Ditulis Oleh by Stephanie pada Mei 1, 2024

Tips Perjalanan Jauh Agar Aman dan Nyaman

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Apakah kamu berencana melakukan perjalanan jarak jauh baik sendirian atau bersama keluarga? Melakukan perjalanan jauh tentunya membutuhkan banyak persiapan sebelum berangkat agar merasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Tips Perjalanan Jauh Agar Aman dan Nyaman

Key Takeaways

  • Sebelum melakukan perjalanan jauh, kamu perlu mempersiapkan barang yang dibawa serta memeriksa kendaraan agar aman selama di perjalanan.
  • Kamu bisa menggunakan essential oil untuk mengatasi mabuk selama perjalanan.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu berbagai tips perjalanan jauh yang penting untuk kamu terapkan agar perjalananmu terasa lebih menyenangkan.

Tanpa menyiapkan banyak hal tersebut, bisa jadi perjalananmu akan terhambat atau malah membuatmu menjadi tidak nyaman, mulai dari terjebak macet, kebingungan, hingga mabuk perjalanan.

Berikut adalah beberapa tips perjalanan jauh yang bisa kamu terapkan selama perjalanan.

Rencanakan Perjalanan dengan Baik

Tips pertama yang perlu kamu lakukan agar perjalanan semakin nyaman adalah dengan merencanakan perjalanan dengan baik. Kamu perlu merencanakan segala hal, mulai kapan harus berangkat, ke mana harus pergi, apa kendaraan yang digunakan, hingga memastikan barang yang dibawa.

Dengan merencanakan perjalanan dengan baik, kamu nggak bakal kerasa buru-buru atau panik dari sebelum dan saat perjalanan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menghindari kemacetan dengan merencanakan perjalanan secara tepat.

Kumpulkan Informasi tentang Rute Perjalanan dan Lokasi yang Ingin Dikunjungi

Tips selanjutnya yang dapat membuat perjalanan kamu semakin lancar adalah dengan mengumpulkan informasi tentang rute dan tempat tujuan kamu nantinya.

Kamu pasti tidak ingin kan terjebak di kemacetan atau salah jalan selama perjalanan jarak jauh. Oleh karena itu, kamu juga perlu mencari informasi tentang mana rute yang paling efektif dan aman selama perjalanan nantinya.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengetahui informasi tentang lokasi yang ingin kamu kunjungi, mulai dari waktu buka, harga tiket, hingga cara menuju lokasi tersebut.

Periksa Kondisi Mobil Sebelum Lakukan Perjalanan

Ini merupakan langkah paling penting yang wajib untuk kamu lakukan sebelum berangkat untuk perjalanan jauh. Periksa kondisi mobil ini tidak hanya terbatas pada bahan bakar aja, tapi ada banyak hal.

Kamu perlu periksa mobil, kondisi aki mobil, power steering, tekanan ban yang sesuai, kondisi rem mobil, serta memeriksa seluruh lampu mobil baik di bagian interior maupun eksterior berfungsi normal.

Jika mobilmu mengalami masalah, sebaiknya dibawa ke bengkel sehingga masalah tersebut dapat ditangani. Tentunya kamu ingin perjalanan yang aman dan nyaman bukan?

Selanjutnya, kamu juga perlu memastikan untuk membawa surat kendaraan secara lengkap, mulai dari SIM, STNK, hingga BPKB sehingga bisa bersiap jika terdapat razia di jalan.

Membawa Makanan Ringan dan Obat-Obatan Sebelum Berangkat

Membawa Makanan Ringan dan Obat-Obatan Sebelum Berangkat

Tips perjalanan jauh selanjutnya adalah untuk membawa makanan ringan dan obat-obatan. Perjalanan jauh tentunya akan memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, kamu perlu membawa makanan dan minuman ringan untuk dinikmati selama perjalanan.

Membawa makanan dan minuman ringan dapat membantu mengganjal perut selama perjalanan dan bahkan dapat membantu meningkatkan konsentrasi saat mengemudi.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu membawa obat-obatan yang dapat digunakan jika merasa tidak enak badan selama perjalanan nantinya.

Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang nyaman saat melakukan perjalanan jauh. Nantinya ini bakal bikin kamu merasa nyaman saat melakukan perjalanan.

Tidak hanya itu, direkomendasikan juga buat menggunakan sepatu atau alas kaki yang nyaman sehingga kaki tidak mudah kram selama perjalanan jarak jauh.

Istirahat yang Cukup Sebelum dan Selama Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan untuk beristirahat dengan cukup agar tidak mudah lelah selama perjalanan. Beristirahat dengan cukup akan membuat kamu dapat berkonsentrasi saat berkendara sehingga membuat perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

Agar mendapatkan istirahat yang cukup, kamu juga perlu packing barang dan mempersiapkan semuanya jauh-jauh hari. Dengan ini, kamu dapat memiliki waktu istirahat yang sangat cukup sehingga stamina kamu dapat terjaga selama perjalanan.

Hindari Mengemudi di Malam Hari

Kamu bisa berangkat melakukan perjalanan jauh kapanpun yang kamu mau. Namun, kami merekomendasikan untuk tidak mengemudi di malam hari jika bisa.

Melakukan perjalanan di jam malam, apalagi menjelang dini hari, dapat menimbulkan lebih banyak risiko bagi pengguna jalan. Hal ini karena di malam hari, visibilitas selama berkendara akan menjadi berkurang hingga berisiko untuk memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi karena jalanan lebih sepi.

Sebaiknya untuk berangkat di pagi hari karena kondisi jalan yang masih aman serta kondisi fisik yang masih segar setelah beristirahat dengan cukup.

Menyalakan Musik

Menyalakan musik selama perjalanan jauh ternyata dapat membantu kamu untuk tidak merasa bosan selama di perjalanan. Karena memakan waktu yang lama, memutar musik dapat membuat perjalanan kamu lebih mengasyikkan di jalan.

Tidak hanya itu, menyalakan musik juga dapat meningkatkan konsentrasi saat berkendara karena kamu menjadi terjaga dan sulit mengantuk setelah mendengarkan musik yang asyik.

Menggunakan Essential Oil Agar Perjalanan Semakin Nyaman

Tips perjalanan jauh terakhir yang perlu kamu ketahui adalah dengan menyiapkan dan menggunakan essential oil untuk meminimalisir rasa mabuk selama perjalanan.

Saat perjalanan, kamu tentunya akan merasakan pusing dan mual karena perjalanan yang jauh, rute yang beragam, hingga motion sickness. Oleh karena itu, kamu memerlukan sesuatu untuk membantu mengurangi mabuk perjalanan, salah satunya adalah dengan menghirup essential oil.

Ada beberapa essential oil yang direkomendasikan untuk dihirup selama perjalanan. Salah satunya adalah Peppermint Essential Oil dari Young Living. Essential oil satu ini bisa membantu kamu mengurangi rasa mabuk perjalanan maupun sakit kepala hanya dengan menghirupnya.

Selain itu, kamu juga perlu mencoba Digize Essential Oil dari Young Living yang akan membantu meredakan rasa mual dan sakit perut selama perjalanan. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan Digize Essential Oil dengan vegetable oil dan oles ke perut.

Itu tadi tips perjalanan jauh yang bisa kamu ikuti. Jangan lupa untuk membawa essential oil favorit kamu dari Young Living untuk mencegah pusing dan mabuk perjalanan yang bisa kamu dapatkan di Oils2Hope. Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan kebaikannya only for you. Untuk informasi produk diffuser dengan harga brand partner Young Living, klik pada tautan daftar brand partner di website kami.

Baca juga: 3 Manfaat Menggunakan Sunscreen Dan Rekomendasi Sunscreen Young Living

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down