Ditulis Oleh by Stephanie pada April 5, 2023

Minyak Esensial adalah Ekstrak Minyak yang Serbaguna, Young Living Punya Rekomendasinya

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

"Minyak esensial ternyata sangat beragam fungsinya. Semua manfaatnya bisa kamu dapatkan sebotol Young Living essential oil"

Siapa bilang minyak esensial hanya bisa dipakai untuk tubuh dan pengharum ruangan? Memang selama ini minyak esensial dikenal akan manfaatnya buat tubuh dan kerap digunakan pada diffuser. Jadi wajar saja jika banyak yang beranggapan begitu. Atau kamu juga termasuk salah satu yang berpikir begitu?

Key Takeaways

  • Minyak esensial atau minyak atsiri merupakan ekstrak minyak beraroma wangi yang didapatkan dari penyulingan ekstrak daun, bunga, buah, kulit kayu, atau akar, dan bagian tanaman lainnya. 
  • Lavender, thieves, frankincense, lemon, cedarwood, dan peppermint adalah jenis minyak esensial serbaguna.

Jika iya sayang sekali, berarti selama ini kamu hanya menggunakannya untuk campuran dan diffuser, minyak pijat, dan topikal (dioleskan ke kulit) dong? Wah... padahal minyak esensial itu banyak fungsinya alias serbaguna. Selain untuk membantu relaksasi dan inhale, ia juga bisa digunakan untuk home care.

Makin penasaran kan seberapa serbagunanya minyak esensial? Tenang... Oils2Hope sudah merangkum informasi seputar minyak esensial. Lengkap dengan rekomendasi produk essential oil yang serbaguna dari Young Living. Yuk, baca artikel ini sampai selesai ya!

Pengertian Minyak Esensial

Melansir dari laman Tokopedia, Minyak esensial atau disebut juga dengan minyak atsiri adalah ekstrak minyak beraroma wangi yang didapatkan dari penyulingan ekstrak daun, bunga, buah, kulit kayu, atau akar, dan bagian tanaman lainnya. 

Rekomendasi Minyak Esensial Young Living

Young Living percaya bahwa minyak esensial adalah elemen alam terbaik dalam bentuk konsentrat, dan memiliki daya untuk meningkatkan, memotivasi, dan menginspirasi.

Nah, Young Living punya 6 jenis minyak esensial yang memiliki banyak fungsi dan juga sebagai solusi atas berbagai masalahmu sehari-hari loh. Tak perlu berlama-lama lanjut scroll ke bawah yuk!

Minyak Esensial Lavender

Unsur alami: linalyl acetate & linalool

Lavender adalah salah satu aroma terpopuler di dunia. Banyak produk, mulai dari lilin aromaterapi hingga krim wajah menggunakan aroma ini. Wangi lavender itu khas, perpaduan harmonis dari aroma segar, floral. Memberikan efek menenangkan.

Fungsi:

Menemani relaksasi

Buat garam mandi dengan aroma menenangkan minyak lavender dengan cara mencampurkan empat tetes essential oil lavender Young Living ke dalam satu cup garam Epsom. Atau campurkan jenis minyak atsiri ini dengan sedikit carrier oil untuk pijatan agar merilekskan.

Perawatan tubuh

Tambahkan satu atau dua tetes minyak lavender Young Living pada lotion, shampoo, conditioner, dan moisturizer. Maka manfaat pada produk kecantikanmu juga akan bertambah.

Meningkatkan kualitas tidur

Kamu punya gangguan tidur? Diffuse minyak Lavender Young Living di sebelah kamarmu untuk menciptakan atmosfer yang tenang. Membantu tidurmu lebih lelap.

Minyak Esensial Thieves

Unsur alami: limonene, eucalyptol

Thieves merupakan minyak esensial mengandung bahan-bahan seperti Eugenia caryophyllus, Citrus limon, Cinnamomum zeylanicum, Eucalyptus radiata, hingga Rosmarinus officinalis. Menghasilkan wangi rempah segar dan hangat yang memiliki efek menenangkan.

Fungsinya:

Menyegarkan karpet lembab

Campurkan 5 tetes minyak atsiri Thieves Young Living dengan 1 cup baking soda dan diamkan semalaman. Lalu taburkan di atas karpet, seprai, dan sarung bantal biarkan selama 10-15 menit sebelum membersihkannya dengan vacuum cleaner.

Mengurangi aroma kurang sedap

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial Thieves Young Living ke dalam mesin pencuci piring atau bilasan terakhir mesin cuci pakaian. Kamu pun bisa menggunakan minyak esensial ini ke sabun pencuci piring untuk membuat alat makan menjadi lebih bersih.

Menciptakan suasana damai dan rasa aman

Tambahkan essential oil Thieves Young Living secukupnya ke Diffuser dan dapatkan efek menenangkan yang memberikan sensasi perasaan damai dan rasa aman, sehingga meningkatkan suasana hati.

Minyak Esensial Frankincense

Unsur alami: boswellia carterii

Frankincense harus masuk ke dalam daftar minyak esensial yang wajib kamu miliki! Aroma kayu yang manis yang dihasilkan bisa menunjang aktivitas spiritual. Kamu bisa mendapatkan ketenangan saat sembahyang ataupun melakukan meditasi untuk membantu pikiran agar lebih fokus.

Fungsi:

Menemani meditasi atau yoga

Diffuse minyak atsiri frankincense Young Living saat meditasi atau yoga. Aroma minyak esensial satu ini membantu menciptakan suasana menenangkan sehingga pikiran lebih fokus. Bahkan juga dapat membantu memberikan ketenangan, mengurangi stress dan meningkatkan suasana hati.

Pijat

Campurkan V-6 sebanyak satu telapak tangan dan beberapa tetes minyak esensial Frankincense Young Living. Lalu pijatkan pada bagian tubuh yang lelah untuk merasa lebih tenang.

Menjaga keindahan alami kulit

Tambahkan beberapa tetes essential oil Frankincense Young Living ke dalam pelembab atau krim malam favoritmu untuk membantu menjaga keindahan alami kulit.

Minyak Esensial Lemon

Unsur alami: limonene

Kita sepakat kalau minyak esensial lemon Young Living itu memang menyegarkan dan menyenangkan. Tapi tak hanya itu, ternyata penggunaan minyak esensial lemon juga bisa membantu merawat keindahan kulit dan rambutmu. Jadi pastikan kamu selalu menyimpan minyak esensial Lemon Young Living di rumah untuk membuat suasana rumah selalu nyaman.

Fungsi:

Mengurangi aroma kurang sedap

Diffuse minyak esensial Lemon Young Living di ruangan yang lembab untuk mendapatkan udara yang bersih, segar, dan memberikan energi di dalamnya.

Selain itu, kamu juga bisa meneteskan 2-3 tetes minyak esensial satu ini pada kapas. Lalu letakkan di bawah tempat sampah atau tumpukan baju kotor agar udara terasa segar.

Menyegarkan permukaan perabotan

Tambahkan minyak atsiri ini ke dalam cairan pembersih alami sebelum mengelap permukaan perabotan yang kotor.

Merawat keindahan kulit

Tambahkan minyak esensial Lemon Young Living ke dalam produk perawatan kulit untuk membantu menyamarkan noda. Kamu juga bisa menambahkannya ke dalam conditioner atau masker rambut buatan sendiri untuk menjaga keindahan alami rambut.

Minyak Esensial Cedarwood

Unsur-unsur alami dengan kandungan sesquiterpenes tinggi

Minyak esensial Cedarwood Young Living adalah salah satu essential oil serbaguna. Mulai dari rutinitas kecantikan hingga teman berpetualang, keserbagunaannya menjadikan Cedarwood essential oil andalan.

Fungsi:

Perawatan kulit

Dapatkan kulit yang lebih lembab dan kenyal. Caranya dengan menambahkan 1-2 tetes minyak esensial Cedarwood Young Living ke dalam pelembab wajah, body lotion, body butter, atau hand cream.

Menenangkan

Teteskan minyak atsiri Cedarwood Young Living pada bantal, supaya aromanya bisa langsung terhirup olehmu. Aroma cedarwood yang menenangkan dapat membantu membuat tidur lebih lelap.

Menjaga kulit kepala

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial Cedarwood Young Living ke dalam shampoo dan conditioner untuk membantu menjaga keindahan rambutmu.

Minyak Esensial Peppermint

Komponen aktif: menthol

Rasakan kesejukannya saat campurannya menempel di kulitmu. Peppermint merupakan salah satu komposisi utama minyak esensial kombinasi PanAway, AromaEase, Deep Relief Roll-On, dan masih banyak lagi. Aroma peppermint yang segar berpadu sempurna dengan berbagai aroma lain.

Fungsi:

Pijat setelah olahraga

Encerkan beberapa tetes minyak esensial Peppermint Young Living dengan V-6 Vegetable Oil Complex sebagai minyak pijat.

Diffuse

Campurkan minyak esensial ini dengan minyak esensial aroma Lavender dan Rosemary untuk mendapatkan aroma yang menyegarkan. Menghirup aromanya secara perlahan membantu melegakan pernafasan.

Meningkatkan pengalaman saat mandi

Padukan minyak esensial Peppermint dan Eucalyptus Radiata Young Living. Lalu campurkan ke dalam air hangat untuk mandi. Hirup uap aromatiknya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan minyak esensial Peppermint Young Living ke dalam shampoo dan rasakan sensasi segar di kulit kepala.

Menyegarkan pembersih wajah

Teteskan minyak esensial Peppermint Young Living pada kapas untuk menambah aroma bersih menyegarkan saat membersihkan wajah.

Itulah rekomendasi minyak esensial Young Living yang serbaguna. Jadi mana nih produk Young Living pilihanmu?

Semua produk pilihan di atas, bisa kamu dibeli di Oils2Hope. Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan manfaatnya.

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down