Ditulis Oleh by Stephanie pada Mei 28, 2024

Rekomendasi Essential Oil untuk Anak dan Tips Penggunaannya

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Essential oil pada saat ini menjadi salah satu bagian gaya hidup sehat bagi keluarga. Hal ini karena essential oil memiliki manfaat yang positif bagi tubuh. Tidak hanya itu, essential oil umumnya juga berasal dari berbagai bahan alami yang aman bagi tubuh.

Rekomendasi Essential Oil untuk Anak dan Tips Penggunaannya

Key Takeaways

  • Menggunakan essential oil untuk anak dan bayi perlu menggunakan minyak pengantar yang dipadukan dengan essential oil untuk mencegah terjadinya iritasi.
  • Lavender essential oil dapat membantu anak untuk tidur yang lebih nyenyak dan membantu mengurangi rasa gatal pada si kecil.
  • Lemon essential oil dapat membantu meningkatkan suasana hati si kecil sambil membantu memberikan rasa tenang sehingga dapat digunakan untuk menciptakan suasana yang bersemangat.

Namun, tahukah kamu kalau essential oil juga bisa digunakan untuk anak. Ada berbagai essential oil yang bisa kamu gunakan untuk membantu anak menjadi lebih nyaman, bahkan dapat digunakan untuk kulit bayi.

Pada kesempatan kali ini, Oils2Hope sebagai Young Living Essential Oil Enthusiast and Lifestyle Educator akan mengulas cara menggunakan essential oil yang aman for baby and kids dan rekomendasi essential oil bagi anak. Oleh karena itu, baca artikel ini sampai habis.

Tips Cara Penggunaan Essential Oil untuk Anak

Pada dasarnya, essential oil memang memberikan beragam kebaikan bagi tubuh. Namun, perlu diperhatikan kalau memberikan essential oil untuk anak dan bayi memerlukan perhatian khusus.

Hal ini karena kulit bayi dan anak itu sangat sensitif, ditambah dengan belum terbentuknya indera penciuman dari si baby secara sempurna. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah untuk memilih essential oil yang tepat untuk anak tanpa bahan kimia yang berbahaya.

Selain itu, menggunakan essential oil untuk bayi dan anak perlu menggunakan minyak pengantar yang dipadukan dengan essential oil untuk mencegah terjadinya iritasi.

Selanjutnya, kamu juga perlu untuk melihat label kemasan dari produk essential oil tersebut sebelumnya. Hal ini penting untuk melihat apa saja bahan dasar dari essential oil tersebut. Hindari essential oil yang mengandung alkohol dan wewangian sintetis agar anak terhindar dari iritasi kulit.

Selanjutnya, kamu juga perlu melakukan tes essential oil ke kulit anak terlebih dahulu. Oleskan sedikit essential oil yang sudah diencerkan dengan minyak pengencer ke area kulit anak. Kemudian tunggu hingga 24 jam untuk melihat apakah kulit yang dioleskan oleh essential oil tadi ada reaksi tertentu seperti alergi atau iritasi atau tidak bereaksi sama sekali.

Selanjutnya, kamu juga perlu mengoleskan sedikit demi sedikit essential oil yang sudah diencerkan ke kulit anak. Tentunya, ini berguna untuk menghindari iritasi akibat penggunaan essential oil secara berlebih.

Terakhir, ada beberapa essential oil yang perlu dihindari untuk diberikan kepada anak-anak. Pertama ada wintergreen essential oil atau minyak metil salisilat. Umum digunakan untuk membantu meredakan sakit nyeri, jenis essential oil ini dapat menyebabkan dampak negatif terhadap kulit sim kecil. Tidak hanya itu, minyak satu ini juga dapat berbahaya bagi anak jika secara tidak sengaja tertelan.

Itu tadi berbagai tips yang perlu diperhatikan saat menggunakan essential oil untuk anak. Tentunya, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahlinya terlebih dahulu sebelum menggunakan essential oil untuk anak dan mengetahui apa saja essential oil yang cocok bagi si kecil.

Jadi, pastikan untuk menggunakan essential oil yang aman dan nyaman untuk anak, ya.

Rekomendasi Minyak Esensial untuk Anak

Rekomendasi Minyak Esensial untuk Anak

Lalu, apa saja essential oil yang dapat digunakan untuk anak? Berikut adalah beberapa rekomendasi minyak esensial atau essential oil dari Oil2Hope, Young Living Essential Oil Enthusiast and Lifestyle Educator, yang bisa digunakan untuk anak-anak:

1. Lavender Essential Oil

Pertama ada lavender essential oil. Diekstrak dari tanaman bunga lavender, ternyata essential oil ini bisa digunakan untuk anak-anak. Selain dapat membantu menenangkan saat dihirup, essential oil lavender juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga pada anak.

Hal ini berkat kandungan linalool dan linalyl pada lavender essential oil yang dapat membantu meredakan rasa gatal. Selain itu, lavender essential oil juga dapat membantu anak agar dapat tidur dengan lebih nyenyak.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Alternative Complementary Medicine pada tahun 2015, ditemukan bahwa pengguna aromaterapi yang menghirup lavender essential oil bisa mendapatkan kebaikan seperti membantu meningkatkan kualitas tidur agar lebih nyenyak.

Kamu bisa menggunakan lavender essential oil dengan memberikan satu hingga dua tetes essential oil pada diffuser, atau mencampurkan lavender essential oil dengan minyak pembawa untuk kemudian dioleskan ke kulit anak.

2. Lemon Essential Oil

Rekomendasi essential oil selanjutnya yang bisa kamu gunakan pada anak adalah lemon essential oil. Diekstrak dari buah lemon yang terkenal, lemon essential oil memiliki aroma citrus yang segar dan ceria.

Pada penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Behavioral Brain Research pada tahun 2006, ditemukan bahwa lemon essential oil dapat membantu meningkatkan suasana hati sambil membantu memberikan rasa tenang sehingga dapat digunakan untuk menciptakan suasana yang bersemangat.

Untungnya, lemon essential oil juga umumnya aman digunakan secara topikal dan aromaterapi untuk bayi usia di atas 3 bulan. Sebaiknya gunakan lemon essential oil yang sudah didestilasi sehingga dapat digunakan dengan diffuser maupun secara topikal.

3. KidScents GeneYus Essential Oil

Selanjutnya ada KidScents GeneYus Essential Oil dari Young Living. GeneYus Essential Oil merupakan essential oil yang dibuat dari perpaduan antara cedarwood, palo santo, dan myrrh essential oil. 

Essential oil ini cocok untuk kamu gunakan jika ingin membuat si kecil dapat fokus dan berkonsentrasi saat belajar. Aroma earthy dari cedarwood dapat membantu si kecil berkonsentrasi ketika essential oil ini dihirup.

Kamu bisa menggunakan essential oil ini dengan diencerkan dengan minyak pembawa lalu diaplikasikan secara topikal di area kulit yang kering. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan essential oil ini dengan dihirup langsung secara perlahan untuk suasana yang lebih rileks.

4. Young Living DiGize Essential Oil

Rekomendasi essential oil dari Young Living selanjutnya untuk anak adalah Young Living DiGize. Young Living DiGize merupakan essential oil blend yang merupakan perpaduan dari berbagai essential oil, seperti Taragon Essential Oil, Ginger Essential Oil, Peppermint Essential Oil, Juniper Essential Oil, Lemongrass Essential Oil, Anise, dan Patchouli.

Dengan aroma yang eksotik dan spicy, DiGize memiliki aroma yang membantu memberikan suasana yang menenangkan saat digunakan di rumah. Tidak hanya itu, DiGize essential oil juga dapat digunakan untuk membantu perut si kecil agar terasa lebih nyaman.

Kamu bisa gunakan Young Living DiGize dengan dicampurkan minyak pembawa dan dioleskan ke perut untuk membantu memberikan sensasi hangat dan menenangkan pada perut si kecil.

5. KidScents Kidcare Essential Oil

Selanjutnya ada KidScents Kidcare Essential Oil dari Young Living. KidScents Kidcare Essential Oil merupakan essential oil blend yang terbuat dari perpaduan tea tree, elemi, dan clove essential oil.

Aroma yang dihasilkan dari KidScents Kidcare Essential Oil cocok bagi anak-anak yang merasa tidak tenang dan sedih. Hal ini karena aroma dari KidScents Kidcare Essential Oil dapat membantu memberikan nuansa yang rileks dan menenangkan. Ditambah, wangi dari tea tree yang dikenal memiliki aroma kalem cocok digunakan untuk anak-anak.

Itu tadi adalah penjelasan tentang beragam rekomendasi essential oil untuk anak yang bisa kamu gunakan. Sebelumnya, konsultasikan ke dokter atau pada ahlinya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah essential oil tersebut dapat digunakan pada si kecil. 

Tentunya, kamu bisa mendapatkan beragam produk essential oil di atas dan produk-produk lainnya yang bisa dibeli di Oils2Hope yang melayani pengiriman di seluruh Indonesia!

Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast and Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living dari D. Gary Young, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan kebaikannya. Untuk informasi produk diffuser dengan harga brand partner Young Living yang tersedia, klik pada tautan daftar brand partner di website kami.

Baca juga: Rekomendasi Essential Oil Aromaterapi untuk Keluarga

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down