Ditulis Oleh by Stephanie pada Mei 30, 2024

7 Kebaikan dari Lemongrass Essential Oil yang Perlu Kamu Ketahui

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Salah satu produk essential oil yang sering ditemui adalah lemongrass essential oil. Produk lemongrass essential oil ini sendiri bisa kamu temui di marketplace, salah satunya adalah dari Young Living.

7 Kebaikan dari Lemongrass Essential Oil yang Perlu Kamu Ketahui

Key Takeaways

  • Lemongrass essential oil diekstrak dari daun dan batang tanaman serai. 
  • Lemongrass essential oil memiliki manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Lalu, kenapa lemongrass essential oil banyak digemari oleh penikmat essential oil? Pada kesempatan kali ini, Oils2Hope sebagai Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator yang sudah berpengalaman dalam dunia essential oil selama bertahun-tahun akan memberitahu kamu apa saja kebaikan yang bisa dirasakan dari penggunaan lemongrass essential oil. Jadi, baca konten ini sampai habis!

Apa Itu Lemongrass Essential Oil

Lemongrass, cymbopogon atau serai merupakan tanaman tropis yang dikenal dan digunakan secara luas sebagai bahan penyedap makanan dan tanaman herbal yang utama. Sedangkan, lemongrass essential oil sendiri diekstrak dari daun dan batang tanaman serai. 

Lemongrass essential oil sendiri dikenal memiliki aroma citrus yang cukup kuat bak lemon dan umum ditemui di produk sabun, air spray, dan produk perawatan.

Tidak hanya itu, lemongrass essential oil juga mengandung senyawa yang bernama citral. Senyawa ini bersifat anti mikroba sehingga dapat membantu menekan pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur dan bakteri. Selain itu, lemongrass essential oil juga mengandung senyawa limonene yang dapat membantu meredakan peradangan.

Di sisi lain, lemongrass essential oil juga dikenal sebagai salah satu aromaterapi yang dapat membantu meredakan rasa stres dan depresi.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika lemongrass essential oil menjadi salah satu produk essential oil favorit banyak orang.

Menurut kami sebagai spesialis di bidang essential oil, kamu bisa menggunakan lemongrass essential oil dengan dilarutkan bersama carrier oil dan dioleskan secara topikal ataupun menggunakan diffuser.

Baca juga: Manfaat Goldenrod Essential Oil Young Living yang Perlu Kamu Ketahui

Apa Saja Kebaikan dari Lemongrass Essential Oil

Apa Saja Kebaikan dari Lemongrass Essential Oil

Apa saja manfaat yang bisa dirasakan dari menggunakan lemongrass essential oil? Berikut berbagai kebaikan dan manfaat dari lemongrass essential oil untuk kamu.

1. Membantu Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Pertama, lemongrass essential oil dapat membantu kamu untuk mengecilkan pori-pori yang ada di kulit. Apabila kamu membiarkan pori-pori kulit membesar, maka wajah akan menjadi mudah berminyak dan bermasalah hingga kulit terasa kasar.

Lemongrass essential oil dapat membantu kamu dalam mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi minyak pada wajah. Kamu bisa menggunakan lemongrass essential oil sebagai toner dan bisa kamu campurkan dengan bahan lain yang dapat mengimbangi lemongrass oil. Namun, kamu perlu menguraikan essential oil ini terlebih dahulu agar tidak mengalami iritasi.

2. Membantu Melawan Infeksi Bakteri Pada Kulit

Salah satu kebaikan lain yang bisa dirasakan dari menggunakan lemongrass essential oil adalah dapat membantu melawan infeksi bakteri pada kulit.

Segala keluhan yang ada di kulit dapat disebabkan juga oleh adanya infeksi bakteri. Di sini, lemongrass essential oil dapat membantu kamu dalam melawan infeksi bakteri pada kulit karena bekerja sebagai anti mikroba alami.

Penelitian dari Naik, dkk pada tahun 2010 dalam jurnal Asian Pasific Journal of Tropical Medicine menyebutkan jika lemongrass essential oil dapat efektif membantu memberantas berbagai bakteri yang dapat menyebabkan infeksi kulit.

3. Membantu Meredakan Jerawat

Selanjutnya, lemongrass essential oil juga dapat berguna membantu penggunanya dalam meredakan jerawat. Jerawat merupakan masalah yang sering dialami oleh kulit wajah akibat bakteri, minyak berlebih, hingga bakteri.

Lemongrass essential oil nantinya dapat membantu kamu dalam mengatasi jerawat lewat kandungan citral yang ada di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, kandungan citral dalam serai sendiri bersifat anti mikroba sehingga dapat membantu mencegah bakteri penyebab jerawat pada kulit.

4. Membantu Mencegah Jamur pada Kulit

Selain itu, kami juga melihat bahwa lemongrass essential oil juga dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur pada kulit. Jamur sendiri dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit, seperti beruntusan dan panu.

Menurut kami yang dilansir dari Medical News Today, lemongrass essential oil dapat membantu kamu dalam meredakan dan mencegah infeksi jamur pada kulit. Bahkan, lemongrass essential oil juga bisa kamu manfaatkan untuk membantu meredakan rasa gatal yang ada akibat jamur pada kulit.

5. Membantu Meredakan Gejala Peredangan

Peradangan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan lemongrass essential oil untuk membantu meredakan gejala peradangan.

Menurut Oils2Hope dilansir dari Dilansir dari Verywell Health, lemongrass essential oil mengandung senyawa citral yang memiliki sifat anti-radang. Tentunya ini dapat membantu kamu dalam meredakan dan menenangkan segala gejala radang yang ada pada kulit.

6. Membantu Meredakan Stress

Ternyata, lemongrass essential oil juga dapat membantu meredakan rasa stress dan cemas. Kita sudah mengenal bahwa aromaterapi dapat membantu menenangkan dari rasa stress, ternyata lemongrass essential oil juga dapat digunakan sebagai aromaterapi.

Penelitian pada tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal J Health Research menyebutkan jika lemongrass essential oil yang dilarutkan dan dijadikan minyak pijat dapat membantu merasakan tekanan darah lebih rendah dan membantu meredakan rasa stress pada pikiran.

Itu tadi adalah beberapa kebaikan dari lemongrass essential oil yang bisa kamu dapatkan. Tentunya, kamu bisa mendapatkan lemongrass essential oil dan produk-produk lainnya hanya di Oils2Hope!

Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast and Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan kebaikannya. Untuk informasi produk diffuser dengan harga brand partner Young Living yang tersedia, klik pada tautan daftar brand partner di website kami.

Baca juga: Mengenal Young Living Starter Kit untuk Gaya Hidup Sehat

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down