Ditulis Oleh by Stephanie pada Mei 26, 2023

Minyak Esensial untuk Rambut ini Bisa Bantu Kamu Mengatasinya!

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Minyak esensial, selain digunakan untuk aromaterapi juga sering digunakan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Tertarik untuk mencobanya? Baca hingga selesai.

Key Takeaways

  • Selain untuk aromaterapi, minyak esensial juga bisa digunakan sebagai produk perawatan rambut.
  • Pemilihan minyak esensial yang tepat dan cara pemakaian yang sesuai serta konsultasi dengan ahli perawatan rambut akan membuahkan perawatan rambut yang maksimal.

Sudah pernah dengar tentang minyak esensial untuk rambut?

Seperti yang kita tahu, pemanfaatan minyak esensial atau essential oil banyak digunakan untuk aromaterapi hingga campuran untuk skincare routine kita. Namun, manfaat minyak esensial tidak terbatas sampai di sana.

Beberapa minyak atsiri atau minyak esensial yang terbuat dari tumbuhan tertentu telah dipercaya untuk menjaga kesehatan kulit kepala hingga mempercepat pertumbuhan rambut.

Tertarik untuk mencobanya?

Dalam artikel ini kamu akan menemukan berbagai informasi terkait pemanfaatan minyak esensial untuk rambut sebagai produk perawatan rambut. Tidak hanya itu, kamu juga akan menemukan rekomendasi bahan-bahan pembuatan minyak esensial untuk rambut hingga cara penggunaannya.

Sebagai pelengkap kamu juga dapat menemukan aktivitas lain yang bisa kamu lakukan agar kesehatan rambut dan kulit kepala kamu lebih terjaga.

Silahkan lanjutkan membaca.

Jenis Minyak Esensial untuk Rambut Rontok

Salah satu masalah yang sering kita alami adalah masalah rambut rontok. Apakah kamu salah satu orang yang memiliki masalah rambut rontok?

Jika iya, beberapa minyak esensial untuk rambut berikut ini bisa kamu pilih sebagai produk perawatan rambut kamu:

Minyak Lavender

Salah satu minyak esensial yang digunakan untuk perawatan rambut adalah minyak lavender.

Bukan tanpa alasan, minyak lavender mengandung senyawa antiseptik sehingga dapat melindungi kulit kepala dari infeksi dan iritasi yang menyebabkan rambut rontok.

Selain itu, minyak lavender memiliki sifat anti-inflamasi untuk meredakan peradangan di kulit kepala. Peradangan dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut dan menyebabkan rambut menjadi tipis dan mudah rontok.

Minyak lavender juga dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan dengan meningkatkan produksi sebum, yang membantu menjaga kelembaban rambut dan mengurangi risiko kulit kepala kering.

Minyak lavender juga dipercaya dapat melancarkan peredarah darah sehingga dapat membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen hingga ke folikel rambut, sehingga dapat mengurangi rambut rontok.

Minyak Peppermint

Minyak peppermint adalah salah satu jenis minyak esensial untuk rambut yang sudah umum digunakan.

Seperti yang kita tahu, minyak peppermint kaya akan senyawa menthol. Menthol dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga nutrisi yang ada pada darah dapat mencapai folikel rambut.

Nutrisi ini dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut yang kuat dan sehat.

Kulit kepala yang sehat memiliki keseimbangan pH yang tepat. Minyak peppermint memiliki sifat penyegar yang membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala dan mencegah peradangan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Selain itu, minyak esensial peppermint memiliki sifat antimikroba dan antiseptik yang membantu membersihkan kulit kepala dari kotoran dan bakteri yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Namun, perlu diingat, penggunaan minyak peppermint tanpa takaran yang tepat dapat menyebabkan efek samping iritasi kulit kepala. Maka dari itu, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter atau ahli perawatan rambut.

Cara Penggunaan

Agar rambut tumbuh lebih lebat dan sehat, minyak esensial di atas bisa kamu gunakan dengan beberapa cara berikut ini.

Pertama, campurkan beberapa tetes minyak lavender dengan carrier oil, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Aduk rata dan aplikasikan campuran ini ke kulit kepala dan rambut dengan lembut. Biarkan selama 30 menit atau semalam, kemudian bilas rambut dengan air bersih.

Kedua, kamu bisa menambahkan minyak esensial ke sampo dan kondisioner yang kamu gunakan.

Ketiga, kamu bisa menggunakan minyak esensial sebagai minyak pijat kulit kepala. Setelah mencampurkan beberapa tetes minyak esensial dengan minyak pembawa, pijat kulit kepala secara lembut dengan gerakan melingkar selama beberapa menit.

Minyak Esensial untuk Membantu Mengatasi Ketombe

Gatal dan tidak nyaman. Mungkin ini yang terlintas di kepalamu ketika membaca tentang ketombe.

Ketombe memang salah satu masalah yang membuat kita sering merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

Untungnya, beberapa minyak esensial dapat dimanfaatkan juga sebagai alternatif untuk mengurangi ketombe pada rambut kamu.

Minyak Rosemary

Salah satu jenis minyak esensial untuk rambut yang sering digunakan ketika mengalami masalah ketombe adalah minyak rosemary.

Mengapa minyak rosemary?

Minyak rosemary memiliki senyawa anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi terjadinya peradangan pada kulit kepala yang menyebabkan munculnya ketombe.

Selain itu, minyak esensial rosemary juga mengandung sifat antijamur dan antibakteri yang dapat membunuh jamur penyebab ketombe pada kulit kepala.

Salah satu penyebab tingginya ketombe pada kulit kepala adalah karena produksi minyak yang berlebihan sehingga kotoran mudah menempel pada rambut dan membuat kulit kepala kotor. Minyak rosemary memiliki senyawa yang dapat membantu mengontrol produksi minyak.

Tea Tree Oil

Minyak esensial untuk rambut ketombe berikutnya adalah tea tree oil, essential oil ini mengandung banyak manfaat untuk membantu mengurangi ketombe.

Tea tree oil memiliki sifat pembersih yang efektif dalam membersihkan kulit kepala dari kotoran dan bakteri penyebab ketombe.

Selain itu, tea tree oil adalah salah satu essential oil yang memiliki aroma yang menyegarkan dan efektif dalam memberikan sensasi relaksasi pada kulit kepala yang gatal atau meradang akibat ketombe.

Tea tree oil juga dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala yang sehat, yang dapat membantu mencegah ketombe.

Cara Penggunaan

Minyak esensial tidak boleh digunakan secara langsung pada kulit kepala karena dapat menyebabkan iritasi dan memperparah ketombe.

Sebaiknya campurkan beberapa tetes minyak esensial dengan carrier oil seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, dengan perbandingan sekitar 15 tetes minyak esensial untuk 2 sendok makan minyak pembawa.

Setelah mencampurkan minyak esensial dengan carrier oil, oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut secara merata.

Pijat lembut kulit kepala dengan ujung jari selama beberapa menit untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memastikan campuran meresap ke dalam kulit kepala.

Setelah mengoleskan campuran minyak ke kulit kepala dan rambut, biarkan selama 10 menit hingga campuran meresap dan bekerja di kulit kepala.

Setelah beberapa saat, bilas rambut dengan air hangat dan hindari penggunaan air panas yang dapat membuat kulit kepala lebih kering.

Untuk hasil terbaik, gunakan minyak esensial untuk mengurangi ketombe secara teratur, seperti sekali atau dua kali seminggu.

Kamu juga dapat mencoba minyak esensial yang berbeda untuk menemukan jenis yang paling cocok untuk kulit kepala dan rambut kamu.

Jenis Minyak Esensial untuk Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Ingin memiliki tekstur rambut yang lebat dan sehat?

Minyak esensial juga bisa digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut yang sehat dan juga lebat.

Jika kamu merasa rambutmu kurang berisi, mungkin kamu bisa coba menggunakan beberapa minyak esensial untuk rambut berikut ini:

Argan Essential Oil

Argan essential oil dipercaya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut karena kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang terkandung di dalamnya.

Argan oil kaya akan vitamin E, yang dikenal sebagai antioksidan alami yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV.

Argan essential oil juga mengandung asam lemak esensial, seperti asam oleat dan linoleat, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mengurangi peradangan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Argan essential oil juga mengandung senyawa yang disebut sterol, yang dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Semua manfaat argan oil bisa kamu dapatkan dalam produk Mirah Lustrous Hair Oil dari Young Living.

Mirah Lustrous Hair Oil terbuat dari berbagai bahan untuk menjaga kesehatan rambutmu, seperti argan, marula, dan Abyssinian - yang kaya akan asam lemak dan vitamin E - dan diperkaya dengan minyak esensial premium Geranium, Lavender, dan Ylang Ylang, minyak rambut ini akan membuat rambut kamu terlihat berkilau dan halus dengan wangi bunga yang ringan.

Minyak Esensial untuk Mengontrol Minyak di Kulit Kepala

Salah satu yang sering dialami oleh orang-orang yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan adalah rambut berminyak.

Untuk membantu kamu mengatasi masalah ini beberapa minyak esensial untuk rambut berikut ini akan membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

Lemongrass Essential Oil

Lemongrass essential oil adalah salah satu jenis minyak esensial yang sering digunakan untuk mengontrol kelebihan minyak pada kulit kepala. Hal ini karena kandungan citral di dalamnya, yang dikenal memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi yang dapat membantu membersihkan kulit kepala dan mengontrol produksi minyak berlebih.

Selain itu, lemongrass essential oil juga kaya akan senyawa antioksidan dan nutrisi penting, seperti vitamin A dan C, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

Cara Penggunaanya:

  1. Campurkan 3-5 tetes lemongrass essential oil dengan 1-2 sendok makan minyak pembawa, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.
  2. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala secara merata, dan pijat lembut kulit kepala dengan ujung jari selama beberapa menit.
  3. Biarkan campuran meresap ke kulit kepala selama sekitar 30 menit.
  4. Setelah itu, bilas rambut dengan air hangat dan sampo seperti biasa.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes lemongrass essential oil ke sampo atau kondisioner saat mencuci rambut, atau mencampurnya dengan air dalam botol semprot dan menyemprotkannya ke kulit kepala sebagai toner rambut.

Selain varian lemongrass, minyak esensial cypress juga bisa kamu gunakan untuk mengurangi minyak berlebih pada rambut.

Minyak Esensial untuk Perawatan Rambut Berwarna

Buat kamu yang punya rambut berwarna, kamu tidak lagi perlu khawatir kesehatan rambutmu harus dikorbankan saat proses pewarnaan rambut, loh!

Beberapa minyak esensial seperti ylang-ylang adalah minyak esensial yang bisa kamu pilih untuk merawat rambut berwarnamu.

Minyak Ylang-Ylang

Minyak ylang-ylang dikenal memiliki sifat yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengoptimalkan sirkulasi kulit kepala. Selain itu, minyak ylang-ylang juga bisa membantu melembabkan rambut dan melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Untuk menggunakan minyak ylang-ylang sebagai perawatan rambut, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak ylang-ylang dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa atau minyak jojoba.

Kemudian, aplikasikan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala sambil memijat lembut selama beberapa menit. Biarkan campuran meresap ke dalam rambut selama sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air hangat dan sampo seperti biasa.

Untuk kamu yang bingung untuk mendapatkan semua minyak esensial yang sudah kita bahas, kamu bisa mendapatkannya di Young Living dan Oils2Hope.

Tidak hanya minyak esensial untuk rambut, di Young Living dan Oils2Hope kamu juga bisa mendapatkan berbagai produk minyak esensial untuk aromaterapi, hingga produk skincare routine.

Changing our lifestyle One Drop at a Time - Oils2Hope.

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down