Ditulis Oleh by Stephanie pada Juni 24, 2024

Kebaikan Frankincense Essential Oil untuk Relaksasi dan Tubuh

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Pada saat ini, ada banyak jenis essential oil yang beredar di pasaran. Hal ini karena essential oil sendiri menjadi populer berkat kebaikan yang dimiliki. Tidak hanya itu, essential oil juga memiliki aroma yang menarik dan dapat meningkatkan suasana di rumah.

Kebaikan Frankincense Essential Oil untuk Relaksasi dan Tubuh

Key Takeaways

  • Frankincense essential oil merupakan essential oil yang terbuat dari kemenyan dengan mengambil dari getah pohon Boswellia carterii yang dapat ditemui di daratan Afrika.
  • Frankincense essential oil sendiri memiliki aroma woody dan manis seperti madu, ditambah dengan aroma earthy, warm, dan sedikit citrus yang menenangkan. 
  • Frankincense essential oil dapat membantu meredakan stres dan merawat kesehatan kulit wajah agar tetap terjaga dan awet muda.

Ada berbagai essential oil dengan aroma yang beragam. Salah satu essential oil yang populer digunakan adalah frankincense essential oil. Essential oil yang terbuat dari minyak kemenyan ini ternyata menyimpan pesonanya sendiri yang menarik minat para pecinta essential oil.

Oils2Hope sebagai Your Young Living Essential Oil Enthusiast and the Lifestyle Educator for Everyone akan mengenalkan kepadamu segala kebaikan dan manfaat dari Frankincense essential oil yang dapat dirasakan untuk tubuh dan jiwamu. Jadi, pastikan untuk baca artikel ini.

Apa Itu Frankincense Essential Oil

Apa sebenarnya Frankincense essential oil itu? Frankincense essential oil merupakan essential oil yang terbuat dari kemenyan. Kemenyan ini diproduksi dengan mengambil dari getah pohon Boswellia carterii yang dapat ditemui di daratan Afrika.

Frankincense sendiri sudah dipercaya sejak ribuan tahun yang lalu sebagai minyak suci yang digunakan dalam berbagai ritual keagamaan. Tidak hanya itu, frankincense juga sudah dipercaya ribuan tahun untuk membantu membangkitkan suasana spiritual dan membantu merawat kesehatan kulit wajah.

Frankincense essential oil sendiri memiliki aroma woody dan manis seperti madu, ditambah dengan aroma earthy, warm, dan sedikit citrus yang menenangkan. Tidak mengherankan jika frankincense essential oil sendiri juga dapat memberikan nuansa yang menenangkan bagi para penggunanya. Oleh karena itu, frankincense essential oil menjadi salah satu essential oil yang populer. 

Frankincense essential oil diproduksi dengan mendistilasi getah pohon Boswellia carterii yang umum ditemui di Oman, Yaman, dan Somalia. Namun jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan keajaiban dari aroma frankincense essential oil dengan mudah tanpa harus ke Afrika.

Di India sendiri, frankincense essential oil sering dikenal sebagai Olibanum, yang mana umum digunakan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh sejak turun temurun di India. Kini, frankincense essential oil juga umum digunakan sebagai salah satu bahan untuk produk kosmetik dan kecantikan.

Baca juga: Pesona Sacred Mountain Young Living yang Kaya Aroma Menenangkan

Kebaikan Frankincense Essential Oil yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut adalah beberapa kebaikan frankincense dari frankincense essential oil yang perlu kamu ketahui.

Kebaikan Frankincense Essential Oil yang Perlu Kamu Ketahui

1. Membantu Meredakan Stres

Kebaikan pertama yang dapat dirasakan dari menggunakan frankincense essential oil adalah untuk membantu meredakan rasa stres dan emosi negatif yang ada di dalam pikiran.

Aroma yang dihasilkan oleh frankincense essential oil adalah aroma yang harum, perpaduan antara aroma woody, earthy,dan manis. Aroma tersebut cocok untuk membantu meredakan rasa stres dan cemas saat dihirup.

Tidak heran jika saat menghirup frankincense essential oil, kamu dapat merasa tenang dan menciptakan suasana yang rileks dan tenang. Oleh karena itu, frankincense essential oil sering digunakan sebagai aromaterapi untuk membantu meredakan rasa stres serta membantu meredakan rasa cemas di dalam pikiran.

2. Berfungsi Sebagai Anti-Inflamasi

Selanjutnya, frankincense essential oil juga dapat membantu meredakan rasa nyeri karena bersifat sebagai anti-inflamasi. Frankincense sendiri sudah dipercaya secara turun temurun sebagai bagian dari pemulihan herbal untuk membantu melawan rasa nyeri.

Oleh karena itu, frankincense essential oil juga dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri di tubuh. Menurut WebMD, ada penelitian yang menemukan jika frankincense dapat menghentikan produksi elemen di dalam tubuh yang dapat menyebabkan inflamasi pada tubuh.

Kamu bisa menggunakan frankincense essential oil yang telah dilarutkan bersama V-6 Vegetable Oil untuk kemudian dioleskan ke kulit. Tentunya, frankincense essential oil masih memiliki banyak kebaikan lain yang akan kita bahas selanjutnya.

3. Memiliki Potensi untuk Membantu Merawat Tubuh Hingga Tua

Selanjutnya, ternyata frankincense essential oil juga memiliki potensi untuk membantu merawat tubuh kita dari dalam sehingga menjadi lebih sehat saat di hari tua. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Frontiers in Pharmacology, boswellic acid yang terkandung dalam frankincense essential oil kebaikan dapat berpotensi membantu mencegah sel berbahaya menyebar ke dalam tubuh.

Dalam penelitian tersebut, frankincense memiliki potensi untuk membantu mencegah menyebarnya beberapa sel negatif dalam tubuh. Namun, potensinya sendiri masih diuji secara lebih lanjut. 

Oleh karena itu, kami merekomendasikan kamu untuk berkonsultasi kepada dokter terkait bagaimana hubungan antara frankincense essential oil dan keterkaitannya dengan membantu menjaga tubuh lebih baik terlebih dahulu. Ini penting untuk memastikan agar perawatan yang dilakukan aman untuk kamu.

4. Membantu Merawat Kulit Agar Awet Muda

Frankincense dalam frankincense essential oil ternyata memiliki kebaikan yang dapat membantu menjaga dan merawat kulitmu juga. Minyak kemenyan dari frankincense sudah dipercaya sejak dulu untuk membantu menjaga kecantikan wajah dan kulit agar tetap awet muda.

Frankincense essential oil bahkan dapat membantu kamu untuk menjaga wajah agar tetap awet muda. Hal ini karena kandungan yang ada di dalam frankincense essential oil dapat membantu untuk mencegah kulit dari paparan radiasi ultraviolet (UV) yang ada dari sinar matahari.

Tidak hanya itu, frankincense essential oil juga dapat membantu kamu untuk menjaga kilau alami kulit dan membantu menjaga warna kulit tampak merata. Bahkan, frankincense essential oil juga dapat membantu kamu untuk memudarkan noda gelap di wajah, menjaga elastisitas kulit, hingga membantu mengurangi bekas luka dan jerawat.

frankincense essential oil dapat Membantu Merawat Kulit Agar Awet Muda

5. Membantu Meredakan Arthritis

Ternyata, frankincense oil juga memiliki potensi untuk membantu meredakan radang seperti arthritis. Arthritis sendiri dapat terjadi karena adanya radang di sendi, seperti jari, lutut, dan kaki akibat leukotriene.

Dalam frankincense oil, terdapat kandungan Terpene dan asam boswellic yang dapat berfungsi membantu sebagai anti radang terkuat dalam frankincense essential oil.

Selain itu, frankincense juga dapat membantu mencegah pelepasan leukotriene yang menjadi penyebab terjadinya peradangan pada sendi.

Oleh karena itu, frankincense essential oil saat dilarutkan dengan V-6 Vegetable Oil dapat digunakan sebagai minyak gosok dengan fungsi anti radang yang dapat membantu meredakan rasa peradangan pada sendi akibat arthritis, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Dari artikel yang sama yang dilansir oleh WebMD, menyebutkan bahwa ada penelitian yang meneliti jika ekstrak frankincense secara rutin dapat membantu meredakan rasa radang dan nyeri di sendi. Ini dapat membantu mereka untuk dapat bergerak secara bebas.

6. Membantu Bernafas menjadi Lebih Lega

Tidak hanya arthritis, frankincense ternyata dipercaya dapat membantu untuk membuat nafas menjadi lebih lega. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, frankincense mengandung berbagai kandungan yang dapat mencegah leukotriene.

Ternyata, leukotriene ini juga dapat menyebabkan otot-otot bronkus pada tenggorokan menjadi mengerut pada orang-orang yang memiliki kendala dalam bernafas.

Oleh karena itu dengan adanya frankincense yang dapat mencegah terbentuknya leukotriene, ini memiliki potensi untuk dapat mengurangi gejala yang tidak nyaman pada saluran pernapasan.

Salah satu penelitian dari Italia bahkan menyebutkan jika frankincense dapat membantu merawat orang-orang yang memiliki kendala dalam bernafas untuk dapat bernafas lebih lancar.

Tentunya penggunaan frankincense perlu dikombinasikan dengan jenis perawatan lainnya. Selain itu, penggunaan frankincense perlu dikonsultasikan terlebih dahulu terkait kecocokannya dengan jenis perawatan yang sedang dijalani saat ini.

7. Membantu Menjaga Kesehatan Mulut

Selanjutnya, frankincense ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Asam boswellic yang terkandung di dalam frankincense memiliki sifat antibakteri yang positif.

Maka dari itu, frankincense essential oil dipercaya dapat membantu mengatasi dan mencegah infeksi di dalam mulut yang menyebabkan nafas tidak bau sedap, nyeri pada gigi, hingga gigi berlubang.

Tidak hanya itu, asam boswellic yang ada di dalam frankincense juga dapat membantu mencegah sariawan berkat sifat antibakterinya yang kuat.

Meskipun begitu, penggunaan frankincense untuk menjaga kesehatan mulut tentunya masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan konsistensi hasilnya. Selain itu, perlu diperhatikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter agar tidak salah pakai. Pastikan juga untuk menggunakan frankincense essential oil yang aman bagi tubuh.

Baca juga: Manfaat Goldenrod Essential Oil Young Living yang Perlu Kamu Ketahui

---

Itu tadi penjelasan terkait kebaikan dari frankincense. Tentunya, kamu bisa mendapatkan segala kebaikan dari Frankincense Essential Oil Young Living hanya di Oils2Hope.

Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast and Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living dari D. Gary Young, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan kebaikannya. Untuk informasi produk diffuser dengan harga brand partner Young Living yang tersedia, klik pada tautan daftar brand partner di link berikut ini.

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down