Ditulis Oleh by Stephanie pada Juli 20, 2023

Ini Manfaat Essential Oil Lavender untuk Kulit yang Perlu Kamu Ketahui

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Sejak zaman dahulu, minyak esensial telah dipergunakan karena beragam manfaat kecantikan yang terkandung di dalamnya. Salah satu minyak esensial yang sangat istimewa adalah lavender oil.

Key Takeaways

  • Essential oil lavender sering kali dikenal digunakan sebagai aromaterapi, namun sebenarnya minyak ini juga memiliki berbagai manfaat luar biasa bagi tubuh.
  • Kebaikan dari essential oil lavender adalah membantu mencerahkan kulit dan mengurangi jerawat, membantu menjaga kulit agar tidak kering, dan menjadi aromaterapi.

Baca Juga : Manfaat Oil Young Living untuk Perawatan Tubuh, Kecantikan, dan Kesejahteraan Jiwa

Seperti namanya, essential oil lavender, adalah jenis minyak esensial yang diekstraksi dari bunga lavender yang memiliki nama ilmiah Lavandula angustifolia. Lavender merupakan tanaman yang berasal dari wilayah Mediterania, Semenanjung Arab, dan Rusia, tetapi kini telah banyak dibudidayakan di seluruh dunia.

Proses produksi minyak esensial dari tanaman lavender melibatkan destilasi uap. Bunga lavender dikukus, dan uapnya kemudian ditangkap dan dipisahkan untuk menghasilkan minyak esensial yang berkualitas.

Selain digunakan dalam aromaterapi yang menenangkan, tahukah Kamu kalau lavender oil juga memiliki beragam manfaat bagi kulit? Seperti halnya essential oil lainnya, sebaiknya Anda mencampurkan lavender oil dengan carrier oil sebelum mengaplikasikannya langsung pada kulit.

Artikel ini akan membahas tentang essential oil lavender dan manfaat yang perlu kamu ketahui, jadi pastikan untuk baca artikel ini sampai habis, ya.

Manfaat Lavender Oil atau Minyak Lavender

Essential oil lavender sering kali dikenal digunakan sebagai aromaterapi, namun sebenarnya minyak ini juga memiliki berbagai manfaat luar biasa bagi tubuh. Lalu, apa saja manfaat yang dimiliki oleh lavender oil untuk tubuh? Mari kita bahas lebih lanjut.

Membantu Mengurangi Jerawat

Manfaat essential oil lavender dapat membantu mengurangi jerawat dengan efektif. Kandungan alami dalam minyak ini memiliki kemampuan untuk membuka pori-pori kulit dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu, essential oil lavender juga memiliki sifat anti-bakteri yang membantu melawan kuman penyebab jerawat, sehingga juga meredakan yang sudah ada.

Cara penggunaannya pun cukup sederhana. Kamu hanya perlu mencampurkan essential oil lavender dengan V-6™ Vegetable Oil Complex untuk mengencerkannya, lalu aplikasikan secara topikal pada kulit yang bermasalah dengan jerawat. Dengan rutinitas perawatan yang tepat, manfaat lavender oil akan membantu menjaga kulit tetap bersih, dan sehat.

Membantu Menjaga Kulit Agar Tidak Kering dan Eksim

Eksim merupakan kondisi kulit yang bisa dialami oleh siapa saja dan dapat muncul di berbagai bagian tubuh. Saat mengalami eksim, kulit cenderung menjadi kering, gatal, dan bersisik, yang tentu saja menyebabkan ketidaknyamanan.

Essential oil lavender menjadi pilihan yang baik untuk membantu meredakan eksim karena kandungannya yang memiliki sifat anti jamur dan mampu mengurangi peradangan. Minyak esensial ini dapat memberikan efek menenangkan pada kulit yang sedang bermasalah dengan eksim. Selain itu, essential oil lavender juga memiliki kebaikan untuk membantu meredakan psoriasis. Dengan sifat pembersihnya, essential oil lavender dapat membantu membersihkan kulit dan mengurangi kemerahan serta iritasi yang disebabkan oleh psoriasis.

Terdapat berbagai cara untuk mengaplikasikan essential oil lavender. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes ke dalam lotion atau produk perawatan kulit yang biasa digunakan untuk menjaga kesegaran kulit sambil menikmati aroma klasik yang menenangkan. Jika ingin menggunakannya secara langsung pada kulit, encerkan lavender oil dengan V-6™ Vegetable Oil Complex yang berasal dari minyak kelapa lalu aplikasikan secara topikal pada kulit yang terpapar sinar matahari atau area kulit yang bermasalah dengan eksim.

Membantu Mencerahkan Kulit

Apakah kamu tahu kalau essential oil lavender memiliki kebaikan luar biasa dalam membantu menjaga kecantikan dan kesegaran kulit? Essential oil lavender memiliki kemampuan untuk membantu mencerahkan kulit yang mengalami peradangan. Selain itu, minyak esensial ini juga dapat membantu menghambat perubahan warna kulit, termasuk bintik hitam yang seringkali mengganggu penampilan.

Tidak hanya itu, lavender oil juga memiliki kebaikan membantu mengurangi kemerahan dan noda pada kulit. Penggunaan essential oil lavender dapat dilakukan secara topikal dengan mengoleskannya langsung pada kulit atau kamu juga dapat meneteskan beberapa tetes minyak ini ke dalam produk perawatan kulit yang biasa kamu gunakan.

Membantu Menenangkan Saraf Secara Aromaterapi

Essential oil Lavender memiliki aroma yang begitu menenangkan dengan nuansa bunga yang indah, sehingga mampu menginspirasi rasa ketenangan dan membantu mengurangi ketegangan. Selain itu, minyak esensial lavender juga memberikan keseimbangan pada pikiran dan membantu merilekskan suasana hati sehingga lebih tenang sehari-hari.

Penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Psychiatry in Clinical Practice menunjukkan bahwa menghirup lavender oil dapat memberikan efek menenangkan pada sistem saraf. Berkat sifatnya yang menenangkan, lavender oil menjadi pilihan alternatif yang bagus untuk meredakan stres, ketakutan, depresi, dan kelelahan.

Terdapat beberapa cara praktis untuk mengaplikasikan lavender oil. Misalnya, kamu dapat mencampurkan 4 tetes minyak lavender dengan 1 cup Epsom Salt dalam air mandi untuk menciptakan pengalaman mandi yang menenangkan dan menyegarkan. Selain itu, Kamu juga dapat mengoleskan minyak ini pada telapak kaki atau menggunakan diffuser di dekat tempat tidur untuk menciptakan suasana yang menenangkan .

Membantu Meredakan Mual

Jika kamu mengalami rasa mual akibat kecemasan atau sakit fisik, maka keajaiban relaksasi yang dimiliki oleh lavender mungkin bisa menjadi solusi yang tepat.

Essential oil Lavender terkenal dengan sifatnya yang begitu menenangkan. Menggunakan lavender oil secara topikal atau melalui diffuser dapat membantu pikiranmu menjadi lebih tenang ketika hendak tidur. Kandungan yang sama ini juga memiliki efek positif dalam mengatasi rasa mual.

Dengan memanfaatkan kelembutan dan kesejukan aroma lavender oil, kamu dapat merasa lebih rileks dan nyaman, sehingga membantu mengurangi mual yang sedang kamu alami.

Baca Juga : Cajuput Oil Adalah: Kenali Manfaat dari Cajuput Oil atau Minyak Kayu Putih

Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Essential oil lavender telah menjadi pilihan populer dalam praktik aromaterapi untuk membantu tidur dan menciptakan suasana relaksasi. Sebuah penelitian menemukan bahwa menghirup aroma lavender oil sebelum tidur dapat meningkatkan durasi tidur yang nyenyak. Bahkan bagi penderita insomnia, essential oil lavender memiliki efek menguntungkan yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Aromaterapi dengan menggunakan essential oil lavender juga terbukti dapat memperpanjang waktu tidur dan secara keseluruhan meningkatkan kualitas tidur, terutama pada orang-orang yang mengalami masalah insomnia, depresi, atau kecemasan.

Untuk menggunakannya, kamu dapat mengoleskan lavender oil pada telapak kaki atau menggunakan diffuser di samping tempat tidur untuk menciptakan suasana nyaman yang mendukung tidur yang berkualitas. Dengan memanfaatkan aroma menenangkan dari lavender oil, tidur kamu akan menjadi lebih tenang dan pulas, sehingga dapat bangun dengan perasaan segar dan siap menghadapi hari dengan lebih baik.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Ternyata, essential oil lavender juga memiliki manfaat yang luar biasa dalam pertumbuhan rambut. Lavender dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala ketika diaplikasikan dengan campuran minyak zaitun. Hasilnya, pertumbuhan rambut dapat terstimulasi secara alami.

Manfaat lavender oil untuk pertumbuhan rambut ini bisa menjadi pilihan alternatif yang menarik bagi mereka yang ingin merawat rambut secara alami.

Itu dia kebaikan essential oil lavender yang perlu kamu ketahui. Ternyata, ada beragam kebaikan yang bisa didapatkan dari essential oil lavender.

Anda bisa temukan berbagai produk Young Living di Oils2Hope. Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan manfaatnya. Silakan follow Instagram Oils2Hope dan temukan tips lain seputar minyak esensial.

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down