orang adalah DIY Foaming Hand Soap. Menurut GOJO Industries mencuci tangan menggunakan foaming hand soap dapat menghemat penggunaan air hingga 10 persen dibandingkan menggunakan sabun biasa.

Oleh karena itu, Oils2Hope sebagai Young Living Essential Oil Enthusiast and Lifestyle Educator akan memandu kamu bagaimana cara membuat DIY foaming hand soap dari essential oil.

Cara Membuat DIY Foaming Hand Soap

Menurut Bob Vila, ternyata kamu bisa membuat DIY foaming hand soap sendiri dengan menggunakan produk essential oil, seperti essential oil dengan varian aroma yang menarik. Bagaimana caranya? Kita akan ulas langkah-langkahnya di sini!

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan, antara lain:

  • 1 wadah/botol pompa foaming soap
  • 2 Sendok castile liquid soap, liquid hand soap, atau sabun cuci piring
  • 10-15 tetes essential oil favorit kamu
  • 1 sendok V-6 Vegetable Oil Complex

1. Tambahkan Air ke Wadah

Pertama, tambahkan air ke dalam wadah atau botol pompa foaming soap yang sudah kamu siapkan hingga ¾ botol. Tentunya jangan sampai penuh karena nantinya kamu akan menambahkan berbagai bahan lainnya ke dalam botol.

2. Tambahkan 2 Sendok Castile Soap ke Wadah

Selanjutnya, tambahkan dua sendok makan castile soap ke dalam wadah atau botol foaming hand soap. Castile soap umumnya terbuat dari minyak nabati seperti coconut oil atau olive oil sehingga tidak memiliki bahan sintetis atau lemak hewani. Tentunya ini membuat sabunnya semakin natural dan alami.

3. Tambahkan 10-15 Tetes Essential Oil

Cara Membuat DIY Foaming Hand Soap

Kemudian tambahkan 10-15 tetes essential oil dari yang kamu sukai. Bahkan, kamu sendiri juga bisa mencampurkan campuran essential oil favoritmu dengan takaran yang kamu sesuaikan.

Kami merekomendasikan kamu untuk menggunakan kombinasi antara Frankincense Essential Oil dengan Orange Essential Oil, Lavender Essential Oil dengan Chamomile Essential Oil, Lemon dengan Rosemary essential Oil, dan Peppermint dengan Eucalyptus Essential Oil.

4. Tambahkan 1 Sendok Carrier Oil

Kemudian tambahkan satu sendok teh carrier oil seperti V-6 Vegetable Oil Complex ke dalam wadah sabun foaming hand soap milikmu. 

5. Tutup Wadah dan Kocok Hingga Tercampur

Setelah tambahkan semua bahan tersebut, tutup wadah atau botol sabunmu, kemudian kocok-kocok sabun selama 30 detik sampai satu menit agar semua bahannya dapat tercampur dengan baik. Kalau bisa, kamu bisa mengocoknya secara rutin setiap hari agar semua bahan tetap tercampur.

Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast and Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living dari D. Gary Young, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan kebaikannya. Untuk informasi produk diffuser dengan harga brand partner Young Living yang tersedia, klik pada tautan daftar brand partner di website kami.

Baca juga: Mengenal Sabun Cuci Tangan Lavender Foaming Hand Soap Young Living

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down