Ditulis Oleh by Stephanie pada Februari 21, 2024

Rekomendasi Essential Oil untuk Batuk yang Bisa Membantu Meredakan Batuk

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Essential oil saat ini menjadi salah satu bagian dari gaya hidup. Essential oil sendiri dinilai memiliki berbagai kebaikan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi berbagai keluhan.

Biasanya, kita sudah familiar kalau essential oil sering digunakan sebagai aroma terapi. Dengan menghirup aroma dari tetes minyak essential oil, aromanya akan menyebar pada tubuh dan menyebarkan aroma positif yang menenangkan.

Key Takeaways

  • Ada berbagai jenis esential oil yang dapat digunakan untuk membantu meredakan batuk.
  • Umumnya, essential oil yang merupakan keluarga mint dapat membantu meredakan batuk.

Kita seringkali mengenal minyak kayu putih untuk membantu meredakan batuk. Namun, tahukah Kamu kalau beberapa essential oil juga dapat membantu meringankan batuk pilek? Dengan segala kebaikannya, artikel ini akan membahas apa saja pilihan rekomendasi essential oil yang bisa digunakan untuk batuk pilek

Sacred Frankincense Essential Oil

essential oil untuk batuk

Essential oil Sacred Frankincense dihasilkan dari memproses getah pohon frankincense Boswellia sacra melalui distilasi. Essential oil ini sangat cocok untuk menemanimu dalam sesi meditasi dan kegiatan spiritual lainnya. Sacred Frankincense juga dapat meningkatkan perasaan rileks dan ketenangan ketika dihirup atau dijadikan wewangian.

Minyak ini memiliki aroma lembut, kayu-kayuan, dan sedikit manis, serta mengandung zat alami yang disebut asam boswellic. Sebuah uji klinis pada tahun 2021 yang dipublikasikan di Inflammopharmacology menunjukkan efek formulasi ekstrak Boswellia yang diperkaya dengan asam boswellic dalam membantu meredakan gejala batuk.

Essential oil sacred frankincense dapat digunakan dalam aromaterapi untuk meredakan batuk dan pilek. Selain itu, minyak ini juga berfungsi sebagai nervine dan calmative untuk meningkatkan relaksasi saat Kamu istirahat dan pulih.

Eucalyptus Essential Oil

Salah satu essential oil terbaik untuk batuk dan pilek adalah Eucalyptus, yang memiliki tiga varian: Eucalyptus radiata, Eucalyptus globulus, dan Eucalyptus blue. Ketiga jenis ini umumnya digunakan dalam aromaterapi untuk membantu meredakan nyeri otot, pusing, batuk, dan pilek.

Komponen utama dalam minyak eucalyptus adalah cineole, juga dikenal sebagai eucalyptol. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Respiratory Research, pasien yang menerima cineole selama enam bulan mengalami peningkatan signifikan dalam perasaan mereka.

Essential oil Eucalyptus Globulus mengandung eucalyptol dengan kadar tertinggi, yaitu sekitar 80-90%. Ini menciptakan pengalaman bernapas yang menyegarkan ketika dihirup dan juga memberikan sensasi menenangkan dan hangat.

Lavender Essential Oil

Tahukah Kamu bahwa lavender masuk dalam keluarga mint dan merupakan salah satu essential oil yang paling populer? Diakui karena aromanya yang menenangkan dan manfaat baik untuk kulit, essential oil lavender juga menyediakan beberapa manfaat kesehatan yang mengejutkan.

Essential oil Lavender memiliki aroma bunga yang menenangkan dan dapat digunakan dengan cara dihirup maupun dioleskan langsung pada kulit. Direkomendasikan untuk digunakan dalam aromaterapi guna meningkatkan relaksasi dan membantu meredakan sakit kepala, batuk, dan pilek. Minyak serbaguna ini cocok digunakan dengan cara di-diffuse atau dicampur dan dioleskan pada tubuh saat waktu tidur untuk membantu menenangkan tubuh dan pikiranmu.

Rosemary Essential Oil

Essential oil Rosemary dihasilkan melalui distilasi uap dari tanaman Rosemary yang dapat tumbuh sepanjang tahun di iklim yang lebih hangat. Essential oil Rosemary bukan hanya untuk perawatan kulit dan rambut, tetapi juga dapat membantu saat Kamu merasa kurang enak badan. Seperti essential oil eucalyptus, minyak ini mengandung eucalyptol, senyawa yang dapat membantu meredakan batuk dan pilek.

Essential oil Rosemary dapat digunakan dengan cara dioleskan langsung pada kulit dan dihirup. Aromanya yang kompleks dengan nuansa kayu dapat menciptakan suasana yang menyegarkan dan memberikan kejernihan pikiran.

Tea Tree Essential Oil

rekomendasi essential oil untuk batuk

Essential oil Tea Tree, yang juga dikenal sebagai Melaleuca atau Melaleuca Alternifolia, merupakan salah satu essential oil yang paling umum digunakan dan telah banyak diteliti. Karena manfaatnya yang beragam, termasuk membantu membersihkan dan memberikan aroma segar.

Minyak ini juga dapat digunakan secara topikal atau dihirup untuk membantu mengurangi gejala batuk dan pilek. Untuk merasakan manfaatnya, encerkan satu tetes dengan minyak pembawa dan oleskan pada dadamu. Sebagai alternatif, tambahkan beberapa tetes essential oil ke difussermu dan hiruplah aroma bersih dan segar.

Peppermint Essential Oil

Essential oil Peppermint memberikan aroma yang menyejukkan. Essential oil ini dapat di-diffuse untuk menciptakan suasana yang segar dan membantu meningkatkan fokus. Kamu juga bisa menggunakannya secara langsung pada kulit untuk mendapatkan sensasi sejuk.

Dengan aroma herba yang segar, essential oil peppermint menciptakan pengalaman menyegarkan saat dihirup atau di-diffuse. Minyak ini juga dapat digunakan secara topikal dalam aromaterapi untuk membantu meredakan batuk dan pilek. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semprotan yang mengandung peppermint, eucalyptus globulus, rosemary, dan essential oil lainnya secara efektif mengurangi keparahan gejala pada pasien, termasuk batuk.

Cypress Essential Oil

Essential oil Cypress memiliki aroma yang murni dan alami, menciptakan suasana lingkungan yang menyegarkan. Minyak ini memberikan berbagai manfaat, salah satunya untuk kesehatan kulit, rambut, dan kulit kepala.

Dihasilkan melalui distilasi uap dari cabang pohon cypress, essential oil cypress memiliki aroma yang menyegarkan dan evergreen yang dapat membantu meredakan batuk dan pilek. Untuk menggunakannya dalam kompres yang menenangkan, encerkan 2 tetes dengan minyak pembawa dan tambahkan ke dalam botol air hangat. Kocok campuran tersebut untuk merata, lalu rendam kompresmu, peras kelebihan air sebelum mengaplikasikannya pada dahi. Sebagai alternatif, diffuse minyak cypress di ruanganmu untuk pengalaman aromatik yang menyegarkan.

Thyme Essential oil

Asalnya dari wilayah Mediterania di Eropa Selatan, Thyme adalah semak cemara berkayu yang termasuk dalam keluarga mint dan telah lama digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan.

Thyme mengandung thymol, senyawa yang dapat membantu mengurangi batuk, seperti yang ditemukan dalam penelitian tahun 2013 yang dipublikasikan di European Respiratory Journal. Diffuse essential oil Thyme di rumah atau gunakan secara topikal dengan pengenceran untuk menikmati aroma hangat, pedas, dan herbal yang memberikan bantuan alami dari gejala batuk dan pilek.

Cara Membantu Meredakan Batuk Pilek dan Mengatasi Tenggorokan yang Gatal dengan Essential Oil

Sebelum menggunakan essential oil sebagai pereda batuk, masalah pernapasan penyebab batuk, dan flu, pastikan untuk membaca informasi keamanan yang tertera di label. Jika Kamu sedang hamil, menyusui, mengonsumsi obat, atau Kamu maupun anak dengan memiliki kondisi medis tertentu, kami sarankan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan.

Dan ingat, gunakan secukupnya saja! Jika Kamu mengoleskan essential oil pada kulit, lakukan uji coba terlebih dahulu dengan mengencerkan 1 tetes dengan minyak pembawa dan mengoleskannya di bagian bawah lenganmu.

Temukan Essential Oil Favoritemu di Oils2Hope

Kamu bisa temukan berbagai produk Young Living di Oils2Hope. Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan manfaatnya. Silakan follow Instagram Oils2Hope dan temukan tips lain seputar minyak esensial.

Baca juga: 6 Alasan Kamu Harus Mencoba NingXia Young Living

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down