Ditulis Oleh by Stephanie pada Mei 2, 2024

Tips Semangat Kerja di Kantor untuk Meningkatkan Produktivitas

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Bekerja menjadi suatu rutinitas yang dijalani setiap harinya. Tak jarang, bekerja juga bisa menjadi hal yang membosankan apabila dilakukan secara berulang-ulang. Namun melakukan pekerjaan sendiri juga sudah menjadi suatu kewajiban yang menjadi tanggung jawab kita.

Tips Semangat Kerja di Kantor untuk Meningkatkan Produktivitas

Key Takeaways

  • Ada beberapa tips semangat kerja, mulai dari menemukan hal yang dapat membuat bahagia, menetapkan target, mengatur tempat kerja dan cara kerja yang nyaman, makan makanan yang sehat, hingga memberikan self reward.
  • Menggunakan essential oil juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan semangat kerja. Rekomendasi essential oil untuk meningkatkan semangat kerja, antara lain Tangerine Essential Oil dan Lemongras Essential Oil dari Young Living.

Dinamika selama bekerja juga beragam. Tidak jarang, semangat kerja juga menjadi menurun di tengah melakukan pekerjaan. Namun saat dikejar oleh tanggung jawab yang perlu diselesaikan, tentunya kita tidak bisa selalu tidak semangat bukan?

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tips semangat kerja sehingga membantu kamu untuk mendapatkan motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas. Cara untuk meningkatkan semangat kerja ini perlu kamu lakukan agar dapat fokus dan hasil pekerjaan menjadi lebih positif. Yuk baca dan coba tips yang mudah ini!

Cara dan Tips Semangat Kerja

Ada beragam cara dan tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan semangat kerja. Simak cara-caranya di bawah ini agar lelah, letih, dan lesu saat bekerja menjadi hilang!

1. Temukan Passion dan Hal yang Membuat Bahagia

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kembali semangat kerja adalah dengan menemukan passion dan hal yang dapat membuatmu bahagia.

Ini bisa dilakukan dengan berbagai hal, mulai mengerjakan pekerjaan yang kamu mahir atau kamu sukai, mensyukuri setiap hal yang kamu miliki tentang pekerjaan, hingga motivasi bekerja untuk dapat menikmati hasil yang kamu inginkan.

Dengan menemukan kebahagiaan tersebut, kamu akan semakin termotivasi untuk bekerja karena dapat menemukan kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang bisa kamu syukuri dan jalani.

2. Menetapkan Tujuan, target, dan Rencana untuk Menyelesaikan Pekerjaan

Tips selanjutnya adalah untuk menentukan tujuan, target, atau rencana dalam pekerjaan. Tentunya dalam bekerja, kita tidak langsung melakukan segala hal tanpa target yang spesifik karena dapat membuatmu bingung saat mengerjakan pekerjaan.

Sebelum memulai pekerjaan, tetapkan tujuan dan target secara spesifik, realistis, dan terukur. Ini akan memotivasi kamu untuk dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai tujuan yang ditetapkan.

Saat memiliki target dan tujuan yang jelas, kamu bakal tahu apa yang perlu kamu kerjakan dan apa saja yang perlu kamu capai dalam pekerjaan tersebut. Tidak hanya itu, target dan tujuan juga dapat menjadi panduan untuk kamu dalam bekerja.

Tentunya, kita perlu mengatur target dan tujuan yang realistis sehingga dapat mengukur kemajuan dari proses pekerjaan. Tidak hanya itu, mencapai target dan tujuan yang sudah ditetapkan dapat memberikan rasa puas sehingga memotivasi kamu untuk bekerja lebih giat.

Pastikan untuk mengatur target dan tujuan yang tidak membebani dirimu juga, ya!

3. Mengatur Meja Kerja Senyaman Mungkin

Selanjutnya, kamu bisa mengatur meja kerja dengan senyaman mungkin. Saat bekerja, kamu akan bekerja di meja kerja selama berjam-jam. Tentunya apa yang ada di meja akan menciptakan suasana dan mood dalam bekerja.

Jika meja kerjamu berantakan, mood dalam bekerja juga dapat terganggu. Terlebih, kamu juga akan kesulitan mencari dokumen-dokumen penting jika meja kerjamu berantakan dan akan menghambat pekerjaanmu.

Sisihkan waktu sebentar untuk mengatur dan membersihkan area meja kerja. Kamu juga dapat menambahkan dekorasi dengan barang-barang yang akan meningkatkan mood dalam bekerja. Kamu bisa membawa foto, poster, atau barang-barang kesayangan di meja kerja. Jangan lupa juga untuk menempatkan organizer agar kamu dapat mencari apa yang kamu butuhkan dengan lebih mudah.

4. Mulai Kerja dengan Mendengarkan Musik

Beberapa orang dapat meningkatkan semangat kerjanya saat mendengarkan musik atau podcast saat bekerja. Hal ini karena dapat meningkatkan mood dan suasana hatinya.

Dilansir dari Indeed, ternyata, mendengarkan musik dapat mencegah rasa stres dan meningkatkan rasa bahagia. Seseorang yang mendengarkan musik juga dapat termotivasi apabila dia mendengarkannya saat bekerja. Tentunya musik-musik yang dapat meningkatkan semangat kerja adalah musik yang disukai atau yang tidak menyebabkan ngantuk.

Apabila kamu belum pernah mendengarkan musik saat bekerja, kamu perlu mencobanya sesekali. Coba untuk dengarkan lagu-lagu kesukaan atau musik dengan beat yang tinggi sebelum dan saat bekerja. Tentunya atur volume musik agar tetap ramah ditelinga, ya.

5. Beristirahat Ketika Merasa Jenuh

Beristirahat Ketika Merasa Jenuh

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan semangat kerja adalah dengan beristirahat ketika merasa jenuh. Biasanya setelah makan siang, pekerjaan terasa menjadi berat dan jenuh, bukan?

Jika sudah mulai terasa berat dan jenuh, coba beranjak dari meja kerjamu dan beristirahat, baik berjalan-jalan sebentar atau sekadar membuat makanan atau minuman di pantry.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencuci wajah di toilet untuk menyegarkan diri dan wajah. Hanya dengan beragam aktivitas kecil seperti itu, kamu dapat mengembalikan semangat karena kamu dapat mengalihkan perhatian dan rasa jenuh dari pekerjaan sejenak.

6. Kurangi Multitasking

Beberapa pekerjaan terkadang membutuhkan kita untuk melakukan multitasking. Meskipun begitu, usahakan untuk mengurangi multitasking agar dapat menghemat waktu kerja secara efektif.

Saat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam waktu bersamaan, bukan tidak mungkin pikiranmu akan teralihkan karena harus fokus kepada banyak hal sekaligus. Tentunya ini akan membuatmu menghabiskan waktu lebih lama dalam menyelesaikan beberapa tugas.

Sebaiknya, kerjakan satu pekerjaan terlebih dahulu hingga selesai sebelum beralih ke pekerjaan lainnya. Jika perlu, buat skala prioritas untuk masing-masing pekerjaan sehingga kamu mengetahui apa pekerjaan yang perlu kamu selesaikan terlebih dahulu.

7. Makan Makanan Secukupnya

Pernahkah kamu merasa lebih cepat lelah, letih, lesu, atau jenuh saat bekerja setelah jam makan siang? Tahukah kamu kenapa kamu merasa mudah lesu setelah jam makan siang?

Ternyata, itu ada hubungannya dengan apa yang kamu makan saat makan siang loh. Makan siang dengan jumlah porsi yang banyak dengan beragam lauk justru dapat membuat kamu semakin loyo dan mengantuk setelah makan siang.

Oleh karena itu, kami rekomendasikan untuk makan siang secukupnya dengan makanan yang kaya protein, serat, dan antioksidan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambah cemilan sehat yang dapat membuatmu tetap merasa kenyang tanpa bikin ngantuk, seperti buah-buahan.

Dengan makan makanan yang cukup yang sehat dan kaya serat, kamu dapat mengembalikan semangat kerja dan memiliki energi yang cukup untuk kembali bekerja hingga sore hari.

8. Rutin Minum Air Putih

Saat bekerja, kamu akan fokus selama berjam-jam sehingga kamu akan melewatkan beberapa hal, salah satunya seperti minum air putih secara rutin. Dengan kurang minum air putih, tubuhmu justru akan lebih mudah lelah dan lesu.

Untuk mengembalikan semangat, sebaiknya rutin minum air tiap satu jam sekali. Ini akan memberikan asupan hidrasi yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Dengan rutin minum air, kamu juga dapat membuat tubuhmu menjadi kembali segar dan mencegah rasa ngantuk.

Namun, jangan langsung menghabiskan air putih dalam jumlah sekaligus, lebih baik minum sedikit-sedikit asalkan rutin sehingga baik untuk tubuh.

9. Berikan Self Reward untuk Diri Sendiri

Salah satu cara untuk membangkitkan semangat kerja yang efektif adalah dengan memberikan self reward. Banyak yang sering mengabaikan cara ini padahal ini merupakan tips yang cukup ampuh.

Setelah bekerja dan mencapai apa yang menjadi targetmu, mungkin kamu akan merasa lelah dan lesu. Namun, itu semua dapat terobati apabila kamu memberi penghargaan kepada dirimu sendiri atas apa yang kamu capai.

Kamu bisa memanjakan atau menyenangkan diri sendiri dengan hadiah atau kegiatan positif yang dapat membangkitkan motivasi untuk melakukan rutinitas selanjutnya.

Self reward tidak perlu mahal, yang penting menyenangkan dan memang kamu sukai. Meluangkan waktu untuk liburan atau quality time bersama keluarga juga merupakan bentuk dari self reward.

10. Menggunakan Essential Oil untuk Mengembalikan Semangat Kerja

Menggunakan essential oil ternyata juga bisa menjadi salah satu tips yang ampuh untuk mengembalikan semangat kerja, loh. Aroma yang dimiliki oleh essential oil umumnya dapat mengembalikan dan meningkatkan semangat kerja dengan memperbaiki mood saat bekerja.

Ada beberapa rekomendasi essential oil dari Young Living yang bisa kamu gunakan. Pertama ada Tangerine Essential Oil Young Living. Essential oil ini memiliki aroma citrus yang segar dan alami sehingga bisa meningkatkan mood saat bekerja dan meningkatkan konsentrasi. Gunakan dengan diffuser atau oleskan di pelipis.

Selanjutnya ada Lemongrass Essential Oil dari Young Living yang ampuh menaikkan semangat saat bekerja. Aroma lemongrass yang clean cocok membantu kamu menjadi semakin rileks saat bekerja. Kamu bisa diffuse essential oil ini atau mencampurnya dengan air dalam spray bottle.

Itu tadi tips perjalanan untuk meningkatkan semangat dalam bekerja, selamat mencoba! Jangan lupa untuk menggunakan essential oil favorit kamu dari Young Living agar makin semangat yang bisa kamu dapatkan di Oils2Hope. Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan kebaikannya only for you. Untuk informasi produk diffuser dengan harga brand partner Young Living, klik pada tautan daftar brand partner di website Oils2Hope.

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down