Ditulis Oleh by Stephanie pada Oktober 26, 2023

Manfaat Young Living Oregano yang Dapat Menyegarkan Udara

Seluruh tulisan di blog O2Hloung merupakan interpretasi pribadi dan dari sumber-sumber yang kami sadur. Tulisan ini bukanlah saran kesehatan. Apabila anda memerlukan saran medis silahkan menghubungi tenaga ahli yang berlisensi.

Oregano adalah tumbuhan yang terkenal sebagai bumbu dapur di masakan Italia dan Mediterania. Namun, ternyata, essential oil oregano memiliki manfaat yang lebih luas daripada sekadar digunakan di dapur.

Key Takeaways

  • Oregano, atau yang dalam ilmiah disebut Origanum vulgare, adalah tanaman kecil dan lebat yang termasuk dalam keluarga mint.
  • Oregano essential oil bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh dari antioksidan bebas dengan kebaikannya yang menyegarkan udara sekitar.

Essential oil oregano memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yang membuatnya sangat menarik bagi banyak orang. Minyak ini dapat membantu meredakan berbagai masalah kesehatan. Mari kita telusuri bersama-sama manfaat dan cara penggunaan yang tepat dari Young Living Essential Oil Oregano dalam artikel ini.

Apa Itu Oregano Essential Oil?

young living oregano

Oregano, atau yang dalam ilmiah disebut Origanum vulgare, adalah tanaman kecil dan lebat yang termasuk dalam keluarga mint. Kamu pasti sering menjumpai bumbu ini di masakan Italia.

Namun, ada juga essential oil oregano yang dapat dihasilkan melalui beberapa metode, seperti penggunaan senyawa karbon dioksida atau alkohol.

Oregano mengandung berbagai senyawa, seperti fenol, terpen, dan terpenoid, yang memiliki sifat antioksidan yang kuat dan berperan dalam memberikan aroma khasnya:

  • Carvacrol: Ini adalah jenis fenol yang paling banyak terdapat dalam oregano dan telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri.
  • Thymol: Senyawa antijamur alami ini juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari racun.
  • Rosmarinic Acid: Senyawa antioksidan yang kuat ini membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh radikal bebas.

Semua senyawa ini berperan penting dalam manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari oregano.

Apa Saja Manfaat Oregano Essential Oil?

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari Young Living Oregano Essential Oil:

Membantu Melindungi Tubuh dari Antioksidan Bebas

young living oregano manfaat

Antioksidan adalah zat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang bisa disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas ini sebenarnya adalah hasil alami dari proses tubuh, tapi bisa menjadi penyebab penuaan dan munculnya beberapa penyakit serius seperti kanker dan masalah jantung. Selain itu, paparan lingkungan seperti asap rokok dan polusi udara juga bisa membuat tubuh kita menghasilkan radikal bebas.

Ada sebuah penelitian yang menggunakan alat kimia yang tua untuk membandingkan tingkat antioksidan dalam 39 jenis tanaman herbal yang sering digunakan, dan hasilnya menunjukkan bahwa oregano memiliki konsentrasi antioksidan tertinggi di antara semuanya.

Hal menariknya, kamu hanya perlu menggunakan sedikit essential oil oregano untuk mendapatkan manfaat antioksidan yang sama seperti yang kamu dapatkan dari oregano segar.

Membantu Melawan Bakteri

Karena kandungan carvacrol yang tinggi, essential oil oregano dapat membantu melawan beberapa jenis bakteri. Sebagai contoh, Staphylococcus adalah jenis bakteri yang seringkali menjadi penyebab infeksi stafilokokus. Beberapa jenis Staphylococcus ini ada secara alami di dalam tubuh kita, tetapi jika bakteri ini tumbuh terlalu cepat, maka dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa carvacrol efektif dalam mengatasi bakteri Staphylococcus aureus dan Staphylococcus epidermidis, yang merupakan dua penyebab umum dari infeksi stafilokokus. Salah satu cara untuk memanfaatkan efek antibakteri ini adalah dengan menggunakan essential oil oregano dengan, lalu mengoleskan pada tubuh.

Membantu Mengurangi Peradangan

Beberapa informasi mengindikasikan bahwa ekstrak oregano bisa membantu mengurangi peradangan. Senyawa bernama carvacrol tampaknya memiliki kemampuan anti-peradangan berdasarkan penelitian pada hewan dan studi di laboratorium.

Pada tahun 2017, sebuah penelitian mengumpulkan informasi dari berbagai penelitian tentang efek anti-peradangan carvacrol. Salah satu penelitian pada tikus menunjukkan bahwa senyawa ini dapat mencegah obesitas dengan mempengaruhi gen-gen yang terlibat dalam peradangan. Penelitian lainnya pada hewan juga menemukan bahwa senyawa ini dapat mengurangi pembengkakan.

Meskipun hasil-hasil ini menjanjikan, para peneliti tetap berpendapat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk menentukan dosis yang aman dan efektif.

Membantu Mengusir Serangga

Baik carvacrol maupun thymol dapat efektif sebagai penolak serangga. Pada tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa senyawa-senyawa ini dapat membuat beberapa jenis serangga dan nyamuk menjauh dari kulit. Penelitian ini melibatkan studi di tabung reaksi dan penelitian dengan partisipan manusia.

Penelitian lebih lanjut akan membantu memastikan manfaat potensial ini, tetapi menggosokkan essential oil oregano yang telah dicampur dengan air pada kulit bisa menjadi cara alami untuk membantu mengusir serangga.

Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa oregano bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi rasa nyeri. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa ekstrak oregano memiliki kemampuan untuk meredakan nyeri.

Namun, hasil ini tergantung pada jumlah ekstrak yang dikonsumsi oleh hewan semakin banyak ekstrak yang mereka konsumsi, semakin besar peredaan rasa nyeri yang mereka alami.

Penting untuk dicatat bahwa dalam penelitian ini, para peneliti menggunakan ekstrak oregano yang berbasis air, sehingga essential oil mungkin tidak akan memberikan hasil yang sama. Untuk memastikan dosis yang efektif pada manusia, diperlukan penelitian lebih lanjut.

Itu dia berbagai kebaikan dari essential oil oregano.

Kamu bisa temukan berbagai produk Young Living di Oils2Hope. Oils2Hope adalah Young Living Essential Oil Enthusiast & Lifestyle Educator. Oils2Hope menyediakan produk-produk Young Living, yang mengandung bahan alami dari ekstrak tumbuhan spesifik dan diproses secara optimal untuk memaksimalkan potensi dan manfaatnya. Silakan follow Instagram Oils2Hope dan temukan tips lain seputar minyak esensial.

Article written by Stephanie
Stephanie adalah penikmat kuliner sejati dan pencinta alam yang suka menjelajah. Lahir dan dibesarkan di Indonesia, ia mengembangkan rasa penasaran yang mendalam terhadap berbagai makanan dan budaya lokal. Dia selalu mencari petualangan kuliner baru, baik itu mencoba resep baru di dapur sendiri, atau menemukan rumah makan tersembunyi di tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya.

Related Posts

o2hlounge white logo
Disclaimer: Information on the website is for educational and information purposes only and is not to be used to diagnose, treat or prevent disease.
Copyright © 2020 - 2023. O2h Lounge.
chevron-down