Ditulis Oleh by Stephanie pada Mei 27, 2023

Cari Tahu Manfaat Rosemary untuk Kesehatan di Sini

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Rosemary adalah salah satu jenis tanaman herbal yang dipercaya dan terbukti dapat membantu menjaga kesehatan. Tertarik untuk mengetahui manfaat rosemary untuk kesehatan? Baca di sini.

Key Takeaways

  • Rosemary adalah tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan untuk bumbu masakan dan juga teh herbal.
  • Rosemary ternyata juga memiliki berbagai manfaat yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh kita.

Penggunaan tanaman herbal sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan makin banyak digemari masyarakat Indonesia. Apalagi semenjak pandemi, tren tanaman herbal yang dikenal dan digunakan oleh masyarakat Indonesia makin beragam.

Salah satunya adalah rosemary, rosemary atau rosmarinus officinalis adalah sebuah tanaman herbal yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan untuk masakan dan rempah-rempah.

Tanaman ini memiliki daun yang hijau dan memiliki aroma yang khas (beberapa orang mungkin merasa aromanya cukup keras).

Selain sebagai masakan dan rempah-rempah, manfaat rosemary telah banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan, seperti masalah pencernaan, migrain, dan gangguan kecemasan.

Selain itu, minyak esensial dari tanaman rosemary juga digunakan dalam terapi aromaterapi untuk mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi.

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang manfaat rosemary untuk kesehatan?

Silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Rosmarinus Officinalis/Rosemary

Sebelum melanjutkan pembahasan yang lebih lanjut tentang manfaat rosemary.

Kita akan berkenalan dulu dengan tanaman rosemary atau rosmarinus officinalis.

Rosemary adalah anggota dari keluarga mint Lamiaceae, sama seperti oregano, thyme, basil, dan lavender.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tanaman rosemary mungkin lebih sering kamu dengar sebagai tambahan pada bumbu masakan. Rosemary sering digunakan pada masakan-masakan yang berasal dari mediterania dan sekitarnya.

Namun, tidak sebatas sebagai bahan bumbu masakan, menurut banyak artikel terkait yang menyebutkan tanaman rosemary memiliki berbagai kandungan senyawa seperti zat antioksidan, vitamin A, vitamin C, zat besi, zat untuk menangkal radikal bebas dan berbagai kandungan lainnya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita.

Pada bagian berikutnya, kamu akan menemukan berbagai informasi terkait penggunaan rosemary dalam kehidupan sehari-hari.

Rosemary Sebagai Tanaman Herbal untuk Teh

Penggunaan rosemary yang pertama adalah sebagai bahan tanaman herbal untuk membuat teh herbal.

Penggunaan rosemary sebagai teh herbal juga telah dibuktikan manfaatnya pada berbagai penelitian, salah satunya penelitian yang dilakukan pada 2017 dan diterbitkan pada jurnal "Food Science and Technology International".

Pada jurnal ini, disebutkan bahwa teh herbal rosemary mengandung senyawa antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang tinggi.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa konsumsi teh herbal rosemary secara teratur dapat meningkatkan fungsi antioksidan dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Selain itu sebuah penelitian pada 2020, membahas tentang kandungan dalam rosemary dapat membantu mengurangi kadar gula dalam darah pada penderita diabetes. Ini disebabkan kandungan asam karsonik dan asam rosmarinik dalam rosemary.

"Journal of Medicinal Food" menunjukkan bahwa konsumsi teh herbal rosemary selama 8 minggu dapat membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa teh herbal rosemary dapat membantu meningkatkan profil lipid darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaat Rosemary untuk Kesehatan Tubuh

Selain digunakan sebagai teh herbal, ekstrak rosemary juga dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan kesehatan manusia.

Berikut ini adalah manfaat tanaman rosemary yang bisa kamu nikmati.

Manfaat bagi otak

Rosemary telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat bagi positif bagi otak dan fungsi kognitif. Beberapa manfaatnya antara lain:

Meningkatkan daya ingat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak esensial rosemary membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Senyawa aktif dalam rosemary diketahui memiliki efek neuroprotektif dan dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga membantu memperbaiki fungsi kognitif.

Meningkatkan suasana hati

Aromaterapi dengan minyak rosemary dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati. Senyawa aroma dalam rosemary diketahui memiliki efek menenangkan pada sistem saraf dan dapat membantu mengurangi stres.

Kamu bisa mendapatkan manfaat minyak rosemary melalui produk Young Living Rosemary Essential Oil.

Cara penggunaanya mudah, kamu bisa menggunakan produk ini untuk minyak pada diffuser, kamu juga bisa menggunakan rosemary essential oil untuk minyak pijat tapi jangan lupa untuk mencampurkannya dengan carrier oil.

Meningkatkan kinerja otak

Senyawa aktif dalam rosemary diketahui memiliki kemampuan memperkuat sinyal saraf dan mendorong pertumbuhan sel-sel saraf baru dalam otak untuk membantu meningkatkan memori jangka pendek.

Kesehatan Mata

Manfaat rosemary berikutnya adalah bisa membantu kita menjaga kesehatan mata kita.

Ekstrak rosemary menurut beberapa artikel terkait dan penelitian menunjukkan bahwa rosemary memiliki kandungan senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel mata dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Selain itu, senyawa aktif dalam rosemary dapat membantu mengurangi inflamasi yang menyebabkan berbagai penyakit mata.

Kesehatan Rambut

Rosemary adalah salah satu jenis tanaman herbal yang populer digunakan dalam perawatan rambut. Ada beberapa manfaat rosemary yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan membantu mencegah kerusakan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat rosemary untuk kesehatan rambut:

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Rosemary dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Senyawa-senyawa aktif dalam rosemary, seperti asam rosmarinat, diketahui dapat membantu meningkatkan pertumbuhan folikel rambut yang sehat, sehingga membantu mengurangi risiko rambut rontok dan kebotakan.

Menjaga kesehatan kulit kepala

Rosemary memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

Senyawa-senyawa aktif dalam rosemary dapat membantu melawan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi kulit kepala dan mengganggu kesehatan rambut.

Mengurangi ketombe

Rosemary dapat membantu mengurangi ketombe dan menjaga kesehatan kulit kepala. Senyawa-senyawa aktif dalam rosemary, seperti asam karnosat, diketahui dapat membantu mengurangi produksi sebum yang berlebihan dan mengontrol pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Meningkatkan kekuatan rambut

Rosemary juga diketahui dapat membantu meningkatkan kekuatan rambut dan mengurangi risiko kerusakan.

Senyawa-senyawa aktif dalam rosemary dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar UV, polusi, dan bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan rambut.

Kesehatan Sistem Pencernaan

Pada bagian pertama kita telah memahami bersama bahwa rosemary sudah banyak digunakan sebagai bahan bumbu masakan dan juga teh herbal.

Hal ini ternyata berhubungan erat dengan manfaat rosemary untuk kesehatan sistem pencernaan.

Meningkatkan keseimbangan mikrobiota usus

Rosemary dapat membantu meningkatkan keseimbangan mikrobiota usus dengan merangsang pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri patogen.

Senyawa aktif dalam rosemary, seperti flavonoid dan asam rosmarinat, diketahui memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri dan virus penyebab infeksi saluran pencernaan.

Mengurangi kembung dan gas

Rosemary dapat membantu mengurangi kembung dan gas di perut dengan merangsang produksi enzim pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus.

Senyawa aktif dalam rosemary, seperti asam karnosat, diketahui dapat membantu mengurangi produksi gas di usus dan mengurangi kembung.

Untuk kamu yang melakukan perlindungan ekstra pada sistem pencernaan, kamu bisa menggunakan Thieves Fresh Essence Mouthwash dari Young Living.

Produk ini bermanfaat untuk menjaga kesegaran mulut dan kebersihan mulut dengan kandungan essential oil Thieves—perpaduan Clove, Lemon, Cinnamon Bark, Eucalyptus, dan Rosemary.

Namun, perlu diingat segala manfaat yang bisa didapatkan melalui teh, ekstrak, atau minyak rosemary untuk kesehatan tubuh kita tidak menggantikan obat-obatan yang telah tersedia dan disarankan oleh ahli dan dokter.

Maka dari itu, perlu diingat untuk selalu melakukan konsultasi ke dokter untuk menggunakan rosemary baik sebagai teh herbal ataupun aromaterapi.

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down