Ditulis Oleh by Stephanie pada Agustus 15, 2023

Manfaat Mineral Oil dalam Produk Kosmetik dan Apakah Aman Digunakan

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Apakah kamu sering memperhatikan bahan-bahan terkandung dalam perawatan kulit atau produk perawatan? Apakah di antara bahan-bahan tersebut terdapat minyak mineral atau mineral oil?

Konon, mineral oil—yang merupakan salah satu varian minyak yang paling umum digunakan dalam produk perawatan kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan menyebabkan wajah tampak lebih menua dengan cepat.

Key Takeaways

  • Mineral oil memiliki sifat yang tanpa aroma, tidak berwarna, tidak mudah teroksidasi, dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.
  • Mineral oil yang dimurnikan menjadi cosmetic-grade pada dasarnya masih aman untuk sel kulit.

Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut, bagaimana jika kita menggali lebih dalam untuk mengetahui esensi sebenarnya dari mineral oil ini. Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang mineral oil yang sering dianggap sama bahayanya dengan parafin. Pastikan baca artikel ini sampai tuntas.

Apa Itu Minyak Mineral

Minyak mineral, juga dikenal sebagai mineral oil, merupakan hasil turunan dari petroleum, atau jenis minyak yang umumnya dikenal sebagai minyak bumi. Mineral oil memiliki sifat yang tanpa aroma maupun berbau, tidak berwarna, tidak mudah teroksidasi, dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Anda biasanya menjumpainya dalam komposisi produk krim, lotion cair, skincare, perawatan untuk bibir dan kuku, salep kulit dan mata, serta beberapa ragam produk kosmetik kecantikan lainnya. Fungsinya untuk mengurangi pelepasan air di kulit dan menjaga kelembabannya

Bahan ini telah dimanfaatkan selama lebih dari satu abad sebagai komponen kosmetik, produk perawatan kulit, bahkan dalam produk perawatan bayi karena perannya yang mengunci kelembaban kulit, berperan sebagai agen pelembab, serta zat pelarut. Ragam mineral oil yang paling umum diaplikasikan dalam produk kosmetik, daftar ragamnya antara lain liquid paraffin, paraffin, white mineral oil dan petrolatum.

Apakah Mineral Oil aman Digunakan?

mineral oil

Ada beberapa perdebatan terkait apakah mineral oil aman digunakan. Penggunaan mineral oil dalam bidang kosmetik masih tetap menjadi perdebatan yang mengemuka. Minyak mineral dikritik karena mengandung zat karsinogen yang mampu memicu kulit menjadi kering, proses penuaan dini, dan meningkatkan risiko terkena kanker.

Namun, dalam kenyataannya, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengizinkan penggunaan minyak mineral sebagai bahan aktif dalam produk obat dan produk perawatan kulit. Pernyataan dari FDA menegaskan bahwa penggunaan mineral oil untuk kosmetik itu aman bagi kulit.

Hal ini disebabkan oleh penggunaan mineral oil dalam kosmetik telah mengalami proses pemurnian. Fungsinya yang utama adalah untuk memberikan kelembaban pada kulit. Berbagai penelitian dari ahli menunjukkan bahwa minyak mineral yang telah mengalami pemurnian tidak memiliki kaitan dengan risiko kanker bagi orang yang menggunakannya.

Maka dari itu, minyak mineral memiliki sifat non-komedogenik, yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori kulit. Tambahan pula, risiko efek samping yang timbul pada kulit akibat penggunaan mineral oil juga sangat kecil, seperti menimbulkan reaksi iritasi. Oleh karena itu, mineral oil cukup aman bagi kesehatan.

Manfaat Mineral Oil

Ada beberapa manfaat yang bisa ditemui dari mineral oil, antara lain:

Melembapkan Kulit yang Kering

Mineral oil ternyata memiliki manfaat yang serupa dengan minyak lainnya. Mineral oil juga memberikan dampak yang melembabkan bagi kulit yang mengalami kekeringan karena bersifat lembab. Jika Anda mengaplikasikannya setelah mandi, minyak ini akan mengunci kelembaban di lapisan kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih sehat, elastis, dan terhidrasi.

Hal ini yang menjelaskan mengapa mineral oil tidak berperan dalam mempercepat proses penuaan dini. Penuaan dini cenderung lebih cepat terjadi pada kulit yang kering. Namun, mineral oil justru memberikan manfaat dalam membantu mencegah risiko ini dengan menjaga kelenturan kulit dan membantu mencegah kekeringan.

Bahkan, mineral oil dapat membantu meredakan jerawat karena sifatnya yang melembabkan.

Membantu Meringankan Gejala Eksim Ringan

Kebaikan selanjutnya dari mineral oil adalah untuk membantu meringankan gejala eksim. Eksim atau dermatitis atopik dapat menyebabkan gatal-gatal yang sangat mengganggu dan peradangan kulit yang mengganggu. Biasanya, gejala ini menjadi lebih parah pada kulit yang mengalami kekeringan. Namun, eksim sendiri juga merupakan salah satu pemicu kulit menjadi kering.

Salah satu manfaat tambahan dari mineral oil bagi kulit adalah kemampuannya untuk meredakan gejala eksim yang ringan. Minyak akan berfungsi sebagai lapisan pelindung yang menjaga kelembapan kulit tetap terjaga.

Membantu Melawan Tumit Pecah-Pecah

Kulit pada bagian kaki rentan terhadap kekeringan dan retak, terutama jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan. Jika tumit Anda mengalami retakan, akan menjadi lebih sulit bagi Anda untuk mengatasi dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Beruntungnya, Anda dapat mengatasi permasalahan ini dengan mengoleskan mineral oil pada kaki sebelum tidur. Lakukan ini secara teratur agar kulit kaki tetap lembab. Jika diperlukan, mencoba tidur dengan kaus kaki dapat meningkatkan efektivitas hasilnya.

Membantu Melawan Xerosis

Selanjutnya, mineral oil juga dapat membantu mengatasi xerosis. Xerosis adalah istilah kedokteran yang merujuk pada kulit kering yang berada di luar kondisi normal. Kondisi ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari kebiasaan mencuci tangan secara berlebihan hingga dampak samping dari terapi radiasi dalam pengobatan kanker.

Kenyataan memiliki kulit yang cenderung kering adalah hal yang lumrah. Namun, terapi radiasi mungkin dapat mengakibatkan xerosis yang parah pada area kulit yang telah menjalani perlakuan radiasi. Mineral oil dapat membantu dalam mengatasi kulit kering yang timbul akibat proses terapi tersebut.

Itu tadi pembahasan tentang mineral oil yang perlu kamu ketahui. Nah, jika kamu merasa terbantu dengan informasi ini. Silahkan follow Instagram Oils2Hope dan temukan tips lain seputar kesehatan

Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan kebaikannya.

Baca juga: Manfaat Grapefruit Young Living

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down