Ditulis Oleh by Stephanie pada September 14, 2023

Essential Oil Adalah: Kenali Berbagai Manfaatnya!

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Salah satu pendekatan terapi aroma yang tengah mendapatkan perhatian adalah penggunaan essential oil atau minyak atsiri. Akhir-akhir ini, essential oil telah mendapat popularitas di kalangan masyarakat karena diyakini membawa berbagai manfaat kesehatan.

Essential oil ini digunakan dengan cara diteteskan ke dalam diffuser, digunakan sebagai minyak pijat, atau dicampurkan dalam lilin aromaterapi.

Key Takeaways

  • Essential oil adalah ekstrak yang diperoleh dari tumbuhan, yang mengandung aroma dan inti dari tanaman yang digunakan.
  • Essential oil memiliki berbagai kebaikan yang baik bagi tubuh.

Memang, selama ini essential oil telah diakui karena kebaikannya bagi tubuh, dan seringkali digunakan dalam diffuser untuk menciptakan rasa relaksasi. Selain kemampuannya dalam merilekskan dan menenangkan pikiran, essential oil juga memiliki potensi sebagai obat herbal.

Lalu, apa sajakah manfaat dari essential oil? Artikel ini akan mengulasnya lebih dalam dan lengkap. Baca artikel ini sampai habis.

Apa Itu Essential Oil

essential oil adalah

Essential oil adalah ekstrak yang diperoleh dari tumbuhan, yang mengandung aroma dan inti dari tanaman yang digunakan. Dalam pembentukannya, berbagai bagian tumbuhan seperti daun, bunga, buah, kulit kayu, atau akar, melalui rangkaian proses ekstraksi.

Ekstraksi tersebut bisa melibatkan penyulingan dengan metode penguapan atau pelarutan, serta metode mekanis seperti pemerasan. Penting untuk dicatat bahwa essential oil tidak mengandung asam lemak dan komposisinya sepenuhnya murni dari ekstrak tanaman.

Proses ekstraksi yang memakan waktu dan memerlukan jumlah bahan baku yang banyak sering menghasilkan jumlah essential oil yang terbatas. Oleh karena itu, essential oil asli seringkali memiliki harga yang tinggi dan hanya digunakan dalam jumlah kecil sebagai campuran dalam berbagai produk.

Nuansa aromatik yang unik akan memberikan esensi karakteristik pada saat menghirup aroma minyak esensial.

Manfaat Kesehatan dari Minyak Atsiri atau Essential Oil

Pada dasarnya, ada beberapa manfaat kesehatan dari essential oil, antara lain:

Membantu Menjaga Kualitas Tidur

Salah satu manfaat baik dari essential oil adalah kemampuannya dalam membantu menjaga kualitas tidur kamu. Essential oil yang berasal dari lavender atau minyak lavender dan peppermint terbukti efektif dalam menginduksi tidur yang lebih nyenyak. Oleh karena itu, penggunaan aromaterapi yang menggunakan essential oil sangat direkomendasikan bagi mereka yang mengalami stres, insomnia, atau kecemasan berlebihan berkat manfaatnya.

Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Belum banyak yang menyadari bahwa manfaat essential oil juga dapat berperan dalam membantu menjaga daya tahan tubuh. Fungsi positif dari essential oil ini sangatlah vital dalam menjaga kesehatan, terutama mengingat besarnya tingkat polusi serta penurunan kualitas udara yang menjadi pemicu berbagai penyakit. Essential oil memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem pernapasan dan membantu meningkatkan produksi antibodi untuk menghadapi kondisi udara yang tidak sehat.

Membantu Meredakan Stres

Ternyata, terdapat manfaat lain yang dapat dirasakan dari essential oil bagi mereka yang sering mengalami sakit kepala. Studi menyebutkan jika essential oil dengan kandungan peppermint dapat dimanfaatkan untuk membantu meredakan gejala sakit kepala. Khasiat serupa juga dapat ditemukan pada jenis essential oil lain, seperti lavender. Pemanfaatan essential oil untuk meredakan sakit kepala lebih alami dan memiliki efek samping yang lebih minim jika dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan kimia.

Membantu Meredakan Pusing dan Sakit Kepala

Ternyata, terdapat manfaat lain yang dapat dirasakan dari essential oil bagi mereka yang sering mengalami sakit kepala. Essential oil peppermint dapat dimanfaatkan untuk meredakan gejala sakit kepala. Kebaikan serupa juga dapat ditemukan pada jenis essential oil lain, seperti lavender. Pemanfaatan essential oil untuk meredakan sakit kepala lebih alami dan memiliki efek samping yang lebih minim dan aman jika dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan kimia.

Membantu Meredakan Peradangan

Selain itu, essential oil memiliki kebaikan membantu meredakan peradangan. Essential oil juga telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi risiko terjadinya peradangan. Penelitian kesehatan lainnya bahkan menyebutkan bahwa essential oil memiliki kebaikan antimikroba dan antibiotik yang efektif dalam melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Dengan tubuh yang bebas dari mikroorganisme penyebab penyakit, kondisi peradangan dapat secara bertahap pulih dan kamu akan merasa lebih segar.

Rekomendasi Essential Oil yang Wajib Dicoba

essensial oil

Berikut adalah rekomendasi essential oil yang wajib untuk kamu coba.

Essential Oil Lavender

Dengan unsur alami linalyl asetat dan linalool, minyak esensial Lavender menjadi salah satu aroma yang paling terkenal di dunia karena memiliki aroma yang menenangkan. Berbagai produk, mulai dari lilin aromaterapi hingga krim wajah, menggunakan keharuman ini. Aroma lavender memiliki ciri khas, dengan harmonisasi sempurna antara kesegaran dan keharuman bunga. Ini memberikan efek menenangkan. Ada beberapa manfaat dari lavender, seperti

Relaksasi

Buat garam mandi yang menenangkan dengan mencampurkan empat tetes minyak esensial lavender Young Living ke dalam satu cangkir garam Epsom. Atau, campurkan jenis minyak atsiri ini dengan sedikit minyak pembawa untuk pijatan yang merilekskan.

Perawatan Tubuh

Tambahkan satu atau dua tetes minyak lavender Young Living ke dalam lotion, sampo, kondisioner, dan pelembab. Ini akan menambah manfaat pada produk kecantikan kamu.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengalami masalah tidur? Gunakan diffuser untuk menyebar minyak Lavender Young Living di dalam kamar kamu kemudian dihirup aromanya selagi terlelap, sehingga tidur menjadi lebih tenang. Ini akan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Thieves Essential Oil

Thieves adalah minyak esensial yang mengandung bahan-bahan seperti Eugenia caryophyllus, Citrus limon, Cinnamomum zeylanicum, Eucalyptus radiata, hingga Rosmarinus officinalis. Minyak ini menghasilkan aroma rempah segar dan hangat yang memberikan efek menenangkan. Keunggulannya mencakup:

Menyegarkan dan Menghangatkan Tubuh

Encerkan dan oleskan 1 tetes minyak esensial Thieves Young Living ke bagian telapak kaki kamu maupun anak Anda di pagi hari sebelum berangkat sekolah dan malam hari sebelum tidur, kemudian pijat dengan perlahan.

Menghilangkan Aroma Tidak Sedap

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial Thieves Young Living ke dalam mesin pencuci piring atau pada siklus bilasan akhir mesin cuci pakaian. Kamu juga bisa mencampurkan minyak esensial ini ke dalam sabun pencuci piring untuk membersihkan peralatan makan.

Ciptakan Suasana Damai

Tambahkan minyak esensial Thieves Young Living secukupnya ke dalam diffuser dan nikmati efek menenangkan yang memberikan sensasi perasaan damai dan rasa aman, serta mampu meningkatkan suasana hati.

Frankincense Essential Oil

Frankincense adalah salah satu minyak esensial yang perlu kamu coba! Aroma manis kayu yang dihasilkannya dapat mendukung kegiatan spiritual. Kamu bisa meraih ketenangan saat berdoa atau bermeditasi, membantu memusatkan pikiran kamu. Kebaikannya, antara lain:

Pendamping Meditasi atau Yoga

Sebarkan minyak esensial frankincense Young Living saat bermeditasi atau berlatih yoga. Aroma minyak esensial ini membantu menciptakan suasana yang menenangkan, membantu pikiran menjadi lebih fokus. Ini juga memiliki potensi untuk meredakan kecemasan, stres, dan memperbaiki suasana hati.

Pijat

Campurkan V-6 dalam satu telapak tangan dan teteskan beberapa tetes minyak esensial Frankincense Young Living. Lalu pijatkan pada bagian tubuh yang lelah untuk merasa lebih tenang.

Merawat Kecantikan Kulit Alami

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial Frankincense Young Living ke dalam pelembab atau krim malam favorit kamu untuk membantu menjaga kecantikan alami kulit.

Peppermint Essential Oil

Peppermint adalah salah satu komponen utama dalam campuran minyak esensial seperti PanAway, AromaEase, Deep Relief Roll-On, dan masih banyak lagi. Aroma segar peppermint harmonis dengan berbagai aroma lainnya, memberikan sensasi kesegaran saat bercampur dengan kulit. Manfaat-manfaatnya meliputi:

Pijatan Pasca Olahraga

Campurkan beberapa tetes minyak esensial Peppermint Young Living dengan V-6 Vegetable Oil Complex sebagai minyak pijat.

Penggunaan pada Diffuser

Gabungkan minyak esensial ini dengan minyak esensial Lavender dan Rosemary untuk menciptakan aroma yang menyegarkan. Menghirup aromanya secara perlahan dapat membantu meredakan pernapasan.

Meningkatkan Pengalaman saat Mandi

Gabungkan minyak esensial Peppermint dan Eucalyptus Radiata Young Living. Campurkan ke dalam air hangat saat mandi untuk menghirup uap aromatiknya.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan minyak esensial Peppermint Young Living ke dalam sampo untuk merasakan sensasi kesegaran di kulit kepala.

Menyegarkan Pembersih Wajah

Teteskan minyak esensial Peppermint Young Living pada kapas untuk memberikan aroma bersih yang menyegarkan saat membersihkan wajah.

Itulah Penjelasan singkat tentang essential oils, mulai dari pengertian, manfaat, hingga rekomendasinya.

Semua rekomendasi produk pilihan diatas, bisa kamu dibeli di Oils2Hope. Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan manfaatnya.

Baca juga: Manfaat Peppermint

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down