Ditulis Oleh by Stephanie pada Juni 22, 2023

Kenali 7 Manfaat Fennel Young Living Essential Oil yang Baik untuk Kamu

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Saat ini, penggunaan minyak atsiri atau essential oil sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Hal ini karena penggunan essential oil dapat memberikan banyak fungsi dan manfaat bagi kesehatan dan gaya hidup. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan produk essential oil untuk mendukung gaya hidup sehat dan alami yang dijalani.

Key Takeaways

  • Fennel Essential Oil berasal dari biji tanaman adas yang telah dihancurkan dan kemudian dihasilkan melalui proses distilasi.
  • Fennel Essential Oil memiliki berbagai manfaat untuk aromaterapi, kesehatan pencernaan, dan kesehatan kulit.

Salah satu produk essential oil yang dapat membantu memberikan kebaikan bagi tubuh adalah Fennel Essential Oil Young Living. Baik digunakan dengan carrier oil atau diteteskan ke diffuser, Fennel Essentil Oil menjadi salah satu primadona yang memiliki banyak kegunaan aromaterapi berkat aroma rempahnya.

Mau tahu apa saja manfaat dari Fennel Essential Oil? Artikel ini akan mengulas 7 manfaat yang bisa Kamu dapatkan dari Fennel Essential Oil, baca artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Fennel Essential Oil

Fennel Essential Oil berasal dari biji tanaman adas manis yang telah dihancurkan dan kemudian dihasilkan melalui proses distilasi. Tanaman herbal ini tumbuh di Eropa Selatan dan Asia, namun kini telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia. Biji dan minyak adas sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan, bahan pembuatan sabun, lilin, dan parfum.

Rasa adas memiliki kesamaan dengan rasa black licorice. Meskipun tidak semua orang menyukai rasanya, Kamu masih dapat merasakan manfaat adas melalui penggunaan minyak esensial adas.

Minyak adas diproduksi melalui proses distilasi uap biji tanaman (seed oil) adas atau fennel (Foeniculum vulgare). Minyak adas umumnya digunakan untuk memberikan aroma yang sedap. Selain itu, minyak esensial adas juga dikenal karena dapat membantu menjaga kondisi pencernaan.

Selain manfaatnya bagi pencernaan, Fennel Essential Oil juga dapat membantu mengurangi kejang pada usus, membantu mencegah pembentukan gas dan kembung, memiliki efek detoksifikasi dan membersihkan, bersifat ekspektoran, memiliki sifat pencahar alami, dan bahkan memberikan efek segar pada mulut.

Manfaat Fennel Essential Oil Young Living

fennel essential oil young living

Memberikan Sensasi yang Meningkatkan Mood dan Hangat

Fennel Essential Oil sering dimanfaatkan dalam aromaterapi karena memiliki aroma yang manis dan hangat. Aroma Fennel Essential Oil yang mirip dengan licorice atau tumbuhan akar manis memberikan energi dan menciptakan keseimbangan dalam aroma. Selain itu, Fennel Essential Oil juga memiliki efek yang hangat yang dapat meningkatkan suasana hati.

Membantu Mencegah dan Mengurangi Kejang Usus pada Pencernaan

Kejang pada usus dapat mengganggu kesehatan secara signifikan. Minyak Atsiri Adas (Fennel Essential Oil) memiliki efek relaksasi pada tubuh, termasuk pada otot-otot di area usus. Efek relaksasi ini dapat membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan kejang pada otot usus.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pediatri di Akademi Medis Pasca Doktoral St. Petersburg di Rusia, Fennel Essential Oil dapat membantu mengurangi kejang pada usus dan meningkatkan pergerakan sel di usus kecil bayi, terutama pada bayi yang mengalami kolik. Penggunaan emulsi Fennel Essential Oil diketahui dapat mengurangi kolik pada 65% anak bayi berdasarkan kriteria Wessel, dibandingkan dengan hanya 23,7% pada kelompok kontrol.

Temuan ini juga telah dipublikasikan dalam jurnal Alternate Therapies in Health and Medicine, yang mencatat adanya perbaikan dalam hal intensitas kolik pada kelompok yang diberi perlakuan, sehingga dapat disimpulkan bahwa Fennel Essential Oil membantu mengurangi keparahan kolik pada bayi.

Membantu Meredakan Luka dari Infeksi

Sebuah penelitian telah dilakukan untuk memahami pengaruh Fennel Essential Oil terhadap infeksi bakteri, khususnya pada payudara hewan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Fennel Essential Oil menunjukkan aktivitas antibakteri.

Lebih lanjut, Fennel Essential Oil juga mengandung senyawa-senyawa tertentu yang membantu melindungi luka dari infeksi. Selain membantu mencegah infeksi, Fennel Essential Oil juga memiliki kemampuan dalam membantu mempercepat penyamaran bekas luka. Jadi, jika Kamu sedang mencari cara alami untuk meredakan luka, Fennel Essential Oil dapat menjadi pilihan yang baik.

Memiliki Sifat Antioksidan dan Antimikroba

Fennel Essential Oil mengandung senyawa antioksidan yang tinggi serta memiliki sifat antimikroba. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Flavour and Fragrance Journal terkait pengujian aktivitas Fennel Essential Oil. Analisis menunjukkan adanya sekitar 23 senyawa dengan kandungan fenolik dan bioflavonoid yang tinggi.

Hal ini menandakan bahwa Fennel Essential Oil memiliki kemampuan untuk membantu mereparasi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan juga memiliki aktivitas antimikroba yang dapat membantu menekan beberapa jenis bakteri dan jamur patogen.

Membantu Meredakan Sembelit

Fennel Essential Oil meliputi kemampuannya dalam membantu membersihkan perut, meredakan sembelit, serta mengatasi masalah gas dan kembung. Selain itu, Fennel Essential Oil juga membantu mencegah terbentuknya lebih banyak gas di dalam perut.

Bagi Kamu yang mengalami masalah gas kronis, Fennel Essential Oil dapat memberikan bantuan yang diinginkan. Kamu dapat mengoleskan beberapa tetes Fennel Essential Oil dan melakukan pijatan ringan di area perut untuk merasakan aroma yang menenangkan serta membantu meredakan gas dan rasa sembelit pada perut.

Membantu Mengurangi Masalah Pencernaan Serta Sakit Perut

Manfaat Fennel Essential Oil terletak pada kemampuannya yang mudah menguap, sehingga memberikan bantuan dengan cepat. Fennel Essential Oil ini dapat membantu meredakan gas, kembung, sembelit, dan bahkan diare.

Apabila Kamu ingin mengatasi masalah pencernaan, Kamu dapat mengoleskan beberapa tetes Fennel Essential Oil yang telah dicampur dengan carrier oil ke perut dengan melakukan pijatan ringan. Hal ini akan memberikan pengalaman aromatik yang menenangkan dan membantu meredakan gejala-gejala tersebut.

Itu tadi pembahasan tentang manfaat dari Fennel Essential Oil yang perlu Kamu ketahui. Nah, jika Kamu merasa terbantu dengan informasi ini. Silahkan follow Instagram Oils2Hope dan temukan tips lain seputar kesehatan.

Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan kebaikannya.

Baca juga: Essential Oil Purification Young Living

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down