Ditulis Oleh by Stephanie pada Mei 31, 2024

Mengenal Jasmine Essential Oil dan Segala Kebaikannya

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Saat ini, menggunakan essential oil sebagai bagian dari gaya hidup sedang digandrungi oleh banyak orang. Hal ini karena essential oil dapat memberikan nuansa ketenangan dengan aromanya yang nikmat. Tidak hanya itu, essential oil juga memiliki kebaikan yang dapat dirasakan bagi tubuh dan pikiran.

Key Takeaways

  • Jasmine essential oil merupakan essential oil yang diekstrak dari tanaman melati atau Jasminum Officinale atau Jasminum Sambac.
  • Jasmine essential oil dipercaya memiliki kebaikan untuk membantu merawat kesehatan kulit, membantu meredakan stress, hingga membantu memulihkan bekas luka. 

Salah satu jenis essential oil yang digemari oleh banyak orang adalah jasmine essential oil. Jasmine essential oil disukai oleh banyak penggemar essential oil karena memiliki wangi dan aroma floral yang menenangkan. Tidak hanya itu, essential oil jasmine ternyata juga digemari karena beragam kebaikannya.

Lalu, apa saja kebaikan dari jasmine essential oil? Kami, Oils2Hope, sebagai Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator yang sudah berpengalaman dalam dunia essential oil bertahun-tahun, akan mengenalkan kepada kamu apa itu jasmine essential oil dan apa saja kebaikannya bagi tubuh dan pikiran. Baca artikel ini sampai habis!

Apa Itu Jasmine Essential Oil?

Jasmine essential oil merupakan essential oil yang diekstrak dari tanaman melati atau Jasminum Officinale atau Jasminum Sambac. Bunga melati ini dapat ditemui dengan mudah di negara dengan cuaca tropis seperti Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Menurut kami, proses ekstraksi dari bunga melati untuk menjadi jasmine essential oil juga berbeda dibandingkan tanaman lainnya. Proses ekstraksi ini memakan waktu lebih lama.

Ekstraksi dilakukan dengan proses enfleurage, yang mana melibatkan penempatan bunga melati di atas lapisan lemak yang tidak berbau. Hal ini memungkinkan minyak diserap dari waktu ke waktu. Kemudian, minyak dipisah dari lemak menggunakan pelarut, sehingga menghasilkan minyak melati yang murni dan pekat.

Apa Saja Manfaat dari Jasmine Essential Oil?

Apa Saja Manfaat dari Jasmine Essential Oil?

Lalu, apa saja manfaat yang bisa dirasakan dari menggunakan jasmine essential oil? Berikut adalah sedikit penjelasan dari kami mengenai berbagai kebaikan dari essential oil satu ini.

1. Membantu Meredakan Stress

Pertama, jasmine essential oil ternyata dikenal bisa membantu meredakan pikiran yang berat atau stress. Penelitian dari jurnal Natural Product Communications di tahun 2020 menemukan jika essential oil jasmine dapat memengaruhi perilaku dan menstimulasi penggunanya agar lebih waspada. Selain itu, penelitian tersebut juga menemukan bahwa jasmine essential oil dapat membantu meningkatkan suasana hati dari rasa stress.

Oleh karena itu, penggunaan jasmine essential oil di rumah ternyata juga dapat membantu memberikan nuansa yang positif bagi pikiran.

2. Membantu Memberantas Bakteri

Ternyata, jasmine essential oil juga dapat membantu memberantas bakteri yang ada di tubuh dan kulit. Dari penelitian yang diterbitkan oleh Indian Journal of Pharmaceutical Sciences menunjukkan jika jasmine essential oil dapat membantu melawan bakteri E. coli.

Hal ini dapat membuat jasmine essential oil dapat membantu kamu dalam melawan dan mencegah infeksi serta membantu meningkatkan perawatan kesehatan pada diri kamu.

3. Membantu Mempercepat Regenerasi Kulit Bekas Luka

Tidak hanya membantu melawan bakteri, essential oil juga dapat membantu proses pemulihan luka pada kulit. Sebelumnya kita mengetahui bahwa jasmine essential oil juga bersifat antiseptik untuk mencegah dan membantu melawan infeksi.

Selain itu, jasmine essential oil juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu perawatan kulit dan bekas luka. Menurut jurnal Avicenna Journal of Phytomedicine, kami menemukan jika ekstrak dari tanaman melati juga dapat membantu mempercepat proses pemulihan bekas luka yang kronis dan membantu meningkatkan pembentukan pembuluh darah baru.

4. Membantu Menjaga Kecantikan Kulit

Terakhir, jasmine essential oil juga ternyata dapat membantu menjaga kecantikan kulit. Hal ini berkat sifatnya yang dapat membantu melawan dan mencegah bakteri pada kulit serta meregenerasi bekas luka.

Lewat manfaat tersebut, jasmine essential oil dapat membantu kamu dalam merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menambahkan jasmine essential oil pada produk perawatan kulit.

Itu tadi adalah beberapa kebaikan dari jasmine essential oil yang bisa kamu dapatkan. Tentunya, kamu bisa mendapatkan jasmine essential oil dan produk-produk lainnya hanya di Oils2Hope!

Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan kebaikannya. Untuk informasi produk diffuser dengan harga brand partner Young Living yang tersedia, klik pada tautan daftar brand partner di link berikut ini.

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down